candi merak

Candi Merak, Kisah Lain dari Legenda Roro Jonggrang

Diposting pada

Candi Merak – Keberadaan candi ini nyaris tenggelam di antara candi-candi besar lainnya di Kabupaten Klaten. Candi yang berdiri di atas perkampungan warga ini konon masih erat kaitannya dengan kisah legenda Roro Jonggrang, putri Prabu Boko yang hendak dipersunting oleh Pangeran Pengging, Bandung Bondowoso.

Kala itu, pasukan jin yang diperintahkan Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 candi atas permintaan Roro Jonggrang sebagai syarat untuk meminangnya. Namun upaya ini selalu tak berhasil saat membangun candi karena selalu digagalkan oleh para pembantu Roro Jonggrang.

Tiap kali pasukan jin mulai membangun candi, maka para emban Roro Jonggrang akan selalu menggagalkannya dengan berbagai cara, hingga pasukan jin kemudian berpindah lagi ke tempat lain untuk memulai pembangunan candi tapi kemudian digagalkan kembali hingga di lokasinya yang terakhir yang saat ini dikenal dengan Candi Prambanan.

Karena itulah di sekitar Desa Karangnongko, Kecamatan Karangnongko, Kabupaten Klaten menurut warga sekitar banyak ditemui ceceran batuan andesit dengan bentuk sempurna yang semula dijadikan bahan pembuat candi.

Fakta lain juga menunjukkan jika di sekitar candi terdapat juga Candi Karangnongko yang bercorak Hindu tak jauh dari lokasi candi.

Keberadaan Candi Karangnongko yang memiliki bentuk dan struktur yang sama dengan candi ini pulalah semakin menguatkan jika percandian ini dibangun pada abad yang sama di masa Wangsa Sanjaya.

Pasca peralihan pusat pemerintahan Kerajaan Mataram Kuno oleh Sri Raja Mpu Sindok, banyak bangunan candi milik Budha maupun Hindu yang terbengkalai. Konflik peperangan besar seperti Perang Jawa yang berlangsung lama semakin menambah tingkat kerusakan candi.

Nama Candi Merak

Tak ada bukti kuat berupa temuan seperti prasasti yang menjadi dasar pembangunan candi serta nama asli dari candi ini.

Sedangkan nama Merak yang diberikan untuk candi ini, lebih dikarenakan pada awal penemuan candi ini sekitar tahun 1925 pada masa pra pemugaran terdapat sebuah pohon Joho besar yang menjadi habitat dari burung Merak.

Kawanan burung merak itu tinggal dan bersarang di pohon Joho tersebut, sehingga untuk memudahkan proses identifikasi maka tim pra pemugaran memberi nama candi ini dengan nama Candi Merak.

Sementara itu, versi lain menyebut jika penamaan candi ini lebih mengarah ke bahasa Jawa dengan kata dasar merak ati atau menarik hati. Alasannya setelah proses pemugaran candi selesai, hasilnya dianggap oleh warga sekitar cukup menarik atau merak ati.

Sejarah Candi Merak

Saat masa pra pemugaran, di bagian dalam candi terdapat pahatan jika bangunan candi ini dibangun pada masa kerajaan Mataram Kuni di masa peralihan antara Wangsa Sanjaya yang menganut Hindu dan Wangsa Syailendra yang beragama Budha.

Corak yang terdapat di candi ini juga cenderung bernuansa Hindu termasuk relief-relief yang ada di tubuh candi juga semakin menguatkan jika candi ini dibangun di masa kerajaan Mataram Kuno pada abad sekitar 8 masehi.

Candi ini juga diperkirakan digunakan sebagai tempat persembahan bagi salah satu dewa yang dianut oleh masyarakat penganut Hindu yang dibuktikan dengan keberadaan lingga yoni pada bagian dalam candi.

Struktur Candi Merak

Candi berbentuk bujur sangkar ini, memiliki luas 8 x 8 meter dengan ketinggian sekitar 12 meter. Sedangkan penampil candinya memiliki ukuran 150 x 160 cm. Terdapat pula tangga-tangga menuju candi utama selebar hampir 2 meter.

