Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Sebagian besar Perusahaan Otobus (PO) diawali dengan perusahan perseorang atau perusahaan keluarga. Banyak diantaranya yang telah tumbang maupun diakuisisi oleh perusahaan lain. Dan sekarang kita bahas Sejarah PO Mayasari Bakti, salah satu PO legendaris yang masih bertahan hingga kini.

PO Mayasari Bakti ini telah mengukir sejarah panjang dalam dunia transportasi darat di Indonesia. PO ini didirikan oleh almarhum H. Engkud Mahpud pada tahun 1964. Di awal pendiriannya, PO ini melayani trayek dengan tujuan Cililitan – Tanjung Priok.

Dan pada tahun 1970, PO Mayasari Bakti ini mengalami perkembangan pesat dengan pengadaan armada baru. Hal ini terlaksana atas bantuan kredit pengadaan bus kota oleh Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin. Saat itu pemerintah daerah Provinsi DKI Jakarta tengah giatnya mengembangkan sarana transportasi umum.

Dan pada tahun 1982 beberapa operator bus kota terpaksa dilebur menjadi satu di Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD). Dan salah satu yang berhasil bertahan sebagai operator swasta adalah PO Mayasari Bakti, yang bahkan tetap berkembang menjadi sebuah grup perusahaan besar.

BACA JUGA :  Profile PO GeGe Transport, Si Hitam Dari Jogja

Bus PO Mayasari Bakti 2013

Bus PO Mayasari Bakti 2013

Perkembangan PO Mayasari Bakti kini

Kini perusahaan utama dari usaha yang dirintis H. Engkud Mahpud ini bernama PT Mayasari Bhakti Utama. Dan beberapa perusahaan yang tergabung didalamnya antara lain: PT Mayasari Bhakti (bus kota), PT Primajasa Perdanarayautama (bus luar kota, taksi, pariwisata, angkutan karyawan), PT Mayasari Utama (karoseri), PT Maya Perdana Abadi (vulkanisir ban), dan PT Maya Perkasa Abadi (ekspedisi).

BACA JUGA :  Perjalanan Bus Dewi Sri dan Dinasti Politik

Kemudian PT Maya Graha Indah (dealer), PT Mayaraya Transportama (bus luar kota), PT Maya Graha Perdana Jaya (kontraktor), PT Putra Cakra Parahiyangan (dealer), PT Karunia Bhakti (bus luar kota), PT Doa Ibu (bis luar kota), PT Himpurna (bis kota), PT Dehatex (tekstil), PT Hudaya Maju Mandiri (dealer), serta PT Trans Batavia (Transjakarta).

Sejarah PO Mayasari Bakti ini masih terus berlanjut walaupun telah ditinggal berpulang sang pendirinya pada tahun 2010 yang lalu. Dimana PO ini terus mengembangkan layanannya dan ikutan berpartisipasi sebagai operator bus Transjakarta. Kita harapkan PO ini tetaplah terus bertahan, bahkan terus berkembang pesat.

Bus-bus gandeng milik PT Mayasari Bakti yang siap dioperasikan untuk Transjakarta

Bus-bus gandeng milik PT Mayasari Bakti yang siap dioperasikan untuk Transjakarta

Comments

comments