BUKIT JANGKANG JOGJA

Bukit Jangkang, Spot Menarik Menikmati Keindahan Waduk Sermo

Diposting pada

Bukit Jangkang atau Jangkang Hills menjadi lokasi paling keren di Yogyakarta sehingga tak salah jika banyak muda mudi yang menjadikan tempat ini sebagai pilihan untuk berlibur khususnya di akhir pekan.

Objek wisata di kabupaten Kulonprogo ini memang menjadi tempat paling ideal untuk mencari ketenangan yang sesungguhnya dari alam yang masih hijau dengan deretan pepohonan yang menghiasi kawasan bukit dengan lansekap waduk Sermo yang indah.

Berada di atas ketinggian Anda akan menikmati pemandangan sangat menawan dengan panorama khas kawasan perbukitan Menoreh dengan dilatari pemandangan Waduk Sermo yang airnya berwarna hijau sehingga semakin melengkapi keindahan bukit ini.

Sejarah Bukit Jangkang

Keberadaan obyek wisata ini ditemukan secara tak sengaja oleh warga sekitar yang kebetulan sedang berkebun di sekitar lokasi Bukit Jangkang.

Ketika itu, warga melihat potensi pemandangan di sekitar kawasan perbukitan ini yang indah dan tak dimiliki kawasan perbukitan lain di sekitarnya yakni latar perbukitan Menoreh dan lansekap waduk sermo yang menawan.

Perlahan karena kerap dijadikan sebagai tempat bersantai oleh warga, Jangkang Hiils mulai dikenal oleh wisatawan karena tempat ini menawarkan pemandangan eksotis waduk sermo yang tenang dan perbukitan Menoreh yang menjulang yang seolah memagari waduk sermo dari dunia luar.

Perlahan setelah kawasan ini diubah menjadi salah satu obyek wisata, bukit ini kemudian lebih dikenal dengan sebutan Bukit Jangkang.

Bacaa Juga : Bendungan Ancol

Latar Waduk Sermo yang Menawan

Dari atas bukit Anda bisa melihat langsung latar waduk Sermo yang luas dan berwarna hijau yang menghampar bak permadani dan menyajikan pemandangan yang luar biasa menawan bagi siapa pun yang melihatnya.

Dengan hadirnya latar yang menarik ini tentu menjadi nilai tersendiri jika mengunjungi lokasi ini.

Keindahan Lansekap Perbukitan

Di tepian tebingnya di arah utara terlihat deretan perbukitan Menoreh yang hijau dan menjulang tinggi dengan gagahnya menjadi batas pemandangan akhir dari Bukit Jangkang.

Selain menikmati pemandangan khas kawasan perbukitan layaknya kawasan Puncak Bogor, terdapat beberapa aktivitas lain yang tak kalah menyenangkan ketika berkunjung ke wisata Kulonprogo ini.

Gardu Pandang

Terdapat sebuah gardu pandang yang luas berbentuk lingkaran yang dijadikan spot paling favorit bagi wisatawan untuk menikmati keindahan waduk sermo sekaligus deretan perbukitan Menoreh yang menjulang megah.

Tentunya jika Anda ingin mencoba berfoto ditempat ini harus tetap menjaga keamanan dan gunakan sabuk pengaman ya.

Bersantai di Hammock

Sambil menikmati udara perbukitan yang sejuk, pengunjung bisa bersantai di hammock-hammock yang telah disediakan pengelola.

Menjelang sore biasanya ramai pengunjung yang bersantai di hammock sembari menunggu sunset menjelang sekaligus bersantai hingga menghabiskan waktu di obyek wisata yang masih alami dan jauh dari kebisingan ini.

Menikmati Sunset

Sunset Bukit Jangkang Kulonprogo
Sunset Bukit Jangkang Kulonprogo, photo: www.instagram.com/onyone96

Setiap pukul 04.00 sore, kawasan ini akan selalu ramai pengunjung yang mencari tempat yang pas untuk menikmati matahari terbenam di ufuk barat dengan pendaran cahaya jingga yang menghiasi langit di sekitar Bukit Jangkang yang mampu memberikan suasana syahdu sekaligus romantis bagi siapapun.

Selain itu, pendaran cahaya sinar matahari yang hangat juga membias di permukaan waduk Sermo yang luas sehingga memberikan pemandangan indah yang tak ada duanya..

