Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Perusahaan Otobus (PO) Safari Dharma Raya telah mengalami sejarah panjang dalam memberikan layanan transportasi darat. Dimana sejarah PO Safari Dharma Raya ini dimulai sejak tahun 1960 di kota Temanggung, Jawa Tengah.

Diawal berdirinya, PO ini dikenal dengan nama PO OBL yang merupakan singkatan nama pendirinya (Oei Bie Lay). Bapak Oei Bie Lay atau Darmoyuwono inilah pendiri dari PO yang dijuluki Si Gajah dari Temanggung ini. Pemberian julukan ini tidak lepas dari gambar gajah di lambung bus yang menjadikan ciri khasnya.

PO asal Temanggung ini berbentuk perusahaan berbadan hukum PT dengan nama PT. Safari Dharma Sakti. Dalam melakukan operasionalnya memakai nama PO Safari Dharma Raya. Namun masyarakat Temanggung dan sekitarnya lebih banyak mengenalnya dengan nama Bus OBL.

Di awal pendiriannya, PO ini melayani trayek jarak pendek seperti Magelang-Ngadirejo PP. Dalam perkembangannya, PO ini mulai membuka layanan bus malam dengan jurusan Temanggung-Surabaya-Malang PP. Layanan bis malam ini dibagi menjadi dua, ada yang lewat Yogyakarta ada pula yang lewat Semarang.

BACA JUGA :  Profile PO Bimo Transport, Jagoan Pariwisata Dari Jogja

Barulah pada tahun 1974, dibuka jurusan Yogyakarta-Jakarta PP. Dan diikuti dengan dibukamya dua jurusan sekaligus, yaitu Jakarta-Denpasar PP dan Temanggung-Yogyakarta-Denpasar PP. PO ini juga memilih untuk fokus pada bus malam dengan kelas eksekutif, sehingga trayek bus siang mulai ditiadakan mulai tahun 1984.

Sepeninggal Bapak Darmoyuwono pada tahun 1989, perusahaan ini diteruskan oleh kedua putra beliau. Dimana Bapak Hendro Darmoyuwono menjalankan perusahaan dengan berkantor di Jakarta dan Bapak Santoso Dharmoyuwono berkantor di Temanggung. Jalannya perusahaan dibawah pengawasan lbu Soetari Darmoyuwono.

Perjalanan sejarah PO Safari Dharma Raya terlihat mulai menanjak pada tahun 1997, dengan dibukanya jurusan Jakarta-Mataram PP dan Temanggung-Yogyakarta-Mataram PP. Dan pada 2001 mulai dibuka jurusan Solo-Semarang-Jakarta PP. Menyusul ditahun yang sama dibuka jurusan Jakarta-Bima PP dan Temanggung-Yogyakarta-Bima PP.

Tidak hanya melebarkan jaungkauan jurusan bus mereka, PO ini juga merambah layanan lain. Dimana pada tahun 1999, PT. Safari Dharma Sakti ini menjadi salah satu operatur bus Bandara Juanda, Surabaya. Kemudian pada tahun 2002 mendapatkan kepercayaan dari PT Gapura Angkasa sebagai operator bus di Bandara Ngurah Rai Denpasar.

BACA JUGA :  Sejarah PO Sumber Alam, Berbekal Pengalaman Dan Usaha Keras

Bus asal Temanggung ini juga ikut masuk ke bisnis layanan bus pariwisata atas banyak permintaan dari para pelanggan dan biro perjalanan. PO Safari Dharma Raya pun menyiapkan armada bus eksekutif dan super eksekutif khusus untuk pariwisata.

Pengalaman berpuluh-puluh tahun PO ini membuat namanya jadi salah satu PO ternama dikalangan masyarakat. Sejarah PO Safari Dharma Raya ini bakal terus berlanjut, kita tunggu saja berita terbaru Si Gajah dari Temanggung ini. Bus baru apalagi yang bakal digunanakan PO Safari Dharma Raya ini?

Alamat dan Kontak

Jakarta: Jl. Kebayoran Lama No.40-Jaksel (021) 5485644 (021) 5306723

Temanggung:  Jl. Diponegoro No. 25 (0293) 491195 (0293) 492929