Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Dari segitu banyaknya Perusahaan Otobus (PO), hanya segelintir saja yang menjadi trendsetter. Salah satunya adalah PO asal Kudus ini, yang dikenal paling menarik perhatian ketika dijalan dan akhirnya diikuti oleh PO lainnya. Kali ini kita bahas Sejarah PO Nusantara, trendsetter dari Kudus.

Sejarah PO Nusantara ini dimulai dengan didirikannya perusahaan oleh Bapak Bapak Yonatan Budianto di Kudus pada tahun 1968. Ternyata di awal pendiriannya, PO ini hanya mengandalkan dua unit bus merk GAZ buatan Uni Soviet tahun 1965. Kedua bus yang dioerasikan ini merupakan bus bekas dari TNI-AL.

Dan pada tahun 1969, ditampahkan lima unit bus bermerk ZIEL buatan tahun 1962. Kelima bus ini merupakan bus bekas dari TNI-AU. Dan barulah pada tahun 1970, mulailah dirakit bus dengan bodi dari kayu yang menggunakan chassis bermerk THAMES dari Inggris.

Pada tahun 1975, mulailah diperkenalkan bus dengan body berbahan besi baja di Indonesia. Akhirnya didatangkanlah bus bermerk Ford dari Amerika Serikat yang menggunakan body dari bahan besi baja. Dimasa inilah perkembangan otomotif di Indonesia mulai mananjak, sejalan juga dengan perkembangan PO Nusantara.

BACA JUGA :  Jasa Desain Livery Bus Dan Minibus

Pada tahun 1977, akhirnya PO asal Kudus ini mulai menggunakan bus Mercedes-Benz seri OF yang menggunakan mesin depan. Bus seri OF ini digunakan PO Nusantara hingga tahun 1984, yang akhirnya digantikan dengan bus seri OH yang menggunakan mesin belakang.

Di tahun-tahun tersebut, PO Nusantara ini masih menfokuskan diri untuk melayani trayek pendek Jawa Tengah (Semarang-Kudus-Lasem). Sekitar tahun 90-an, PO ini mulai melebarkan jangkauannya ke kota-kota lain di Pulau Jawa. Diantaranya Semarang, Jogjakarta, Purwokerto, Tegal, Cirebon, Bandung, Jakarta, Bogor, Surabaya, Malang dan beberapa kota lainnya.

Perkembangan Sejarah PO Nusantara ini pun terus berlanjut hingga kini dikenal sebagai bus kelas premium. Dimana PO ini dikenal dengan kualitas layanan dan kenyamanan armada miliknya. Hal ini ditunjang dengan pemilihan bus-bus kelas premium terbaru dari karoseri pilihannya.

BACA JUGA :  Sejarah PO Harapan Jaya, Si Kuda Oranye Kebanggaan Tulungagung

Selain itu juga digunakan chassis dan mesik kualitas prima untuk menunjang kenyamanan penumpang. Tidak hanya menggunakan chassis dari Mercedes-Benz saja, PO Nusantara juga menggunakan chassis dari Volvo dan Scania yang didatangkan langsung dari eropa.

Selain dari pada itu PO Nusantara saat ini telah melebarkan sayapnya ke usaha karoseri, dimana saat ini mereka memiliki perusahaan karoseri Nusantara Gemilang yang merupakan kerja sama dengan pihak Malaysia.

Alamat Kantor Pusat PO Nusantara

Jalan Getas Pejaten Nomor 4 Kudus – Jawa Tengah.
Telepon: 0291-438635 Fax 433133

Nah itu tadi sekilas mengenai Sejarah Singkat PO Nusantara, jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan atau tinggalkan komentar jika ada pertanyaan. Terima Kasih.

Comments

comments