Tidak heran jika banyak orang yang memang menunggu momen indah saat matahari terbenam dan mengambil foto.

Berburu Spot Foto

Foto Bukit Jangkang Kulonprogo
Foto di Bukit Jangkang, photo : www.instagram.com/cherry.digital

Banyak pula pengunjung yang menjadikan kawasan ini sebagai spot untuk berburu foto khususnya dari komunitas pecinta fotografi yang berlomba-lomba menghadirkan foto-foto keren berlatar Bukit Jangkang dan panorama yang menjadi ciri khasnya.

Beberapa pengunjung bahkan menjadikan Jangkang Hiils sebagai spot foto khusus untuk prawedding karena keindahan kawasan perbukitannya menjadi obyek wisata paling berbeda diantara perbukitan lainnya.

Jadi jika Anda berencana mencari spot untuk prewedding, mungkin bisa survey lokasinya terlebih dahulu dan jadikan momen indah Anda disini.

Camping

Banyak pengunjung yang menyebut jika lokasi camping di Bukit Jangkang ini adalah yang terindah dibanding obyek wisata lainnya, karena kawasan perbukitannya memiliki spot yang tepat untuk menikmati berbagai keindahan sambil bersantai.

Keindahan perbukitan itu semakin lengkap dengan lansekap Waduk Sermo yang menawan yang semakin membuat suasana di sekitar Bukit dikulanprogo terasa romantis khususnya di sore hari.

Banyak lahan datar di sekitar Bukit yang kerap dijadikan sebagai areal untuk pengunjung membangun tenda yang menghadap langsung ke arah waduk Sermo.

Outbound

Bagi yang berkunjung ke Bukit Jangkang bersama teman sekantor bisa juga menjajal sarana outbound yang terbilang lengkap di lokasi wisata Kulonprogo ini, berbagai wahana khusus penunjang aktivitas outbound pun tersedia disini.

Sehingga menjadikan tempat ini spot paling ideal untuk melakukan outbound karena lingkungannya yang masih alami dan sejuk.

Fasilitas Bukit Jangkang

Meski terletak di kawasan perbukitan namun, fasilitas yang tersedia di Bukit Jangkang sudah terbilang cukup lengkap.

Fasilitas yang disediakan seperti musala, air bersih, toilet, lahan parkir yang luas hingga gazebo-gazebo khusus untuk pengunjung juga disediakan di kawasan bukit ini.

Tarif Masuk dan Jam Kunjungan

Pengelola memberlakukan tarif masuk sebesar Rp. 5 ribu perorang. Tarif ini belum termasuk biaya parkir yakni Rp. 2 ribu untuk sepeda motor, Rp. 5 ribu untuk mobil.

Selain itu bagi pengunjung yang ingin menikmati fasilitas lain di Bukit Jangkang akan dikenakan biaya tambahan yang cukup terjangkau.

Jam kunjungan yang diterapkan oleh pengelola berlangsung selama 24 jam setiap harinya, karena umumnya banyak pengunjung yang berkemah di kawasan perbukitan ini.

Cara Menuju Bukit Jangkang

Bukit Jangkang yang terletak di Dusun Sermo Lor, Desa Hargowilis, Kecamatan Korkap, Kabupaten Kulonprogo atau berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta.

Karena obyek wisata ini berada di atas ketinggian sehingga tak banyak angkutan yang melayani hingga sampai di obyek wisata ini, namun pengunjung bisa berhenti di kawasan permukiman warga yang ada di Desa Hargowilis untuk kemudian berjalan kaki menuju lokasi bukit.

Rental Kendaraan

Selain menawarkan jasa pemesanan tiket bus Anda juga dapat menemukan informasi rental mobil Jogja di ayonaikbis.com, temukan berbagai macam mobil dengan fasilitas penyewaan yang beragam, pilihan unit mobil pun juga lengkap.

Dengan menggunakan kendaraan rental untuk berwisata ke Yogyakarta maka perjalanan jadi lebih aman dan nyaman dengan menggunakan armada kendaraan rental yang fasilitasnya lengkap

Nah itu tadi informasi mengenai Bukit Jangkang yang bisa Anda masukan dalam daftar liburan bersama keluarga atau rombongan teman-teman kantor.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke pada teman Anda, dan jika membutuhkan informasi wisata lainnya silakan tinggalkan komentar.

Temukan informasi wisata menarik lainnya :

5/5 - (30 votes)