Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.comHarga bus pariwisata di Indonesia bermacam-macam ada yang menawarkan harga bus pariwisata murah ada juga yang menawarkan harga bus pariwisata lebih mahal, hal ini di pengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah seberapa popular PO (Perusahaan Otobus) tersebut, bus yang digunakan keluaran terbaru atau lama, chassis bus yang digunakan oleh bus pariwisata tersebut dan  pengaruh lainnya adalah model karoseri apa yang di gunakan oleh bus pariwisata tersebut. Secara umum kebanyakan bus pariwisata yang digunakan adalah model Jetbus karoseri Adi Putro, tetapi sebenarnya ada beberapa model karoseri bus yang layak untuk dijadikan pilihan sebagai bus pariwisata dan kali ini Ayonaikbis.com mendapat kesempatan untuk mereview secara mendetail model Evolander dari karoseri New Armada.

Evolander New Armada

Evolander New Armada

Apa saja yang ditawarkan dalam bus terbaru Evolander ?

Evolander memiliki desain yang unik atau kata lain bukan hanya sekedar copy dari produk bus yang sudah ada di luar negeri yang artinya desain bus memang dibuat dari ide desainer karoseri New Armada meskipun untuk beberapa titik masih terdapat sentuhan khas bus-bus eropa yang di peruntukan untuk bus pariwisata atau bus-bus antar kota.

Sebelum penjelasan lebih lanjut mengenai Evolander karoseri New Armada berikut ini adalah spesifikasi singkat Evolander.

EXTERIOR :

  • Wide view
  • Advanced Panorama Front Glass Design
  • Top Roof Air Damper
  • 3D Side Garnish with LED
  • Dynamic Style Fender Design
  • Integrated Cover Muffler Design
  • Running Day Light (RDL) LED System.

INTERIOR :

  • All New Integrated Dashboard more ergonomic
  • Vision for driver
  • All New Side Interior Liner (Alumunium + Integral Skin) Alumunium Cover Liner with LED
  • Driver Partition All New

CHASSIS :

HINO R260, HINO RN 285, Mercedes Benz OH 2542, Mercedes Benz OH 1836, Mercedes Benz OH 1626, Mercedes Benz OH 1526, dan lain-lain

Kita mulai dari fitur baru yang disematkan oleh karoseri New Armada yaitu tampilan baru pada headlamp dengan model yang sedang treanding yaitu eagle eyes lamp dengan paduan foglamp model boomerang. Karena sebelumnya Evonext menggunakan model lampu yang seperti

BACA JUGA :  Bus Indonesia Terbaik 2017

Kemudian perbedaan lain dari Evolander dari versi Evonext GT lainnya adalah pada sisi grill yang dibuat tanpa ada cat abu-abu yang sebelumnya merupakan ciri khas Evonext saat ini hanya dibuat polos dengan lekukan yang tidak terhubung dengan ujung yang meruncing.

Sisi mencolok lainnya ada pada bagian roof bagian depan, Evolander menyematkan kaca yang jika dilihat dari luar tidak nampak seperti kaca, berbeda dengan model jetbus SHD buatan karoseri Adi Putro yang memang mengekspose modelnya dengan membuat kaca menjadi dua bagian. Tidak lupa juga ciri chas New Armada Evolander adalah tambahan air dumper dengan sirip-sirip.

Bus terbaru Evolander front and rear view

Evolander front and rear view

Pada sisi samping bus terbaru Evolander juga terdapat banyak perbedaan dari seri Evonext GT, hal paling mencolok adalah pada sisi pilar selendang yang dibuat timbul karena sebelumnya pada versi Evonext dan Evonext GT hanya semacam garis lengkung flat saja . Selain itu pilar selendang juga di lengkapi dengan lampu LED pada ujung atas dan pada lekukan sisi bawah selendang.  Pada sisi side roof juga menempel LED diujung depan yang memberikan kesan mewah dengan banyaknya sentuhan lampu LED yang karoseri New Armada tampilkan.

Pembaharuan lainnya adalah pada sisi fender wheel yang menjadi ciri khas karoser New Armada dari versi-versi sebelumnya desainer New Armada selalu memoles bentuk fender wheel agar terlihat tidak monoton, pada versi Evonext fender wheel berbentuk blade atau pisau dan kini fender wheel mendapat sedikit lengkungan sehingga tidak nampak meruncing seperti versi sebelumnya.

