Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Ini dia New Tourismo RHD dari Daimler bukan New Grand Toursimo buatan karoseri Morodadi Prima, bus terbaru Tourismo RHD 2017 ini merupakan saudara dari New Travego yang pada tahun lalu juga telah dirilis model terbarunya.

Baik New Tourismo atau New Travego semuanya merupakan produk-produk andalan dari pabrikan bus terkenal dari negeri panser yaitu Mercedes Benz Jerman yang masih satu atap dengan Evobus yang terkenal produknya yaitu Setra.

Pada tanggal 19 Juni 2017 bus terbaru New Tourismo resmi di luncurkan di Brussel dengan menghadirkan 3 unit dengan warna hijau dan silver dan pastinya banyak perubahan dari model New Toursimo RHD ini.
New Toursimo RHD (Righ Hand Drive) hadir dalam versi high decker, sama halnya dengan bus-bus di Indonesia yang sedang demam model bus berlantai tinggi. Bus terbaru dari Daimler ini tersedia untuk bus dengan 2 axle atau 3 axle.

BACA JUGA :  Livery Jetbus SHD Keren

Perubahan pada bus terbaru New Tourismo ini tentunya pada model cowl depan dan cowl belakang dan sisi pilar garnis yang menjadi ciri khas. Nah pada sisi depan bisa kita perhatikan model headlamp atau lampu depan menggunakan model yang sama dengan New Travego 2016 yaitu sekilas mirip dengan model lampu Truck Actros yang dirilis 2011 yang lalu.

New Toursimo RHD

Perbandingan Headlamp

Nah dari gambar diatas dapat kita bandingkan ketiga produk bus dan truk Daimler memang dibuat satu tema dengan ciri khas pada headlamp, dengan model lampu yang seperti huruf L ini New Tourismo telihat lebih lebar pada bagian depan.

Selain itu terdapat perubahan pada bagian grill meski tidak telalu signifikan, nampak grill Tourismo RHD semakin banyak embos dibanding model Tourismo yang versi sebelumnya, tetapi logo Mercedes Benz masih diletakan pada bagian tengah grill.

Perubahan lainnya pada fog lamp yang dibuat lebih modern dari ada versi sebelumnya, begitu pula sisi cowl depan sisi bawah kaca depan dibuat tirus dengan champer yang sebelumnya dibuat datar dengan kaca depan.

Nah yang paling menonjol dari model bus terbaru Toursimo RHD adalah pada sisi bagian selendang, dimana bentuknya terlihat independen tidak lagi menyatu dengan side roof seperti model versi sebelumnya. Selendang pada bagian sisi bus ini makin terlihat menarik karena ada permainan cat yang membedakan antara selendang dengan spion yang terhubung.

Untuk sisi samping pada bagian lambung tidak terlalu banyak perubahan, tapi coba tengok sisi bagian belakang bus terbaru New Tourismo RHD ini nampak perubahan pada kap mesin terutama pada kisi-kisi udara.

New Tourismo RHD

Bus Tourismo RHD Rear Front

New Toursimo RHD dibuat satu lubang sebelah kanan saja sehingga tidak simetris, mungkin Daimler memang sedang ingin membuat trend model bus dengan beberapa desain yang tidak simetris seperti pada desian bus autopilotnya City Pilot.

BACA JUGA :  Bus Engkel SHD Ala Karoseri Agustus

Dengan paduan aksen garis pada cowl belakang membuat terlihat bus intercity ini lebih terlihat tegas disisi belakang, tapi bukan hanya itu saja bentuk kaca dibuat lebih tirus sehingga terlihat lebih berani dengan perlengkapan seperti emblem Toursimo, logo Mercedse Benz dan juga beberapa lampu penanda.

Rearlamp yang digunakan pun berubah dimana sebelumnya terlihat terdapat aksen tiga aksen putih kini hanya terdapat dua saja seperti yang digunakan oleh Mercedes Benz New Travego hal ini tentunya membuat keseragaman dan ciri khas dari produk Daimler.

Dan hampir semua produk bus dari Daimler saat ini meletakan model pintu disisi tengah bus, tentunya ini berbeda dengan bus-bus AKAP jaman dulu yang posisi pintu selalu di bagian depan dan belakang.

Nah untuk lebih jelasnya berikut ini adalah foto-foto bus New Toursimo RHD :

BACA JUGA :  Foto Bus Terbaru Legacy Sky SR - 2

BACA JUGA :  Keunggulan SCANIA Opticruise
Nah itu tadi sedikit informasi mengenai bus terbaru Toursimo RHD yang baru saja dirilis pada waktu yang lalu semoga bermanfaat dan silahkan Anda bagikan ke media sosial Anda agar informasi ini lebih bermanfaat.

Bagaimanakah menurut pendapat Anda dengan model bus terbaru dari Daimler Tourismo RHD  ini silahkan berkomentar ?

Sumber : Daimler

Comments

comments