Candi Gunung Sari

Candi Gunung Sari ✅ Salah Satu Percandian Tua di Pulau Jawa

Diposting pada

Candi Gunung Sari Magelang sebaiknya Anda kunjungi temukan tentang sejarah, fungsi serta letak menuju lokasi wisata, cek selengkapnya.

Hingga kini keberadaan Candi Gunungsari masih minim dari kunjungan wisatawan bahkan relatif sepi meski di hari-hari libur. Padahal, Candi Gunung Sari adalah salah satu dari komplek percandian tua di Pulau Jawa.

Berada di komplek percandian Gunung Sari ini juga bakal membuat siapapun betah, selain udaranya yang sejuk, candi ini juga berada di kawasan perkebunan yang suasananya masih sangat alami dan terletak sedikit di atas puncak bukit.

Pemandangan alam di sekitar lereng bukitnya juga menawarkan keindahan berupa hamparan sawah yang dibuat dengan sistem terasiring yang eksotis khususnya di pagi dan sore hari yang akan menghadirkan suasana yang lebih syahdu.

Candi Gunungsari merupakan candi yang digunakan sebagai tempat peribadatan agama Hindu. Hal ini dapat diketahui dari penemuan arca Mahakala dan beberapa relief yang ada di panel-panel batuan andesit yang digunakan sebagai dinding candi.

Dalam panteon Hindu, Mahakala dikenal sebagai aspek kroda dari Siwa. Berdasarkan gaya pengarcaan dan motif hias, Candi Gunung Sari dibangun sekitar abad ke 9 Masehi. Sedangkan aliran yang dianut cenderung mengarah ke penganut aliran Dewa Siwa

Sejarah Candi Gunungsari

Candi Gunungsari merupakan candi peninggalan pada abad ke-6 hingga ke-8, peninggalan zaman Hindu yang usianya jauh lebih tua daripada Candi Borobudur maupun Candi Prambanan. Candi ini diduga kuat sebagai situs candi tertua yang ada di tanah Jawa.

Meski demikian proses eskavasi dari Candi Gunung Sari ini memang tidak tuntas sehingga mengakibatkan banyak komponen candi ini yang tidak lengkap dan utuh.

Disisi lain, tidak ada literatur maupun prasasti khusus yang menjelaskan tentang keberadaan maupun proses pembangunan dari candi di Magelang ini.

Struktur Bangunan Candi Gunung Sari

Dari hasil penelitian yang telah dilakukakan, Candi Gunung Sari terdiri dari bangunan candi utama, bangunan candi perwara, bangunan berstruktur batu bata dan bangunan berstruktur batu putih.

Beberapa komponen bangunan yang diperkirakan merupakan bagian kaki candi memberikan gambaran bahwa kaki candi terdiri atas komponen pelipit dan sisi genta.

Sejumlah batu yang diperkirakan komponen tubuh candi memberikan bahwa tubuh candi memiliki satu penampil yang berfunsi sebagai pintu masuk candi.

Beberapa komponen bangunan yang berasal dari atap candi adalah antefik, landasan kemuncak berbentuk bunga padma dengan hiasan antefik.

Baca Juga : Wisata Candi Lumbung

Candi Perwara

Bangunan ini terletak di selatan sudut barat daya bangunan utama. Dimungkinkan bangunan ini adalag candi perwara.

Bangunan Berstruktur Batu

Struktur batu bata terletak diluar bangunan utama di sisi timur membujur utara-selatan dengan posisi tidak beraturan. Berdasarkan bentuk dan posisinya, kemungkinan besar struktur ini adalah pagar keliling.

Karena struktur batu inilah yang menjadikan ciri khas dari candi di Magelang ini yang mungkin Anda belum mengetahuinya.

Bangunan Berstruktur Batu Putih.

Struktur batu putih dikombinasikan dengan batu andesit serta menggunakan sistem pengerasan berupa limbah tatal batu.

Struktur ini ditemukan di luar bangunan utama tepatnya disebelah barat bangunan utama. Diduga struktur ini merupakan bagian dari jalan masuk ke candi yang masih tersisa.

Struktur Batuan Unik

Bebatuan candi yang terdapat di puncak merupakah hasil temuan dari berbagai lokasi, dan selain di puncak bukit, ada beberapa batuan candi yang seringkali ditemukan di jalan menuju puncak. Struktur yang diduga kuat sebagai gerbang utama dari candi ini diyakni masih terpendam di dalam tanah.

Beberapa batuan candi tampak sangat unik, ada yang berbentuk silinder dengan ujung yang setengah lingkaran dan di bagian dalamnya berongga serta memiliki lubang yang kabarnya merupakan tempat penyimpanan abu jenazah.

Ada juga satu yoni ukuran besar tanpa lingga yang berada di tengah candi di Magelang ini.

Foto Candi Gunung Sari, Foto : adibinabrar

Fasilitas Candi Gunung Sari

Fasilitas yang ada di candi Gunung Sari terbilang masih sangat minim, hanya ada areal parkir yang berada di lereng bukit yang menjadi lokasi objek wisata candi ini.

Selain itu jalan menuju candi juga masih berupa jalan tanah yang di musim penghujan akan sangat licin jadi pastikan Anda harus lebih berhati-hati.

Tiket Masuk dan Jam Kunjungan

Tidak ada tarif masuk khusus yang diberlakukan untuk pengunjung yang ingin menikmati keindahan Candi Gunung Sari Magelang ini.

Hanya saja, Anda cukup memberikan bantuan untuk perawatan dan kebersihan objek wisata candi ini, mengingat selama ini candi ini hanya dikelola oleh warga setempat.

Demikian halnya, jam kunjungannya pun tidak diatur secara khusus, pengunjung bebas kapan saja datang untuk menikmati keindahan wisata di Jawa Tengah ini.

Hanya saja karena lokasinya yang berada di kawasan perkebunan, lokasi ini tidak disarankan untuk dikunjungi di malam hari karena minim penerangan.

Cara Menuju ke Candi GunungSari

Candi Gunung Sari terletak di puncak sebuah bukit Desa Ngasem, Kelurahan Gulon, Kecamatan Salam, Kabupaten Magelang. Untuk bisa mengaksesnya memang lumayan sulit, mengingat daerah ini belum dilayani oleh transportasi umum.

Selain itu, keberadaan papan informasi yang bisa dijadikan penunjuk arah untuk wisatawan menuju ke Candi Gunungsari masih belum ada sama sekali.

Sehingga jika Anda tertarik berwisata ke Candi Gunungsari Magelang ini memang disarankan untuk mengandalkan fasilitas google maps dan menuju ke arah Desa Ngasem.

Namun jika Anda ragu, bisa menggunakan jasa rental mobil di Magelang yang siap untuk mengantarkan Anda menuju lokasi jika Anda belum paham jalanan di kawasan ini.

Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa tempat jasa transportasi di Jawa Tengah khususnya Magelang di website Ayo Naik Bis.

Berikut ini beberapa rekomendasi beberapa informasi tempat sewa mobil di Jawa Tengah.

Nah itu tadi informasi mengenai Candi Gunung Sari yang bisa Anda masukan dalam daftar liburan bersama keluarga atau rombongan teman-teman kantor.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke pada teman Anda, dan jika membutuhkan informasi wisata lainnya silakan tinggalkan komentar.

Temukan Wisata Lainnya:

5 / 5 ( 14 votes )