Pada kisi-kisi engine samping masih terlihat sedikit perubahan hanya sedikit lengkungan yang sebelumnya dalam frame berbentuk kotak. Berbeda pada bagian kisi-kisi bagian belakang nampak perbedaan dimana kisi-kisi dibagi menjadi dua bagian yang mungkin terinspirasi dari Daimler Setra dan untuk rearlamp pada Evolander mendapat perubahan yang sebelumnya menggunakan lampu model Scania Touring kini terlihat lebih besar dan dipadukan dengan double mufler dengan satu set cover sehingga terlihat lebih rapi.

BACA JUGA :  Iveco Magelys Dinobatkan Sebagai Coach Of The Year 2016

Kaca bagian belakang terlihat lebih tegas dipadukan dengan emblem bertuliskan Evolander di atas metal stailess steel yang menjadi pembeda dari model karoseri lain yang biasanya terbuat dari fiber sehingga emblem terlihat timbul.

Dan pada sisi cowl belakang Evolander nampak gap pemanis garis desain vertikal dari kap mesin belakang naik bertemu di kaca belakang dan juga menyatu dengan rearlamp dan terdapat lubang sebagai sirkulasi udara dari engine.

Setelah bagian eksterior mari menuju bagian Interior dari evolander yang super lux dan nyaman, berikut penjelasannya.

Kita mulai dari  dashboard yang ditawarkan Evolander super mewah dengan balutan motif kayu warna hitam. terdapat handrail dari mulai pintu depan agar penumpang memiliki pegangan tangan saat menaiki tangga. Pada dasboard seperti biasa terdapat panel dan tombol-tombol kelengkapan bus seperti monitor untuk kamera belakang, tombol lampu-lampu, audio video, dan kelengkapan kemudi lainnya. Serta beberapa panel untuk memonitor fitur keselamatan yang ada dalam bus.

Pada bagian langit-langit masih dengan model plafond dengan motif gelombang yang terbuat dari bahan ABS dengan pencahayaan LED warna putih.

Interior bus terbaru Evolander

Interior Evolander

Dan yang baru dari Evolander adalah partisi penumpang atau penyekat antara penumpang paling depan sebelumnya model partisi penumpang Evonext terbuat dari pipa roll dibalut bahan kulit sintetis dengan cover ABS dan kini model partisi penumpang lebih simple yang terbuat dari bahan yang empuk seperti karet sebagai bahan pelapisnya dengan tulisan New Armada pada sisi atasnya.

Kemudian pada seat yang disematkan pada evolander masih sama menggunakan evoseat yang diproduksi oleh karoseri New Armada sendiri dengan bahan berkualitas dan lengkap dengan pegangan tanga dibagian belakang dan keranjang model jaring-jaring dan armrest dengan motif kayu warna coklat tua.

BACA JUGA :  Foto Maxibus Karoseri Laksana

Pada sisi panel AC terlihat perubahan dimana model baru panel AC di percantik dengan LED berwarna biru dan seperti pada umumnya panel AC dilengkapi dengan lampu baca dan pengatur semburan angin AC.

Yang menjadi istimewa dari evolander adalah terdapat strip LED pada deck samping yang membentang dari depan hingga kebelakangan. Ini menjadikan evolander berbeda dari model bus buatan karoseri lain. Dan evolander ini sangat cocok untuk bus pariwisata dan AKAP terutama untuk bus dengan rute perjalanan jauh.

Setiap bus buatan karoseri New Armada dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda misalkan, PO menginginkan spesial model pada seat atau tambahan fitur lainnya juga bisa di sesuaikan. Untuk saat ini dimensi evolander masih masuk dalam kategori High Deck dengan dimensi lantai 3750 mm dan ground clearence 350mm yang pastinya untuk kestabilan lebih terjaga jika dibandingkan bus berlantai tinggi  SHD (super high deck) atau bis tingkat (doubel decker).

Untuk sementara ini harga karoseri bus evolander sekitar 400jtan belum termasuk seat, AC dan chassis, akan tetapi harga bus evolander ini  tidak mengikat karena spek tergantung dari permintaan pelanggan. Jika Anda ingin menambah armada baru untuk bus pariwisata kami sarankan untuk memilih evolander karena pastinya model desain berbeda bukan hasil copy dari model luar negeri.

Untuk pemesanan dan spesifikasi lengkap mengenai evolander bisa hubungi kami. Atau jika Anda ingin menambah armada bus terbaru dengan model lainnya bisa juga untuk memiliki New Aristo atau medium bus new magneto vision.

Silahkan simak bus Evolander dengan berbagi livery Perusahaan Otobus dan jika informasi ini bermanfaat silahkan bagikan dan jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar.

Comments

comments