Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Bagaimana jika Volvo Vs Mercedes Benz kita komparasikan, mengingat bermacam-macam bus terbaru bermunculan di Indonesia dengan trend bus berlantai tinggi High Deck, Super High Deck bahkan trend bus Double Decker.

Perkembangan bus di Indonesia memberikan warna yang berbeda dalam dunia transportasi di Indonesia, hal ini tentunya ditunjang dengan hadirnya chassis bus yang semakin canggih dan bertenaga besar.

Setelah banyak bus Super High Deck dengan chassis three axle Mercedes Benz OH 2542 atau Scania 410 IB menambah perkembangan bus di Indonesia seakan-akan menjadi trend baru dan menjadi sebuah kebanggaan dimana banyak Perusahaan Otobus berlomba-lomba untuk menghadirkan bus menggunakan chassis kelas premium.

Nah kedepan akan menjadi berita panas dengan hadirnya bus – bus  four axle dan kali ini ayonaikbis.com mencoba untuk menandingkan Volvo B430R 8×2 Vs Mercedes Benz  O500 RSDD 2741 8×2, yang keduanya merupakan chassis bus kelas premium yang belum ada di Indonesia. Dari beberapa spesifikasi chassis 8×2 dari Volvo atau Mercedes Benz memiliki beberapa keunggulan dan kelebihan masing-masing.

BACA JUGA :  Cara Kerja Dan Komponen Bluetec

Volvo B430R 8×2 memiliki daya lebih besar yaitu 430 Hp sedangkan Mercedes Benz hanya 410 Hp tetapi dari teknologi emisi gas buang Volvo hanya memiliki standar EURO III dan Mercedes Benz sudah memiliki teknologi EURO V karena sudah di dukung dengan bluetech 5 yang sebenarnya penambahan katalis pada saluran gas buang yang biasa di sebut Adblue sehingga emisi gas buang lebih ramah lingkungan.

Engine Volvo menggunakan seri Volvo D11A, mesin diesel, bahan bakar disuntikkan melalui unit injeksi independen, 6-silinder, 4 katup per silinder, overhead camshaft kepala silinder, turbocharged, Intercooler, perlindungan diri terhadap overheating dan tekanan minyak rendah. Emisi menurut EURO III. dilengkapi juga dengan sensor api.

Sedangkan Mercedes Benz O500 RSDD 2741 8×2 dibekali mesin elektronik OM 457 LA (Proconve P-7)  6 silinder turbocooler, dilengkapi juga dengan engine brake tambahan yaitu top brake  + ABS dengan teknologi bluetec 5.

BACA JUGA :  Harga Bus Jetliner High Decker

Mengenai suspensi keduanya sudah di lengkapi dengan air suspension yang di kontrol secara elektronik serta beberapa standart keselamatan yang disematkan kedua chassis ini hampir sama yaitu ABS (Antilock Braking System) dan juga EBS (Electronic Braking System) yang merupakan pengontrolan sistem pengeraman.

Dimana Volvo menawarkan teknologi EBS 5 dimana sistem ini merupakan kombinasi dari pengereman antara ABS, EBS, retarder dan sensor pengecekan keausan rem dan bantuan pengereman ketikan keadaan darurat.

Begitu pula dengan Mercedes Benz yang sudah terkenal dengan sistem keselamatan pada bus-bus mereka yaitu ABS, EBS serta adanya Top Brake yang memberikan tambahan pengereman sebesar 30% pada sistem kupu-kupu (butterfly) serta beberapa fitur keselamatan yang lainnya.

Berikut ini adalah spesifikasi singkat kedua chassis 4 axle 8×2 :

Perbandingan Dimensi Volvo Vs Mercedes Benz 
 Volvo  Mercedes Benz
Overhang Depan
2400 mm
2100 mm
Wheelbase
2600 mm
3000 mm
Overhang Belakang
2670 mm
2755 mm
Total Panjang Chassis
10470 mm 10775 mm
Lebar
 2476 mm  2458 mm
Engine
Volvo D11A Eletronik OM 457 LA
430Hp, 6 Silinder 410Hp, 6 Silinder
turbocharger, Intercooler turbocooler
EURO III EURO V (Bluetec 5)
Braking
ABS, EBS ABS, EBS
Smart Braking (retarder + VEB) Top Brake
 Sensor Keausan rem

Nah itu tadi sekilas data mengenai Volvo Vs Mercedes Benz Silahkan beri masukan Anda mengenai kedua perusahaan produsen dari benua Eropa ini.

Sebaiknya Anda membaca tentang Ayo Naik Bis dan mungkin Anda juga ingin mengetahui bus terbaru Infinity dan Evolander.

Nah itu tadi spesifikasi singkat mengenai kedua chassis Volco Vs Mercedes Benz yang kita tandingkan, bagaimana menurut pendapat Anda Volvo B430R 8×2 Vs Mercedes Benz  O500 RSDD 2741 8×2, silahkan tentukan pilihan Anda dan apa alasannya?

Comments

comments