PANTAI NGLAMBOR JOGJA

Pantai Nglambor, Eksotisnya Dua Karang Kura-Kura Raksasa

Diposting pada

Pantai Nglambor lokasinya terkesan tersembunyi, karena diapit dua pantai yang sama-sama berada satu garis dengan Pantai Parangtritis yakni pantai selatan,

Namun uniknya meski menghadap ke laut lepas, namun pantai ini lebih mirip danau karena ombaknya yang tidak besar bahkan cenderung tenang.

Bentuknya pun lebih mirip dengan laguna meski berukuran lebih besar, karena keberadaan dua pula karang yang berukuran cukup besar, bentuk kedua karang itu pun menyerupai dua ekor kura-kura raksasa yang seolah bertugas menjaga Pantai Nglambor dari hantaman ombak.

Oleh karenanya, pantai Nglambor terkesan eksotis, pasir pantainya yang putih bersih, pantainya yang tenang bak danau hingga biota bawah lautnya yang indah seolah saling melengkapi satu sama lainnya.

Asal Pantai Nglambor

Sampai saat ini tidak banyak memang wisatawan yang mengetahui keberadaan pantai ini, selain karena lokasinya yang susah dijangkau dan amat terpencil selain itu, fasilitas yang tersedia juga masih amat minim.

Uniknya terdapat pasangan kakek nenek yakni; Mbah Kartomo dan istrinya Mbah Tukiyem yang tinggal di pesisir pantai Nglambor.

Sudah sejak lama keduanya tinggal di tepian Pantai di kabupaten Gunung Kidul ini untuk menjaga kebun mereka dari serangan monyet ekor panjang.

Namun perlahan karena banyak yang melihat potensi keindahan panorama alam dan bawah lautnya yang indah, pengunjung mulai melirik tempat ini, terlebih dengan keberadaan dua pulau karang yang menyerupai dua ekor kura-kura raksasa.

Review Pantai Nglambor

Review Pantai Nglambor
Menikmati ombak yang tenang. Photo : adhiallawy

Agar lebih jelas mengenai obyek wisata di Gunung Kidul ini silahkan temukan beberapa hal menarik yang bisa Anda coba ketika berkunjung kesana.

Berombak Tenang

Jika banyak pantai di laut selatan berombak besar dan berbahaya untuk melakukan aktivitas berenang maupun mandi, tapi tidak dengan Pantai di Gunung Kidul satu ini.

Dimana pantai yang banyak untuk Snorkling ini memiliki ombaknya relatif kecil, bahkan nyaris tenang karena terhalang dua pulau karang yang ada dihadapan pantai.

Menikmati Sunset

Pantai yang indah di Jogja ini juga memiliki spot yang paling indah untuk menikmati sunset, karena sinar matahari tak menerpa langsung melainkan masuk dari sela-sela dua pulau karang sehingga semakin menambah keeksotisan tempat ini.

Maka tidak sedikit pengunjung yang melakukan kegiatan foto-foto untuk mengisi feed instagramnya atau untuk koleksi di galeri handphone.

Keindahan Biota Laut

Jika ingin menikmati keindahan biota laut Anda dapat menyewa alat snorkling dan berenang disekitar tepian pantai untuk melihat terumbu-terumbu karang berukuran besar hingga ikan-ikan hias yang berenang di antara terumbu karang.

Untuk harga snorkling Pantai Nglambor adalah Rp. 35 ribu hingga Rp. 50 ribu, Anda sudah dapat menikmati indahnya bawah laut dan mendapatkan foto dalam air.

Apakah Anda tertarik untuk mencobanya ?

Baca Juga : Wisata Gumuk Pasir Jogja

Foto Bawah Laut

Snorkling Pantai Nglambor
Foto Bawah Laut, Photo: michellenazz

Karena keindahan bawah lautnya pula, Pantai Nglambor kerap dijadikan spot swafoto bawah laut yang indah dengan latar terumbu karang yang masih alami serta keberadaan berbagai macam ikan laut hias yang terkesan jinak khususnya ketika diberi makanan seperti remahan roti.

