Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Perusahaan Otobus (PO) Santoso telah melalui sejarah panjang di bisnis layanan transportasi darat. Menurut busnesia.com, sejarah PO Santoso ini berawal dari pasangan suami-istri dr. Anwar Sani yang berprofesikan sebagai dokter. Namun dr. Anwar Sani banting setir ke bisnis layanan transportasi.

Seperti dipostingan sebelumnya, PO Santoso ini masih kerabat dari PO Sumber Alam. Dimana keduanya merupakan keluarga dari pemilik dan pendiri PO Tresna yang akhirnya menjadi PO Hidup Baru. Namun bedanya, dr. Anwar Sani memilih untuk memulai bisnis transportasi di Magelang.

Di awal pendiriannya, PO asal Magelang ini memulai dengan trayek bumel Jogja-Magelang-Semarang PP dan Gombong-Purworejo-Magelang-Semarang PP. Berbekal Mitsubishi Fuso T653 dan Mercedes Benz LP 911, PO Santoso percaya diri melayani penumpang di awal tahun 70-an.

BACA JUGA :  Spesifikasi dan Harga SCANIA K410IB

Dan pada awal tahun 80-an, PO satu ini mulai berkembang dan memperbanyak armada bus miliknya. Dimana PO Santoso mulai menfokuskan diri pada chassis Mercedes Benz OF 1113 sebagai andalan mereka. Dengan bekal tersebut, mulailah dibuka jalur Wonosari-Klaten-Jogja-Jakarta-Merak PP.

Di awal 90-an, PO ini pun mulai mengembangkan garasi dikantor pusatnya yang berada di Jl. Sukarno-Hatta, Magelang. Selain itu, PO Santoso juga mulai melebarkan bisnisnya selain Bus Malam AKAP dan AKDP. Dimana mulai merambah layanan bus pariwisata dan ekspedisi jasa pengiriman barang.

Bus PO Santoso

foto: laksamanabus.blogspot.com

Tidak berhenti disitu, PO berbasis di Magelang ini juga mengembangkan jurusannya ke beberapa kota lain seperti Bogor, Bandung, Tangerang, Bekasi dan Surabaya. Bahkan PO Santoso pun mampu merambah hingga beberapa kota di Pulau Sumatera.

BACA JUGA :  PO Sugeng Rahayu

Untuk jurusan dari Sumatera dan Jakarta ini tidak hanya diminati oleh masyarakat di Magelang saja. Namun juga diminati oleh para imigran dan transmigran dari wilayah sekitar Gunungkidul dan Klaten. Sehingga tidak heran bus Santoso yang berangkat dari Wonosari dan Klaten selalu penuh penumpang.

Sejarah PO Santoso ini tidak berhenti disini, PO ini masih terus ingin bertahan. Bahkan ingin terus mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi dalam melayani para penumpangnya. Beberapa waktu lalu terlihat PO Santoso memperbaharui armada bus pariwisata yang digunakannya. Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Bus Magelang ini.

BACA JUGA :  Sejarah PO Sumber Alam, Berbekal Pengalaman Dan Usaha Keras

Alamat Kantor Pusat PO Santoso

Jln. Soekarno – Hatta No.22 Telp.(0293) 363715 Magelang

Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan dan jangan lupa ikut serta dalam gerakan Ayo Naik Bis.