Kaos JamNas Bismania

Ayonaikbis.com – Royaltrans merupakan sebuah angkutan terbaru dari Transjakarta selain Minitrans, lalu apa bedanya Minitrans dengan Royaltrans ini sebagai alat transportasi publik di Jakarta. Nah ternyata pemerintah DKI Jakarta memang ingin memberikan alat transportasi massal yang bisa merangkul kesemua sudut Jakarta, oleh karena itu dirilislah Royaltrans yang memang di fokuskan untuk penumpang yang bertempat tinggal dikawasan perumahan.
Dengan hadirnya Royaltrans ini diharapkan masyarakat Jakarta lebih memilih menggunakan transportasi umum dari pada menggunakan kendaraan pribadi, karena dari data yang ada pertumbuhan kendaraan pribadi di jakarta tidak sebanding dengan pertumbuhan pembuatan jalan baru dan jika dibiarkan maka kemacetan tidak akan pernah bisa tuntas.

Nah berikut kami bagikan beberapa foto bus terbaru Royaltrans dari Transjakarta semoga dengan beberapa foto yang kami bagikan masyarakat lebih tertarik untuk memilih menggunakan transportasi umum.

BACA JUGA :  Video Promosi Kesadaran Naik Bus Yang Keren

Foto-foto bus Royaltrans buatan karoseri New Armada yang merupakan salah satu pembuat body bus terbesar di Indonesia. Bus ini menggunakan chassis Mercedes Benz OF 917 yang merupakan bus yang diproduksi oleh Mercedes Benz India jadi tidak 100% dibuat oleh Mercy melainkan kolaborasi Mercedes Benz dengan Mitsubishi.

Tampilan eksterior Royaltrans berwarna putih dengan kombinasi ungu dan beberapa aksen kuning menghiasi dibagian terluar bus ini terlihat sangat mewah dan menawan. Bus ini masuk dalam kategori midibus yang memiliki total pajang 10 meter lebih panjang dibandingkan dengan medium bus umumnya. Ciri khas dari model chassis Mercedes Benz OF 917 adalah dimensi rear over hang yang terlihat sangat panjang.

Bus ini memiliki dua pintu, yaitu pintu dibagian depan model swing dan pintu bagian tengah model belah dua serta tambahan pintu darurat disebelah kanan tanpa adanya pintu driver. Selain itu bus ini memiliki ruang bagasi berada dibagian belakang karena bus ini merupakan bus bermesin depan.

BACA JUGA :  Harga Tiket Bus Online Dewi Sri

Tampilan depan bus menggunakan model headlamp berbentuk bulat dengan model desain yang sekilas seperti Paradiso dari karoseri Marcopolo Brazil dan untuk grill depan juga dibuat menjadi beberapa bagian, dan untuk bamper depan pun terdapat akses seperti boomerang tanpa fog lamp.

Bus ini juga dilengkapi running text dibagian depan dan samping serta disematkan juga kamera CCTV didalam bus dan juga kamera untuk melihat bagian terluar bus di posisi belakang.

Nah selanjutnya mari kita coba masuk kedalam bus Royaltrans ini apa saja fasilitas yang ada didalam bus ini.

Dari pintu depan kita disambut dengan karpet berwarna krem , selain itu terdapat empat step tangga dengan ujung tangga dilapisi almunium dengan strip karpet kuning sebagai penanda anak tangga dan agar tidak licin saat penumpang melangkah naik kedalam bus.

Untuk bagian dalam bus ini bagian pilar-pilar dilapisi dengan bahan ABS berwara abu-abu yang memberikan kesan mewah sehingga serasi dengan sebutan “Royal”.  Pada pintu masuk bagian depan terdapat CCTV dekat dengan jam digital dan juga terdapat palu pemecah kaca yang ditempelkan dibagian pilar B pintu depan sehingga dapat dengan mudah diakses ketika keadaan darurat.

BACA JUGA :  Harga Tiket Bus Makassar - Palopo - Toraja Primadona

Dan untuk ruang kemudi disediakan satu tempat duduk dengan lapisan kulit berwarna hitam lengkap dengan logo Transjakarta, area ini dibatasi dengan pegangan tangan berwarna kuning, perlengkapan lainnya adalah kotak P3K dan juga APAR.

Pintu masuk bagian tengah dibuat sangat lebar sehingga akses penumpang keluar masuk sangat lega, selain pintu yang lebar terdapat pegangan tangan kanan dan kiri sehingga memudahkan saat penumpang ingin naik turun bus.

Dashboard berwarna abu-abu dengan perpaduan hitam terlihat serasi dan mewah, dengan logo Mercedes Benz menempel pada stir. Dashboard Royaltrans dilengkapi dengan multimedia seperti audio video, tombol-tombol untuk menyalakan lampu dan juga terdapat monitor LCD yang menampilkan keadaan di dalam dan luar bus.

BACA JUGA :  Jasa Desain Livery Bus Dan Minibus

Dashboard menampilkan beberapa fungsi dari bus baik kecepatan, isi tangki bahan bakar dan lainnya serta dibagian sebelah kanan terdapat tombol lampu foglamp, headlamp, kondisi mesin, monitoring baterai serta tombol lampu hazzard.

Untuk sisi sebelah kanan driver terdapat tombol pengatur transmisi dan  juga lengkap dengan dua port USB yang dapat digunakan untuk mengisi baterai handphone crew bus.

Bus Royaltrans memiliki kapasitas 30 tempat duduk dengan jok berwarna orange dengan model plastik abu-abu dilengkapi dengan paper bag dan juga tempat botol minuman dibelakang sandaran.

BACA JUGA :  Bus Rexus Akas Green Karoseri Piala Mas

Terdapat satu LCD TV disebelah kanan yang berfungsi menampilkan informasi yang dibutuhkan dan juga satu kamera CCTV yang diletakan dekat dengan pintu darudat yang berada di atap bus ini.

Selain itu bus ini pada tempat duduk bagian belakang terdapat port USB yang terletak dibawah tempat duduk sehingga penumpang juga tidak perlu khawatir jika baterai handphone Anda telah habis, penumpang dapat memanfaatkannya post USB tersebut.

Pada bagian belakang bus ini juga terdapat kamera CCTV untuk mengawasi penumpang dibelakang dan satu kamera yang menghadap keluar bus bagian belakang. Dan untuk sisi dinding bagian belakang bus ini dibuat embos pada pelapis berbahan ABS dengan logo Transjakarta sehingga terlihat lebih menarik.

Nah itu tadi sekilas mengenai bus Royaltrans dari Transjakarta buatan karoseri New Armada, Magelang. Apakah masih ragu untuk naik bus di Jakarta ?
Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan dan ikut serta dalam gerakan Ayo Naik Bis.

Sumber foto : New Armada

Comments

comments