Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Yang sering berpergian dari Sumatra-Jawa atau sebaliknya, pasti tidak asing dengan bus dari PO ALS (Antar Lintas Sumatera). Bus yang identik warna hijau ini mempunyai sejarah panjang selama melintasi jalanan Sumatra-Jawa. Sejarah PO ALS sendiri dimulai dari tahun 60-an, dan terus mengembangkan diri hingga saat ini dan merupakan salah satu bus terbaik di Indonesia.

Sejarah PO ALS

Dalam Sejarah PO ALS, nama ALS sendiri merupakan akronim dari Antar Lintas Sumatera. Perusahaan bus ini telah berdiri sejak 29 September 1966 di Kotanopan, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Diawal pendiriannya, PO ALS melayani trayek Medan – Kotanopan lalu kemudian mengembangkan trayek Medan – Bukit Tinggi.

BACA JUGA :  Sejarah PO Safari Dharma Raya, Gajah OBL Dari Temanggung

Barulah pada tahun 1972, PO ALS melebarkan jangkauannya dengan membuka berbagai kota di Sumatera, seperti ke Banda Aceh, Padang, Pekan Baru, Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung. PO yang satu ini pun akhirnya mendapatkan banyak pelanggan setianya di Sumatera.

Bahkan menurut bosbis.com, pada tahun 1970an ALS sudah bisa mengantarkan penumpang dari Sumatera ke jawa. Padahal saat itu belum tersedia transportasi kapal feri ro-ro untuk menyeberangkan bus di Selat Sunda. Dimana saat itu PO ALS mampu mengajak kerjasama jasa transportasi lain untuk menyeberangkan penumpangnya.

Barulah pada sekitar tahun 1980-an, kapal feri ro-ro tersedia di Selat Sunda. Setelah itu, mulailah PO ALS menginjakan rodanya ke tanah Jawa dengan membuka trayek langsung ke Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, dan Surabaya.

BACA JUGA :  Bus Engkel SHD Ala Karoseri Agustus

Setelah sukses dengan trayek dari Sumatera ke kota-kota besar di pulau Jawa, PO ALS mulai ke kota kecil seperti trayek ke Malang dan Jember. Tidak berpuas diri di pulau Jawa saja, perusahaan bus asal Sumatera ini juga mulai menginjakan rodanya di pulau Bali.

Sejarah PO ALS

Bus PO ALS by: instagram/@opieepratama_1526ng

Dari segi armadanya, PO ALS sendiri terlihat memperbaharui busnya. Namun bus Sumatera ini setia mempertahankan warna hijau pada livery-nya. Dari segi bus, PO sangat hati-hati memilih model bus dari karoseri. Mengingat jalur jalanan Sumatera yang menjadi trayeknya sangatlah menantang.

BACA JUGA :  Kaca Anti Peluru Untuk Bus Sumatera

Harga Tiket PO ALS

Dari segi harga tiket, PO ALS sendiri menyediakan harga kisaran Rp 379.600,00 hingga Rp 694.600,00. Untuk pilihan kelasnya, PO ALS tersedia kelas AC Ekonomi dan Super Eksekutif dengan fasilitas seprti AC, bantal, makan, minum, musik, port charger, selimut, dan lainnya.

Nah itu tadi Sejarah PO ALS (Antar Linta Sumatera) Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan dan jangan lupa ikut serta dalam gerakan AYO NAIK BIS.