Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Ini dia Jetbus SDD SCANIA K310 UB dari karoseri Adi Putro Malang, yang dipamerkan di acara GIIAS (Gaikindo Indonesia International Autoshow). Berikut ini sekilas review dan beberapa foto yang kami dapatkan setelah mengunjungi unit bus tingkat tersebut.

Bus yang menjadi pembicaraan penggemar bus di Indonesia dikarenakan model Jetbus SDD (Super Double Decker) ini berbeda dari model Jetbus SDD biasanya, hal ini dilihat dari model atapnya yang terbuka bagian depan. Jadi jika dilihat dari modelnya memang bus ini di peruntukan sebagai City Tour bukan sebagai bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) karena dari model lantai bus ini berjenis bus lantai rendah atau low floor yang pasti dari segi kestabilan lebih unggul jika di bandingkan kompetitor nya Mercedes Benz OH 2542 yang memiliki model lantai tinggi. 

BACA JUGA :  Gebrakan Isuzu LT134 Pesaing HINO RK8

Tourist bus ini memang hanya diperuntukan didalam kota saja dengan total panjang 13500 mm atau 13,5 Meter dengan lebar 2500mm atau 2,5 meter dan total tinggi 4130 mm.  Bus ini memiliki dua lantai atas dan bawah bus tingkat Jetbus SDD ini memiliki kapasitas tempat duduk total 68 seats dengan pembagian 58 seats dilantai atas dan sisanya 10 seats di lantai bawah serta 2 bangku crew.

Dilengkapi AC Denso G 17 – DD serta memiliki 2 buah pintu dengan model SAS (Single Door) untuk pintu depan dan SAS (Double Door) untuk pintu belakang. Dan berikut ini beberapa spesifikasi Tourist Bus Jetbus SDD Scania K310 UB ini yang memang seri UB diperuntukan sebagai bus Urban seperti yang pernah kami bahas mengenai Seri K bus SCANIA.

Karena peruntukan sebagai City Tour atau bus wisata dalam kota jadi spesifikasi interior memang tidak terlalu mewah, hal ini dilihat dari model tempat duduknya yang standart city tour. Untuk lebih detailnya berikut ini foto-foto yang kami dapatkan di acara GIIAS 2017.

Dari eksterior bus tingkat Jetbus SDD (Super Double Decker) Scania K310 UB ini secara umum masih sama dengan model standart Adi Putro, dilengkapi running text dibagian depan antara kaca depan atas dan bawah.

Dengan balutan cat warna merah kombinasi putih dan silver sangat mantap dengan tema hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke – 72, dan pastinya bus ini terlihat lebih elegan dengan menggunakan wheeldop stainless steel.

Scania K310 UB

Eksterior Scania K310 UB

Untuk bagian eksterior bagian belakang masih sama tidak banyak perubahan, hanya saja kaca belakang dibuat lebih minimalis tanpa banyak lekukan atau variasi yang menghiasi. Kap mesin yang diberi kisi-kisi udara sebagai ventilasi udara dari dalam ruang mesian dan masih ditambahkan juga tiga lubang dibagian atasnya.

Scania K310 UB

Rear Scania K310 UB

Nah untuk bagian interior mulai dari dashboard yang diberi nuansa warna coklat muda dan coklat tua sehingga bus ini terlihat lebih soft dibagian dalam, dan disisi panel-panel juga ditempatkan LCD kecil deket dengan tombol-tombo untuk membuka pintu yang diletakan di sebelah kiri dari pengemudi.

BACA JUGA :  Wow Harapan Jaya Double Decker

Jika kita perhatikan dari panel speedometer tertulis “Limited Speed 60 Km/h” jadi bus ini sudah di seting hanya mampu melaju dengan kecepatan maksimal 60 km/jam demi alasan keselamatan karena memang bus tingkat lebih tidat stabil dibandingkan dengan bus single deck. Selain itu tombol-tombol navigasi lainnya seperti pengatur AC, Lampu, Audio dll juga disematkan pada dashboard yang simple ini.

 

Scania K310 UB

Dashboard Scania K310 UB

Untuk interior lantai bawah hanya tersedia 10 kursi saja dengan kombinasi warna merah dan abu-abu dan untuk model tempat duduk juga standart seperti city tour yang hanya etrdiri dari bahan plastik dengan tambahan busa karena memang penumpang tidak akan melakukan perjalanan yang lama.

BACA JUGA :  Minibus Terbaru Jetbus Jumbo Adi Putro

Selain itu dilengkapi juga pintu darurat sebagai salah satu aturan wajib dan juga terdapat box panel dengan logo Adi Putro, hampir setiap sisi bus ini terdapat tiang pegangan tangan yang di beri cat warna kuning.

Scania K310 UB

Interior Lantai Bawah

Yang menjadi heboh dari penggemar bus Indonesia adalah pada sisi bagian atas yang setengahnya terbuka atau tanpa atap, jadi nanti penumpang akan dapat menikmati pemandangan secara terbuka saat keliling kota untuk berwisata.

Antara ruang depan yang terbuka tanpa atap dengan ruang belakang pada lantai atas terdapat sekat pintu. Dan pada bagian depan dekat dengan kaca depan dilengkapi dengan running text dan juga plat bordes, selain itu sekeliling ruang atas diberi kaca setinggi pundak orang dewasa lalu bagian atas terbuka.

BACA JUGA :  Bus Terbaru Agung Mulia Kalimantan

Scania K310 UB

Lantai Atas Atap Terbuka

Scania K310 UB

Lantai Atas

Nah itu tadi sekilas mengenai bus terbaru Jetbus SDD (Super Double Decker) open top yang mungkin nanti bisa menjadi trend bus wisata dalam kota di Indonesia. Nah jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan atau tinggalkan komentar jika ada pertanyaan. Ayo terus dukung gerakan Ayo Naik Bis.

Comments

comments