Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Tips membedakan Jetbus SHD dan Jetbus HDD kali ini kami tulis karena banyaknya request dari pembaca setia website Ayonaikbis.com, semoga dengan artikel singkat ini penggemar bus dapat dengan mudah mengetahui perbedaan Jetbus SHD dan Jetbus HDD. Kami akan menunjukan bagian-bagian fisik yang dapat di lihat dengan sangat mudah sehingga tidak ada kebingungan.

Intro

Jetbus merupakan produk karoseri Malang, Adi Putro yang saat ini memang sedang naik daun dan bahkan produk-produk karoseri Adi Putro sudah terkenal dengan kualitasnya, sebelumnya produk-produk karoseri Adi Putro lebih dikenal dengan nama Royal Coach biasanya emblem di tempel dilambung kanan dan kiri bus.

Berjalannya waktu produk karoseri Adi Putro saat ini lebih booming dengan sebutan Jetbus, kata Jetbus sendiri awalnya dimulai oleh satu satu PO di pulau jawa yang memberi sebutan bus nya dengan nama Jetbus. Tapi kemudian kata Jetbus ini mulai populer di dunia perbusan di Indonesia bahkan hingga karoseri Adi Putro sendiri menyebut produk mereka dengan Jetbus (emblem Jetbus dilambung bus).

Nah kami tidak akan menjelaskan mengenai sejarah Jetbus lebih jauh tapi kami akan membahas bagaimana membedakan produk Jetbus SHD (Super High Deck) Vs Jetbus HDD (High Deck Double Glass), check this out.

BACA JUGA :  Harga Tiket Agung Mulia Palangkaraya - Sampit - Pangkalan Bun

Jetbus SHD (Super High Deck)

Jetbus SHD dan Jetbus HDD

Jetbus SHD (Super High Deck)

Jetbus SHD merupakan produk terbaru yang saat ini paling diminati banyak perusahaan bus, kelebihannya adalah memiliki ruangan bagasi yang lebih luas bahkan sepeda motor pun dapat masuk kedalam bus tersebut*. Dengan ruang bagasi yang luas sehingga dapat membawa barang bawaan lebih banyak, di tambah lagi jika bus tersebut menggunakan chassis dengan model space frame seperti Mercedes Benz OH 1626, MB OH 1830, MB 1836 dan MB OC 500 RF OH 2542 dan juga Scania K 360 IB / Scania K 410IB.

Jetbus SHD (Super High Deck) memiliki tinggi sekitar 3,9m jadi lebih tinggi 20 cm dari versi Jetbus HD (High Deck), nah dari gambar Jetbus SHD Agung Mulia ini dapat kita lihat beberapa yang menjadi perhatian kita yang nanti akan kami jelaskan selanjutnya di banding kan Jetbus HDD (High Deck Double Glass).

Hal lain yang menjadi petimbangan dari model Jetbus SHD selain bagasi adalah bentuk dari kaca depan yang menggunakan kaca ganda dan memiliki sekat pembatas atau bar kaca depan yang menjadi ciri khas dari trend bus double glass saat ini di Indonesia.

BACA JUGA :  Gila Foto Bus Sulawesi Bikin Viral

Jetbus HDD (High Deck Double Glass)

Jetbus SHD dan Jetbus HDD

Nah selanjutnya adalah Jetbus HDD (High Deck Double Glass) yang menjadi pembanding dari Jetbus SHD, secara bentuk model Jetbus HDD hampir sama / mirip dengan Jetbus SHD karena memang bentuknya diduplikat dari model tersebut. Tapi secara dimensi ketinggian Jetbus HDD hanya 3,7 m atau setara dengan model Jetbus HD sebelum ada trend double glass.

Dan berikut ini foto Jetbus HDD (High Deck Double Glass) milik PO Haryanto dapat di cermati secara general tidak ada perbedaan tetapi mari kita perhatikan lebih detail lagi.

Kami akan menunjukan beberapa perbedaan antara Jetbus SHD dan Jetbus HDD yang nampak dari bentuk fisiknya sebagai berikut :

  • WIPER

Perhatikan kedua model Jetbus tersebut pada bagian wiper kaca depan bagian atas, untuk jetbus SHD akan memiliki 2 wiper yang posisi peletakan wiper motornya berada disekat / bar kaca bagian depan. Jadi posisi berada dibawah kaca bagian atas dan jumlahnya ada dua buah wiper. Berbeda dengan Jetbus HDD posisi peletakan wiper dibagia atas atau di roof dan jumlah wiper hanya satu buat.

BACA JUGA :  Spesifikasi dan Harga Bus Laksana Discovery

  • BAR KACA / TOPI /BANDO

Kedua model Jetbus ini menggunakan sekat pembatas antara kaca depan yang biasa di sebut “Topi” atau “Bando” perbedaanya pada ketebalannnya, untuk Jetbus SHD ukurannya lebih tebal jika di bandingkan dengan model sekat kaca Jetbus HDD yang lebih tipis. Nah dengan melihat sekat pemisah kacanya kita dapat dengan mudah membedakan bus tersebut apakah Jetbus SHD atau Jetbus HDD.

  • FENDER WHEEL

Hal lain yang menjadi perbedaan Jetbus SHD dengan Jetbus HDD adalah pafa bagian fender wheel atau penutup roda yang biasanya terbuat dari bahan fiber glass, nah untuk box potongan di atas fender wheel ini Jetbus SHD lebih tebal dibandingkan dengan Jetbus HDD karena memang untuk kedua model ini terdapat perbedaan tinggi lantai.

  • COWL BELAKANG

Selanjutnya pada bagian belakang bus dapat kita perhatikan pada bentuk cowl belakang, space atau jarak antara kaca belakang dengan lubang untuk sirkulasi udara dari ruang mesin sangat berbeda. Untuk Jetbus SHD jarak kaca belakang dengan lubang sirkulasi cukup lebar jika di bandingkan dengan model Jetbus HDD yang lebih tipis.

Nah dari beberapa hal di atas tadi kita dapat dengan mudah membedakan mana Jetbus SHD dan Jetbus HDD, selain dari hal dia atas masih ada beberapa perbedaan lainnya yang lebih detail. Tapi kami hanya memberikan beberapa saja yang sudah cukup membantu menjawab dari beberapa pertanyaan pembaca website Ayonaikbis.com.

BACA JUGA :  Jasa Desain Livery Bus Dan Minibus

Nah itu tadi sekilas informasi tentang perbedaan Jetbus SHD dan Jetbus HDD semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu berbagi informasi ini ke media sosial facebook atau twitter. Silahkan tinggalkan komentar jika Ada tambahan atau pertanyaan.

Menurut Anda lebih bagus Jetbus SHD atau Jetbus HDD ? 🙂

Comments

comments