Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Bermacam cara dilakukan oleh Perusahaan Otobus (PO) untuk mendapatkan penumpang. Ada yang menurunkan harga, namun tetap banyak PO yang mengutamakan kenyamanan. Salah satunya adalah PO Raya yang dikenal akan kenyamanan armadanya. Yuk kali ini kita bahas profile dan sejarah PO Raya.

Menurut rayafanscommunity.com, Bisnis transportasi angkutan umum PO Raya ini didirikan oleh Bapak Witikno dan dibantu Bapak Ranu Wijaya. Namun di awal-awal, ternyata dimulai dari bisnis truk pada tahun 1959. Dikala itu bisnis truk ini menggunakan nama Radar.

Kemudian pada tahun 1962 dibelilah dua buah truk dengan diberi nama Raya, berdasarkan tempat pembeliaanya di Jalan Raya Barat Bandung. Barulah pada tahun 1967, dijualah truk tersebut untuk dibelikan 1 unit bus bermerk Dodge dari PO Suka Mulya. Dan dimulailah penpindahan dari bisnis truk ke layanan angkutan umum.

Kemudian pada tahun 1968 PO Suka Mulya ini berganti nama menjadi PO Raya. Namun barulah pada tahun 1982 PO Raya memulai layanan bus malam dengan jurusan Solo-Jakarta PP. Perkembangan PO Raya ini mulai cukup pesat, apalagi pada tahun 1988 dibelilah PO Sedya Mulya.

BACA JUGA :  Profile PO Handoyo, Raja Jalanan Dari Lembah Tidar

Di awal pembukaan layanan bus malam, PO Raya ini mengandalkan empat unit bus menggunakan mercedes benz OF 1113. Keempat unit bus ini terdiri dari 2 unit non-AC dan 2 uni AC berkelas VIP dengan 28 seat. Hingga sekarang settingan bus VIP dengan 28 seat masih tetap dipertahankan untuk bus-bus barunya.

Setelah sepeninggal Bapak Witikno pada tahun 2000, perusahaan dipegang oleh Bapak Ranu Wijaya bersama Bapak Nata Laksana (Putra Almarhum Bapak Witikno). Namun sejarah PO Raya ini teruslah berlanjut sepeninggal pendirinya ini. Dan barulah pada tahun 2004, Bapak Ranu Wijaya mengundurkan diri dan menyerahkan perusahaan sepenuhnya kepada Bapak Nata Laksana.

Dibawah kepemimpinan Bapak Nata Laksana ini, PO Raya mulai membuka layanan pariwisata pada tahun 2006. Kemudian pada tahun 2012, layanan PO Raya Indah untuk jurusan Solo-Semarang PP diambil alih oleh PO Raya sepenuhnya. Selain itu pada 2010 dipindahkannya garasi PO Raya dari jl. Brigjend Sudiarto (Gading Kidul No.45) Solo ke Jl. Raya Bulakrejo no.4 Sukoharjo.

Bus PO Raya

Bus PO Raya

Alamat dan Kontak PO Raya

KANTOR PUSAT
Jl Raya Bulakrejo No 4 Sukoharjo Telp (0271) 6595731

Comments

comments