Bus New Normal

Inovasi Bus Berstandar New Normal Saat Covid-19

Diposting pada

Healthcare Sunwin Bus – China

Sunwin Bus
Sunwin Bus

Healthcare adalah bus canggih yang dikembangkan Shanghai Sunwin Bus Corporation untuk mengurangi penyebaran virus Corona di angkutan umum saat New Normal.

Bus ini memiliki beberapa tekologi canggih antara lain, teknologi pengenalan wajah, pembacaan suhu, pencahayaan ultra violet (UV), dan sistem deteksi gas otomatis.

Pencegahan & kontrol dan penyaringan dengan sistem pengukuran suhu otomatis tanpa ada kontak.

Karena penumpang bus yang padat, pengukuran suhu dengan cara manual / cara tradisional terlalu memakan waktu, hal ini tentu tidak efisien untuk mengatasi arus penumpang saat jam-jam sibuk.

Bus ini mengadopsi desain inovatif dengan sistem pengukuran suhu otomatis menggunakan modul pencitraan termal inframerah.

Healthcare bus
Pendekteksi wajah dan suhu tubuh

Sistem ini yang mengintegrasikan teknologi pengenalan wajah, penginderaan fotolistrik, dan komunikasi nirkabel AI yang dipasang di samping mesin slot pintu masuk.

Sehingga saat penumpang hendak menempelkan kartu atau koin, maka sistem ini secara otomatis mengukur suhu dan mendeteksi apakah penumpang menggunakan masker atau tidak.

Dengan teknologi ini sistem dapat merekam suhu tubuh penumpang yang tidak normal dan melacaknya.

Selain itu teknologi ini juga menampilkan kondisi bus secara real time untuk menjaga penumpang lain di dalam bus sehat dan aman.

Healthcare juga dilengkapi dengan sistem desinfeksi ultraviolet di dalam bus, dengan jaringan katalis foto radiasi ultraviolet di saluran udara.

Dengan desinfektan ini maka 99% bakteri dan virus dapat terbunuh ketika terkena dosis ultraviolet kumulatif 20mJ. 

Sinar ultraviolet 253,7nm dapat secara efektif menghancurkan bahan genetik (DNA atau RNA) mikroorganisme sehingga virus Corona juga dapat mati seketika.

Keren juga ya bus ini ?

Kemudian beralih ke benua Amerika tepatnya di Brazil, salah satu perusahaan pembuat bus yang sudah cukup terkenal, Marcopolo juga menghadirkan inovasi bus New Normal.

""