Kaos JamNas Bismania

Ayonaikbis.comEvolander SHD besutan karoseri New Armada telah resmi di luncurkan dalam acara IIBT 2017 di JIEXPO Kemayoran. Bus terbaru karoseri New Armada dengan gaya bus Eropa ini tampil mewah dan menawan dengan warna orange metalik.

Bus terbaru Evolander SHD (Super High Deck) menggunakan chassis Mercedes Benz OH 1836 siap meramaikan dunia perbisan diIndonesia,  nah berikut ini mari kita lihat lebih jauh tentang bus terbaru Evolander SHD.

Dari tampilan eksterior banyak hal yang berbeda dari versi Evolander sebelumnya, mari kita lihat dari tampilan depan model pemilihan head lamp yang baru serta permainana garis desain pada bumper.

Model lampu yang lebih lebar dengan bentuk kerucut pada bagian dalam dan melebar pada bagian luar serta dikombinasikan dengan lampu sein berwarna orange.

Pada bagian bawah disematkan fog lamp dengan model boomerang atau mirip huruf “V” terlihat menyatu memberikan kesan garang.

New Evolander SHD ini juga menggunakan double glass dengan sekat pemisah antara dua kaca depan, ditambahan juga  lampu penanda di kanan kiri dekat dengan spion .

BACA JUGA :  Bus Terbaru Harapan Jaya Tentrem SHD

Trend bus double glass memang sedang menjamur di Indonesia terbukti banyak bus mengaplikasikan kaca ganda dimulai dari Jetbus SHD karoseri Adi Putro, Jetliner karoseri Rahayu Sentosa, Avante Karoseri Tentrem, New Grand Tourismo Karoseri Morodari, Legacy SR 2 SHD Prime karoseri Laksana dan Zeppelin G3 Karoseri Gunung mas Madiun dan lainnya.

Jika melihat model head lamp dan rear lamp Evolander SHD ini mirip dengan model lampu yang digunakan oleh Zeppelin G3 dari karoseri Gunung Mas.

Kemudian peletakan spion pada Evolander SHD diletakan di atas topi/sekat pemisah kaca, jika dilihat dari samping terasa kaku, meskipun model sekat pemisah kaca depan memang dibuat tidak menyatu dengan spion karena garis desain nya dipadukan menyatu dengan side roof yang berwarna abu-abu.

Evolander SHD menggunakan 4 buat wiper, yaitu satu pasang bagian kaca bawah untuk driver dan satu set wiper bagian kaca atas agar pembersihan air hujan lebih maksimal.

Pada bagian samping terjadi perubahan pada model selendang, dimana selendang dibuat lebih kecil dibandingkan dengan Evolader versi sebelumnya yang terlihat lebih besar.

BACA JUGA :  Stop Pelemparan Batu Ke Bus

Agar terlihat lebih elegan karoseri New Armada menyematkan selendang berwarna abu-abu yang dipadukan dengan cat garis yang terbentang dari pintu depan naik ke atas kemudian menyatu dengan selendang hingga berakhir pada bagian kaca belakang dipilar Z.

Yang menarik dari Evolander SHD adalah pada pilar Z dibuat kamuflase cat hitam  yang memisahkan lambung dan roof sehingga cat warna hitam terlihat menyatu dengan kaca.

Pada bagian belakang Evolander SHD terlihat mantap karena pengaplikasian model kap engine dibuat dengan banyak lubang sehingga terlihat lebih garang, terdapat 5 lubang sebagai sirkulasi udara pada mesin bus.

Selain itu model rear lamp terlihat menyatu dengan model cowl belakang sehingga nampak gagah pada sisi belakang, selain itu hal ini didukung dengan permainan model kaca belakang yang terlihat lebih modern dengan penambahan dua lampu bulat pada bagian kaca bagian atas.

Tetapi ada yang kurang pada embos diujung lampu, jika bentuk embos yang meruncing tersebut diisi dengan lampu maka kan terlihat lebih mantap lagi.

BACA JUGA :  Sleeper Bus Bintang Prima : Makassar - Toraja

Perubah mendasar dari Evolander adalah terjadi perubahan bentuk wheel house pada model Evolander SHD, dimana model wheel house kembali ke bentuk konvensional yaitu setengah lingkaran tanpa ada permainan yang unik.

Sebelumnya model wheel house generasi Evonext mirip dengan bentuk pedang dan itulah yang menjadi nilai jual dari bus buatan karoseri New Armada tapi mungkin ini disesuaikan dengan bentuk keseluruhan Evolander SHD yang lebih smooth.

Nah selanjutnya mari kita simak bagian Interior dari bus terbaru Evolander SHD dari karoseri New Armada, magelang ini.

Mata penumpang akan dimanjakan dengan desain dashboard yang futuristik dan elegan, perpaduan warna gelap dan list orange memberikan kesan berani tetapi tetap elegan.

Selain itu penumpang akan puaskan dengan fasilitas entertaiment berupa LED TV ukuruan 42 Inch sehingga penumpang nyaman untuk menikmati Video/acara TV selama perjalanan didalam bus.

Perpaduan warna interior pun dibuat senada dengan warna kulit jok untuk penumpang yaitu dark grey dan orange yang sangat cocok dengan pendaran lampu LED biru didalam bus.

Permainan plafond bus pun masih sama seperti generasi Evonext terdahulu, dimana plafond dengan konsep panorama terlihat memiliki motif bergelombang serta ditambahkan paduan LED yang memberikan kesan mewah.

BACA JUGA :  Monyet Aja Mau Kasi Kursi Bus, Kamu ?

Tapi ada perubahan pada pengaplikasian partisi penumpang, terlihat partisi/sekat penumpang menggunakan model seperti yang digunakan oleh karoseri lain. Dimana model partisi penumpang ini dibalut dengan bahan yang lebih lembut sejenis karet sehingga lebih aman jika terjadi benturan dengan fisik penumpang.

Selain dari pada itu terdapat emergency exit pada bagian atas yang terlihat menawan karena terbuat dari kaca transparan membuat Evolander SHD layakanya mobil-mobil mewah.

Dan untuk pemilihan louvre AC pun karoseri New Armada memilih jenis louvre AC yang dilengkapi dengan lampu-lampu LED sehingga membuat Interior bus ini bercita rasa bus Eropa.

Untuk bagian lantai masih menggunakan karpet dengan motif kayu, karena memang model wood ini masih menjadi pilihan terbaik karena terlihat lebih elegan dan berkelas.

BACA JUGA :  Cara Kerja Dan Komponen Bluetec

Nah itu tadi sedikit review untuk bus terbaru dari karoseri New Armada, Evolander SHD bagaimanakah menurut pendapat Anda dengan hadirnya bus terbaru Evolander SHD ini ?

Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan dan jangan lupa Ayo Naik Bis

Photo : Devry, New Armada

Comments

comments