Kaos JamNas Bismania

Ayonaikbis.com – Kembali kita bahasa Perusahaan Otobus (PO) yang mengkhususkan diri untuk layanan pariwisata sata. Seperti diketahui, beberapa PO tidak melayani angkutan penumpang antar kota. Kini kita bahas sejarah PO Blue Star, yang merupakan anak perusahaan dari PT. Safari.

Sebelum memulai membahas sejarah PO Blue Star ini, akan lebih jelas kita bahas dahulu induk perusahaannya. Menurut yang dirilis aguswilopo.blogspot.co.id, bisnis ini oleh Koh Wiik dan Kon Shin pada erah 70-an dengan berjualan sembako. Kemudian pada era 80-an mulai didirikan PO Safari Eka Kapti.

Tahun 1986 merupakan tonggak utama bisnis PO Safari Eka Kapti dengan pembelian beberapa PO kompetitornya. Yaitu dengan pembelian PO Raya Indah jurusan Wonogiri – Solo – Semarang. Kemudian pada tahun 1987 dibelilah PO Giri Indah Wonogiri jurusan Wonogiri – Solo – Semarang.

BACA JUGA :  Mantap Dua Bus Terbaru Putera Mulya Jetbus SDD

Tidak berhenti disini, pada tahun 1988 dibelilah PO Langsung Jaya Karanganyar jurusan Tawangangu – Solo – Semarang. Lalu pada tahun 1989 dibelilah  PO Mutiara (dulu bernama PO.Teratai Indah),trayek Semarang – Solo. Di tahun yang sama juga dibeli PO Joko Kendil. Kemudian tahun 1991 dibelilah semua armada dan trayek PO.Rajawali Solo, termasuk trayek PO.Potro Jaya (milik PO.Rajawali).

Pada era tahun 1987 hingga 1991 ini tidak hanya melakukan pembelian PO kompetitor, namun juga melakukan peremajaan secara besar-besaran. Dengan mengandalkan chassis Mercedes-Benz dan Hino, dipadukan body buatan Karoseri Tri Sakti, New Armada, Laksana, Malindo, Tugas Anda serta Morodadi.

BACA JUGA :  Sejarah PMTOH - Bus Dengan Trayek Terjauh

bus PO Blue Star

Bus PO Blue Star

Di tahun 1997 hingga 1998, PT. Safari ini tidak luput dari hempasan krisis moneter yang menerpa Indonesia. Namun di tahun 1999 mampu melepaskan diri dari krisis dan memberanikan diri membuka divisi pariwisata. Divisi inilah yang menjadi cikal bakal dari PO Blue Star yang didirikan PT. Safari.

Pada tahun 2004, resmi didirikanlah PO Blue Star di Jakarta yang mengkhususkan diri untuk layanan pariwisata. Dengan pengalaman lebih dari 30 dari PT. Safari, PO Blue Star ini mendapatkan tanggakap positif dari masyarakat. Dan perkembangannya pun cukup positif hingga saat ini.

PO ini menyediaan bermacam jenis armada untuk layanan pariwisata, diantaranya seperti: Big Bus, Super Execuive Bus, Medium Bus dan Mini Bus. Semua armada bus dari PO Blue Star ini menggunakan chassis pilihan dari Mercedes-Benz dan body kelas premium dari karoseri-karoseri Indonesia seperti Adiputro dan Morodadi Prima.

Demekianlah sejarah PO Blue Star yang berhasil kami kumpulkan dari berbagai sumber, termasuk dari situs resmi PO ini. Kita tunggu saja perkembangan lebih lanjut dari jajaran armada pariwisata PO ini. Apakah PO Blue Star ini bakal menambah armada busnya dengan bus-bus terbaru?

BACA JUGA :  Sejarah PO Santoso, Jagoan Bus Malam Asal Magelang

bus PO Blue Star

Bus PO Blue Star

Alamat dan Kontak PO Blue Star

PT. Blue Star Karsa Unggul

Jl. Warung Buncit Raya No. 16 Jakarta Selatan
Telepon : (021) 78 111 88, 081 78 111 88
Fax : (021) 78 113 25

Comments

comments