Mudik Gratis 2023

Daftar Mudik Gratis 2023 Lengkap, Baca Syaratnya Ini!

Diposting pada

Ayonaikbis.com Informasi daftar mudik gratis 2023 yang diselenggerakan Kemenhub, Jasa Raharja, Alfamart hingga Indomaret lengkap dengan syaratnya.

Hari Raya Idul Fitri menjadi salah satu hari besar yang dinantikan oleh banyak orang, khususnya umat Muslim di Indonesia.

Pasa masa ini, banyak orang berbondong-bondong pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama keluarga.

Dengan semaraknya musim liburan ini, menyebabkan terjadinya lonjakan arus mudik serta naiknya kebutuhan transportasi umum.

Oleh karena itu, banyak program dan promo mudik gratis yang diluncurkan oleh instansi dan perusahaan milik pemerintah hingga swasta.

Mudik Gratis 2023 Kemenhub

Kementrian Perhubungan (Kemenhub) kembali menghadirkan program mudik gratis untuk menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah.

Program bernama Motis / Motor Gratis ini dibuat sebagai upaya untuk menekan angka kecelakaan kendaraan ruda dua selama masa mudik lebaran dengan target lebih dari 40.000.

Pelaksanaan program dengan Kereta Api sebagai moda transportasinya ini berlangsung selama 20 hari yang dijadwalkan sebanyak dua kali, yakni saat arus mudik tanggal 11 – 20 April 2023 dan arus balik tanggal 5 April – 4 Mei 2023.

Adapun syarat dan ketentuan yang perlu Anda perhatikan dan persiapkan antara lain adalah sebagai berikut.

  • Sudah vaksin booster
  • Memiliki KTP, Kartu Keluarga (KK), dan SIM C
  • Kpasatias mesin motor maksimal 200 cc
  • Setelah pendaftaran online wajib verifikasi ke posko
  • Sepeda motor diserahkan H-1 sebelum tanggal keberangkatan sepeda motor
  • Tidak ada penitipan helm dan kaca spion
  • BBM wajib untuk dikosongkan pada saat penyerahan
  • Kode Booking Tiket diberikan pada saat penyerahan sepeda motor

Mudik Gratis Kemenhub 2023 Kapan Dibuka

Pendaftaran program ini bisa Anda lakukan mulai dari tanggal 1 Maret 2023 hingga 3 Mei 2023 di posko yang ditunjuk ataupun melalui laman https://mudikgratis.dephub.go.id/.

Baca Juga: Tiket Lebaran Sumber Alam

Mudik Gratis Alfamart 2023

Alfamart juga menjadi salah satu yang ikut memberikan penawaran mudik tanpa biaya untuk beberapa transportasi, seperti bus dan pesawat, dengan periode promo pada tanggal 12 Februari – 25 Maret 2023.

Kota yang menjadi tujuan tiket bus gratis ini meliputi Semarang, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, dan Surabaya. Sedangkan untuk tiket pesawat tujuannya ialah  Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Makassar, dan Medan.

Untuk bisa mendapatkan tiket transportasi gratis tersebut, terdapat beberapa persyaratan yang perlu Anda penuhi, yakni:

  • Program ini hanya berlaku untuk daerah Jabodetabek
  • Sudah menjadi bagian Alfamart dengan menunjukkan kartu member
  • Harus melakukan pembelian beberapa produk sponsor minimal 3 buah senilai Rp 100.000
  • Setiap pembelian akan mendapatkan satu star untuk penukaran tiket melalui aplikasi alfagift dengan ketentuan:
    • 3 Star akan memperoleh 1 tiket bus
    • 6 Star akan memperoleh 1 tiket pesawat
Baju Bismania
Temukan berbagai macam kaos bus, kemeja, jaket dan lainnya bertemakan bus Indonesia hanya di JF Autowear, untuk memaksimalkan penampilan lebih KEREN dari sebelumnya.

Mudik Gratis Indomaret 2023

Anda juga bisa pulang ke kampung halaman menggunakan program mudik gratis yang akan segera diluncurkan Indomaret. Lebih detailnya, simak terus update dari Ayo Naik Bis untuk mendapatkan informasi terbaru.

Mudik Gratis 2023 BUMN

Dapatkan tiket mudik gratis yang dapat membantu perjalanan Anda lebih nyaman dan aman serta menghemat biaya dengan mengikuti program yang diselenggarakan pihak BUMN.

Mudik Gratis 2023 Jasa Raharja

Jasa Raharja menawarkan Anda untuk mendapatkan tiket mudik gratis yang diselenggarakan oleh BUMN serta pemerintah.

Mudik Gratis BPJS 2023

Tiket perjalanan menggunakan angkutan bus, kereta api, ataupun pesawat bisa Anda peroleh tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeserpun dengan mengikuti progam yang dibuat oleh pemerintah Indonesia.

Bagi Anda yang tidak kebagian tiket mudik gratis, bisa melakukan pemesanan secara online di Ayo Naik Bis dengan klik gambar di bawah ini.

Itulah tadi daftar beberapa program mudik gratis tahun 2023 yang diluncurkan oleh berbagai pihak. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi info tambahan untuk Anda.

Jika memiliki pertanyaan, silahkan berkomentar dan jangan lupa share postingan ini kepada teman, kerabat ataupun melalui media sosial Anda.

Simak Info Menarik Lainnya:

Bergabunglah dibeberapa channel & Platform Diskusi Ayo Naik Bis Indonesia untuk mendapatkan informasi terbaru dan terlengkap.

5/5 - (31 votes)