Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Mengetahui Sejarah PO AKAS lebih jauh dan asal muasal PO AKAS sebagai salah satu Perusahaan Otobus terbaik di Indonesia yang terkenal di Jawa Timur ini, mari simak kisahnya lebih lengkap.

Bagi Anda yang berada di Jawa Timur pasti tidak asing lagi dengan bus yang satu ini, yaitu AKAS. Namun tahukah kamu, kalau ternyata sejarah PO AKAS berawal dari sebuah bengkel di Probolinggo, Jawa Timur. Sebuah bengkel yang didirikan oleh H Karman Amat pada tahun 1934.

Pada masa perang kemerdekaan, bengkel ini dipakai untuk memperbaiki senjata milik para pejuang. Pada akhirnya merambah pada bisnis angkutan darat, dan pada tahun 1956 didirikanlah PO AKAS sebagai badan usaha berbentuk CV. Nama PO AKAS sendiri merupakan kependekan dari Ahmad Karman Amat Saudara.

BACA JUGA :  Evolander Berbagai Livery Perusahaan Otobus

Sejarah PO AKAS pun terus berlanjut yang kini menjadi perusahan otobus ternama di Jawa Timur. Dimana kini AKAS terbagi dalam beberapa armada yang dikelola putra-putri dari H Karman Amat. Berbagai armada AKAS antara lain: PO AKAS I, PO AKAS II, PO AKAS III, PO AKAS IV. Masing-masing AKAS ini memiliki trayek masing-masing, dan menyediakan armada khusus untuk pariwisata.

PO AKAS juga rajin memperbaharui armada bus yang mereka pakai, terutama untuk layanan Pariwisata dan kelas Executive. Salah satunya pada PO AKAS IV yang lebih banyak mengkonsentrasikan armadanya pada layanan bus pariwisata dengan unit Gold Edition dan Chrome Editionnya.

Dari awal perkembangannya, PO AKAS ini terkenal dengan trayek-trayek AKAP di Jawa Timur. Namun PO AKAS juga mempunyai layanan-layanan Eksekutive ke berbagai kota. Dimana trayek yang menjadi andalannya adalah Surabaya-Denpasar dengan kelas armada Executive 32 yang dikelola PO AKAS IV.

BACA JUGA :  Monyet Aja Mau Kasi Kursi Bus, Kamu ?

Dimana di kelas ini, PO AKAS IV menyediakan fasilitas AC, Makan (Food), Musik/ MP3, Reclining Seat, Tempat kaki, Toilet dan TV. Menurut Bosbis.com, harga tiket PO AKAS untuk kelas ini berkisar Rp 204,800. Pastinya perjalanan Surabaya-Denpasar kamu bakal berkesan bersama PO AKAS.

Perjalanan PO AKAS sendiri tidaklah mulus, banyak lubang-lubang duka yang dilalui. Mulai dari masalah sengketa tanah keluarga hingga kasus dugaan menimbunan bahan bahan bakar pernah dialami bus Jawa Timur ini. Namun disisi lain bisnis dari PO AKAS masih terus berkembang.

BACA JUGA :  Mengapa Bus Sekolah Berwarna Kuning ?

Itu tadi sebagian dari sejarah panjang bus kebanggan Probolinggo ini, dan tentu saja Sejarah PO AKAS ini masih akan terus berlanjut panjang. Silahkan buat yang mempunyai kenangan manis bersama PO AKAS berbagi komentar disini.