Di bagian dalam candi utama terdapat bilik-bilik yang di dalam salah satu bilik terdapat lingga yoni salah satu simbol tempat pemujaan dalam agama Hindu dan arca Dewi Durga serta Dewa Ganesha yang berkepala gajah.

Terdapat pula arca Dewa Nandi dan beberapa dewa lain yang disembah oleh umat Hindu yang tersebar di candi-candi perwara lainnya.

Struktur bangunan candi terdiri dari candi utama yang menghadap ke timur dan tiga candi perwara lainnya menghadap ke barat atau ke candi utama\

Baca Juga : Candi Sewu

Pemugaran Candi Merak

Setelah ditemuka pada tahun 1925, proses pengumpulan material candi memang terus dilakukan hingga proses identifikasi dan pra pemugaran selesai, yang kemudian dilanjutkan dengan pemugaran pada tahun 2007 dan berakhir secara keseluruhan pada 2011.

Proses pemugaran bagian atap memakan waktu lebih lama karena harus memastikan corak bangunan candi hindu yang berbeda dengan corak candi budha yang berbentuk stupa-stupa kecil.

Fasilitas di Candi Merak

Karena terletak di perkampungan warga, pengunjung tak hanya disajikan dengan bangunan candi yang menawan tapi juga bisa berinteraksi langsung dan menikmati suasana desa yang masih terjaga dan alami.

Selain itu terdapat pula fasilitas seperti penginapan umum dan homestay yang dikelola langsung oleh warga bagi pengunjung yang ingin mengenal lebih jauh candi dan candi-candi lain yang ada di Desa Karangnongko.

Tiket Masuk ke Candi Merak

Tiap pengunjung yang hendak menikmati keindahan candi dikenakan tiket masuk Rp. 5 ribu perorang. Tarif ini berlaku untuk semua pengunjung termasuk wisatawan asal manca negara.

Baca juga : Candi Plaosan

Jam Operasional Candi Merak

Candi mulai melayani pengunjung dari pukul 06.00 – pukul 17.00 sore untuk menikmati keberadaan arca dan lingga yoni yang ada di candi.

Cara Ke Candi Merak

Karena terletak di perkampungan warga, maka tak ada transportasi umum yang mengantarkan pengunjung hingga ke lokasi candi. Tapi pengunjung bisa menggunakan jasa ojek untuk bisa sampai ke candi ini.

Untuk pengunjung yang berasal dari Surabaya bisa menumpang bus Sugeng Rahayu / Sumber Slamet (ATB) atau bisa juga menggunakan bus EKA / MIRA kemudian turun di Terminal Ir. Soekarno, Kabupaten Klaten.

Untuk informasi pemesanan tiket bus Sugeng Rahayu dan EKA dapat dilakukan di ayonaikbis.com secara online:

Pesan tiket bus & travel semakin mudah di ayonaikbis.com tanpa harus antre dan tidak perlu install aplikasi lagi. Temukan kemudahan melakukan perjalanan dengan pesan tiket di ayonaikbis.com sekarang.

Atau bisa juga menghubungi agen penjualan tiket bus EKA / Sugeng Rahayu:

Sewa Bus

Tak ingin repot dan ingin perjalanan lebih mudah dan nyaman bisa juga menggunakan jasa sewa bus pariwisata yang bisa dilakukan cukup dengan mengakses ayonaikbis.com yang menawarkan banyak pilihan bus yang disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Rental Kendaraan

Selain menawarkan jasa sewa bus Anda juga dapat menemukan informasi rental mobil di ayonaikbis.com, temukan berbagai macam mobil dengan fasilitas penyewaan yang beragam, pilihan unit mobil pun juga lengkap.

Dengan menggunakan jasa ayonaikbis.com maka perjalanan wisata anda akan lebih terjamin dengan pelayanan profesional serta harga yang ditawarkan pun relatif terjangkau.

Nah itu tadi informasi mengenai tempat wisata candi yang bisa Anda masukan dalam daftar liburan bersama keluarga atau rombongan teman-teman kantor.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke pada teman Anda, dan jika membutuhkan informasi wisata lainnya silakan tinggalkan komentar.

Dapatkan informasi terkini seputar wisata pilihan dari www.ayonaikbis.com :

    Vote post Ini Untuk Mendukung Kami !