Pulau Karang Kura-Kura

Keistimewaan lain yang tidak dimiliki pantai lain adalah keberadaan dua pulau karang besar berbentuk kura-kura raksasa yang oleh penduduk setempat, kedua pulau ini diberi nama Watu Kalong dan Watu Kuntul.

Keberadaan dua pulau karang besar ini efektif memecah gelombang ombak besar yang datang dari arah samudera Hindia sehingga membuat pengunjung yang berenang maupun snorkling di sekitar pantai tetap merasa aman tanpa harus khawatir tergulung ombak.

Pasir Putih

Pasir Pantai Nglambor terkenal dengan pasirnya yang putih berkilau khususnya ketika terpaan sinar matahari, maka pasir pantai Nglambor akan memberikan efek warna cerah yang membuat siapapun yang melihatnya terpesona.

Tak hanya itu saja, pasir Pantai Nglambor bisa juga digunakan untuk beragam aktivitas pantai seperti membuat taman pasir, berjemur hingga bermain voli pantai.

Mendaki Bukit

Dilokasi dekta pantai juga terdapat sebuah bukit dengan ketinggian yang tidak terlalu curam, biaasanya bukti ini dijadikan spot pendakian oleh pengunjung.

Dan ketika berada di puncak tebing pantai Jogja ini maka pemandangan disekitar pantai yang hijau bak permadani akan terhampar didepan mata Anda.

Ketika sore hari, siluet dua pulau karang besar dihadapan pantai akan semakin menambah suasana romantis di sekitar pantai yang eksotis.

Perayaan Tradisi Ngalangi

Karena keberadaan Pantai Nglambor yang relatif masih alami ini pula, warga setempat kerap menjadikan kawasan pantai ini sebagai tempat perayaan upacara Ngalangi. Ngalangi sendiri dalam bahasa Jawa berarti menghalangi dari kemungkinan terjadinya bencana.

Upacara berbentuk sedekah laut yang sudah berlangsung sejak era Kerajaan Mataram ini biasanya dilakukan setahun sekali dengan cara menangkap ikan di sekitar pantai yang hanya boleh dilakukan setahun sekali.

Alat yang digunakan untuk menangkap ikan pun masih berupa alat sederhana, yakni menggunakan jaring yang dibuat dari akar pohon wawar yang dipasang di tiang disekitar pantai untuk menangkap ikan yang terjebak ke tepian pantai.

Fasilitas Pantai Nglambor Jogja

Fasilitas yang ada di Pantai Nglambor masih relatif minim, selain ketersediaan toilet, pengelola pantai ini juga hanya menyiapkan lokasi parkir yang lumayan luas untuk pengunjung yang membawa kendaraan.

Jadi pastikan Anda sudah persiapkan jauh-jauh hari kebutuhan alat mandi dan perlengkapan lainnya.

Tiket Masuk Pantai Nglambor

Pengelola memberlakukan jam kunjungan mulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 sore setiap harinya. Pengelola memang membatasi waktu kunjungan mengingat obyek wisata ini masih sulit untuk diakses dan minim penerangan khususnya di malam hari.

Sedangkan tarif tiket masuk yang diberlakukan adalah sebesar Rp. 5 ribu perorang, tarif ini belum termasuk biaya parkir sebesar Rp. 5 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 10 ribu untuk kendaraan roda empat.

Alamat Pantai Nglambor

Alamat pantai ini berada sekitar 74 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, atau terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Untuk bisa mencapainya, pengunjung bisa melalui jalan poros Yogyakarta – Wonosari hingga menemui pertigaan jalan menuju Tepus.

Untuk menuju lokasi Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Jogja untuk memudahkan Anda menuju lokasi yang belum tersedia angkutan umum.

Beberapa referensi rental mobil yang bisa Anda hubungi adalah sebagai berikut:

Nah itu tadi informasi mengenai Pantai Nglambor yang bisa Anda masukan dalam daftar liburan bersama keluarga atau rombongan teman-teman kantor.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke pada teman Anda, dan jika membutuhkan informasi wisata lainnya silakan tinggalkan komentar.

Baca juga informasi wisata lainnya :

5/5 - (15 votes)