Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, Satu-satunya yang Ada di Asia Tenggara

Diposting pada

Gumuk Pasir Parangkusumo adalah lautan pasir seluas 2 kilometer yang berada di sisi barat Pantai Parangkusumo dan menjadi satu-satunya yang ada di Asia Tenggara, nikmati beberapa hal yang asik di pantai indah ini.

Berbagai macam aktivitas bisa dilakukan di tempat wisata Bantul Jogja ini, bahkan wisatawan mancanegara mengagumi keberadaan gumuk pasir ini dan menjadikannya sebagai surga pasir untuk bermain sandboarding.

Selain itu, banyak juga aktivitas lain yang bisa dilakukan mulai dari spot foto eksotis hingga berkeliling menjelajah gumuk pasir dengan mobil jeep dan berikut ini beberapa hal menyenangkan yang bisa kamu lakukan.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Fenomena Gumuk Pasir

Gumuk pasir ini merupakan hasil erosi angin (eolian) yang masih terus berlangsung sampai saat ini, hal ini disebabkan karena beberapa faktor seperti pasokan material yang berasal dari pantai yang banyak.

Selain itu kontur pantai Parangkusumo yang landai menyebabkan pasir bergerak ketika terjadi arus angin yang sangat kuat dan menerbangkan butiran pasir ke lokasi gumuk pasir Parangkusumo.

Letusan Gunung Merapi

Selain itu ada juga penelitian yang menyebutkan ketika terjadi erupsi Gunung Merapi, yang memuntahkan material berupa debu, lahar dan pasir yang kemudian terbawa oleh aliran sungai Opak yang kemudian membawa material pasir sisa letusan Gunung Merapi ke daerah pesisir pantai.

Ketika material pasir tersebut tiba di pesisir pantai, material pasir itu terhalang oleh ombak pantai yang ketika sampai di muara pantai pasir berubah menjadi butiran yang lebih halus.

Pasir kemudian diterbangkan oleh angin laut selama periode waktu hingga ratusan tahun yang kemudian material pasir tersebut bermuara di gumuk pasir yang ada sampai saat ini.

Gumuk Pasir Biasa

Sebelum dikenal seperti saat ini, gumuk pasir Parangkusumo dianggap oleh warga sebagai gundukan pasir biasa yang belum dieksploitasi untuk aktivitas pariwisata.

Apa yang dimaksud dengan gumuk pasir ?

Kata Gumuk dalam penamaan Gumuk Pasir Parangkusumo yang dalam bahasa Jawa berarti gundukan yang menyerupai bukit.

Belakangan, ketika banyak wisatawan mancanegara yang tertarik dengan fenomena gumuk pasir dan keberadaannya mulai menghiasi laman-laman media sosial, maka tak ayal obyek wisata ini mulai diminati oleh pengunjung.

Baca Juga : Wisata Bukit Jangkang

Wisata Gumuk Pasir

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di lokasi pantai yang dipenuhi dengan pasir ini antara lain sebagai berikut:

Foto ala Padang Pasir dan Kaktus

Kaktus Gumuk Pasir
Berfoto di pohon kaktus, Photo: dwiariyani224

Keberadaan tanaman kaktus yang ada di gumuk pasir Bantul ini menjadi spot menarik untuk berswafoto layaknya sedang berada di kawasan padang pasir lengkap dengan tanaman kaktus yang ada di sekitarnya.

Berfoto di lokasi ini biasanya menjadi incaran bagi netizen yang ingin mencari lokasi spot instagramable dan menjadikan banyak karya yang begitu indah.

Bermain Ayunan

Bermain ayunan di padang pasir khususnya bersama teman atau pasangan akan menciptakan suasana yang romantis di antara hamparan pasir putih yang luas sungguh memberikan kesan yang amat mendalam.

Spot Kincir Angin

Terdapat spot khusus berupa kincir angin dari bambu yang dibuat berwarna warni di salah satu sisi gumuk pasir yang bisa menjadi latar swafoto keren dengan latar kincir angin dan hamparan pasir putih.

