Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Dari sekian banyak Perusahaan Otobus (PO) legendaris yang pernah merajai jalanan, salah satunya adalah PO Hiba Utama. Ternyata sejarah PO Hiba Utama ini telah dimulai dari tahun 40-an. Bukan hanya bertahan, namun PO satu ini mampu terus berkembang di tengah kerasnya persaingan.

Menurut hibautama.com, sejarah PO Hiba Utama ini dimulai dari pendiriannya pada tahun 1949. PO ini berada di jajaran PO legendaris yang berhasil bertahan, karena kebanyakan telah menutup garasinya. Tidak hanya sekedar bertahan PO Hiba Utama ini malah berkembang menjadi sebuah grup perusahaan.

Sejak awal pendiriannya, Hiba Utama ini berkomitmen memberikan layanan terbaiknya kepada penumpang. Dengan mengutaman kepuasan pelanggan, manajemen Hiba Utama ini pun terus memperbaiki diri dan tetap tanggap pada perkembangan jaman.

Layanan dari Hiba Utama ini mengutamakan dalam pariwisata dan antar jemput karyawan. Di luar itu, dikembangkan pula beberapa unit usaha untuk melebarkan perusahaan. Salah satunya dengan didirikannya PO Laju Prima pada akhir 90-an. PO Laju Prima ini memberikan layanan Antar Kota Antar Propinsi (AKAP).

BACA JUGA :  Sejarah PO Raya, Perjalanan Panjang Si Putih Merah

Di awal pendiriannya PO Laju Prima ini melayani trayek Merak-Bandung PP dan Merak-Kampung rambutan PP. Dan ketika itu Hiba Utama banyak menerjukan armada busnya dan personil berpengalaman guna membantu PO Laju Prima, sehingga tidak heran langsung mendapat respon positif dari masyarakat.

Luxury Bus (Caravan) PO Hiba Utama

Luxury Bus (Caravan) PO Hiba Utama

Sedangkan di dalam PO Hiba Utama sendiri juga terus mengembangkan diri. Dimana pada tahun 1998 hingga 2003, PO ini bergabung dalam Proyek Udara Bersih Swiss Foundation for Technical Cooperation (Swiss Contact). Sebuah proyek peduli lingkungan, dalam teknik pengurangan emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar.

Dalam proyek ini, Hiba Utama sebagai pilot project yang mampu meredam emisi bahan bakar sampai dengan 70%. Dan tidak berhenti disitu, proyek ini terus dilanjutkan dengan target mengurangi emisi bahan bakar hingga lebih dari 95%.

Dari segi armada yang dinakannya pun, PO Hiba Utama ini selalu memilih bus premium dengan chassis terbaik. Selain menggunakan body bus buatan karoseri dalam negeri, PO ini juga tidak segan untuk mengimport bus build up dari luar negeri seperti Golden Dragon.

BACA JUGA :  PO EKA MIRA

Namun kini PO Hiba Utama ini lebih banyak terlihat menggunakan bus-bus dari Karoseri dalam negeri. Seperti bebera seri bus menggunakan body Legacy Sky SR-1 dari Karoseri Laksana. Baru-baru ini juga terlihat menggunakan body Jetbus SHD 2 dari Karoseri Adiputro.

Prestasi PO Hiba Utama

Selama empat kali berturut-turut Hiba Utama mendapatkan penghargaan Adi Karya Wisata. Penghargaan ini diraih pada tahun 1993, 1994, 1995 dan 1996. Tidak hanya itu, Hiba Utama ini juga mendapatkan perngargaan Adikaryottama Wisata pada tahun 1996 dan 2001.

Comments

comments