Foto Prewedding

Lokasi gumuk pasir Parangkusumo juga menjadi pilihan utama para fotografer untuk konsep foto prewedding yang keren dengan berbagai latar hamparan pasir yang indah di antara sunset yang menghasilkan gambar luar biasa.

Spot Pohon Kering Nan Eksotis

Terdapat sebuah batang pohon berukuran besar yang sudah kering yang tumbuh di tengah gumuk pasir Parangkusumo yang bisa dijadikan spot foto yang ikonik khususnya di hamparan pasir yang seperti permadani putih nan bersih.

Sanboarding

Aktivitas yang satu ini memang tengah viral dan digandrungi oleh wisatawan tak hanya mancanegara saja tapi juga wisatawan domestik yang menjadikan gumuk pasir Parangkusumo sebagai tempat untuk bermain sandboarding.

Sand boarding atau bermain papan seluncur di atas pasir memang memberikan kenikmatan tersendiri dan meskipun jatuh tidak akan merasakan sakit karena jatuh di hamparan pasir yang lembut dan bersih.

Bunga Cinta

Selain itu terdapat pula simbol cinta berbentuk hati berukuran raksasa yang dibuat dari jalinan bunga berwarna warni yang memunculkan efek romantis khususnya bagi pasangan yang berfoto di tengah lambang cinta tersebut.

Berkeliling dengan Jeep

Jeep Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo
Jeep Wisata, Photo: sony.tanaya

Berkeliling menjelajah berbagai sudut gumuk pasir Parangkusumo dengan jeep yang dimodifikasi khusus agar bisa melintas di jalur berpasir akan memberikan pengalaman tersendiri yang amat berkesan layaknya menjelajah gurun pasir.

Baca Juga : Wisata Bendungan Ancol

Fasilitas Gumuk Pasir Parangkusumo

Selain terdapat berbagai macam penyewaan papan seluncur, jeep yang siap membawa pengunjung berkeliling di gumuk pasir, terdapat juga fasilitas seperti toilet serta area parkir yang luas serta warung-warung makan dengan harga yang terjangkau.

Jam Kunjungan dan Tiket Masuk

Jika Anda ingin datang ke Gumuk Pasir Parangkusumo bisa mengunkunjungi mulai dari pukul 06.00 pagi hingga pukul 18.00 petang setiap harinya.

Sedangkan harga tiket masuk Gumuk Pasir Jogja adalah sebesar Rp. 10 ribu per orang dengan tarif parkir Rp. 2 ribu untuk sepeda motor dan Rp. 5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Cara Menuju Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk pasir ini terletak tepian jalan menuju pantai Parangkusumo, Grogol 10, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul. Cara menujunya pun memiliki satu jalur yang sama ke arah obyek wisata Pantai Parangtritis.

Kamu bisa datang langsung menggunakan kendaraan pribadi menuju objek wisata di daerah Bantul ini, namun apa bila kamu berasal dari luar kota Anda bisa bersama rombongan menggunakan bus pariwisata atau memilih jasa rental mobil.

Rental Kendaraan Bus atau Mobil

Selain menawarkan jasa pemesanan tiket bus Anda juga dapat menemukan informasi rental mobil di ayonaikbis.com, temukan berbagai macam mobil dengan fasilitas penyewaan yang beragam, pilihan unit mobil pun juga lengkap.

Dengan menggunakan kendaraan rental untuk berwisata ke Yogyakarta maka perjalanan Anda jadi lebih aman dan nyaman.

Berikut ini daftar rental di wilayah Yogyakarta yang bisa Anda hubungi:

Nah itu tadi informasi mengenai wisata Gumuk Pasir Parangkusumo yang bisa Anda masukan dalam daftar liburan bersama keluarga atau rombongan teman-teman kantor.

Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan kepada teman Anda, dan jika membutuhkan informasi wisata lainnya silahkan tinggalkan komentar.

Informasi Pariwisata di Indonesia lainnya:

5/5 - (11 votes)