Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – PT NPM adalah perusahaan otobus tertua di Sumatera Barat mungkin juga di Indonesia. Bagaimana tidak, perusahaan ini sudah berjalan sebelum kemerdekaan Republik Indonesia tepatnya sekitar tahun 1937 jadi PO NPM sudah berdiri sekitar 80 tahun melayani masyarakat Sumatera Barat menuju beberapa kota di Sumatera dan Jawa, PT NPM memiliki motto Aman, Tepat, Terpercaya yang juga bersaing dengan PO. ALS, PO. ANS dan lainnya.

NPM

Owner PT NPM

Nama NPM sendiri merupakan sebuah akronim yaitu “Naikilah Perusahaan Minang” ya dijaman itu memang sedang trend nama perusahaan dengan akronim, jadi jika Anda yang tinggal di Sumbar atau Padang tentunya tidak asing dengan bus NPM ini.

Nah kali ini Ayonaikbis.com ingin membahas lengkap sejarah NPM dimulai dengan beberapa data yang telah kami dapatkan dari berbagai sumber, sejarah PO NPM didirikan oleh Bahauddin Sutan Barbangso Nan Kuniang ini berbasis di kota Padang Panjang, Sumatera Barat, Beliau merupakan salah satu tokoh ternama di Sumatera Barat dibidang transportasi, sayangnya kami tidak bisa mendapatkan profil lengkapnya.

NPM

Owner PT NPM

Bus NPM ini meraih masa kejayaannya pada tahun 90an dengan rute Padang – Bukit tinggi pada waktu itu NPM dapat memberangkatkan 40 bus setiap hari dengan 7 jadwal keberangkatan.

Namun masa kejayaan PO NPM pun kandas ketika krisis moneter menerpa Indonesia yang juga berimbas pada bisnis transportasi tahun 1998 hingga awal tahun 2000an.

Bagaimana tidak, PO NPM pernah memiliki jumlah unit hingga 101 unit pada tahun 90an dan karena imbas krisis moneter tersebut unit tersisa menjadi 40an unit saja karena banyak yang dijual demi menutup biaya operasional.

BACA JUGA :  Sejarah PO Pahala Kencana, Berawal Bus AKAP Jadi Group Usaha Besar

Selain krisis moneter, hal lain yang mempengaruhi surutnya bisnis transportasi darat adalah dengan adanya transportasi udara yang memiliki banyak rute dibeberapa kota, jumlah maskapai yang makin banyak dan tentunya harga yang mulai terjangkau. Nah dengan adanya hal tersebut tentunya masyarakat lebih banyak beralih ke alat transportasi udara sehingga menyebabkan bisnis transportasi darat menurun jumlah peminatnya.

NPM

Angga Vircansa Chairul CEO PT NPM

Nah saat ini PT NPM dipimpin oleh Bp. Angga Vircansa Chairul yang merupakan generasi ketiga dan saat ini menjabat sebagai CEO PT NPM mulai tahun 2009 sehingga perusahaan otobus ini masih tetap berdiri sampai saat ini yang melayani AKDP (Antar Kota Dalam Propinsi), AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) dan Pariwisata.

Pada awal Bp. Angga memegang perusahaan NPM jumlah unit yang beroperasi tersisa hanya 27 unit saja dan sampai saat ini sudah mulai berkembang kembali sehingga unit yang beroperasi ada sekitar 57 unit, melayani Padang – Jakarta, Padang – Medan, Padang – Jambi dan Pariwisata.

BACA JUGA :  Profil PO Haryanto

Rute yang dilayani PT NPM adalah Medan, Pekanbaru, Dumai,Jambi, Bengkulu, Palembang, dan Bandar Lampung di pulau Sumatera, hingga Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Bandung di pulau Jawa dan trayek utama PO NMP adalah di Sumbar, yaitu Padang – Bukit Tinggi.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa foto yang kami kumpulan dari berbagai media sosial dan sumber google yang merupakan sejarah dan saksi perkembangan transportasi darat khususnya bus di Indonesia.

Beberapa bus lama PT NPM banyak menggunakan Mercedes Benz baik seri Mercedes Benz OH 1113, Mercedes Benz 813 ada juga foto bus NPM dengan mesin Chevrolet yang masih sangat klasik dengan mesin depan yang melayani Bukit Tinggi – Padang (PP) tahun 1967.

Tidak ketinggalan juga bus legendaris Mercedes Benz dengan bodi Banteng yang merupakan buatan karoseri GMM (German Motor Manufacturing) yang sempat booming di Indonesia meskipun akhirnya ditutup.

Bukan hanya itu banyak bodi-bodi bus NPM menggunakan bodi buatan karoseri Rahayu Santosa, Tentrem, Adi Putro dan saat ini yang terbaru adalah bus Vircansa menggunakan bodi Legacy Sky SR 2 karoseri Laksana.

BACA JUGA :  Sejarah PO Santoso, Jagoan Bus Malam Asal Magelang

Dan berikut foto-foto bus NPM yang terbilang lebih baru dengan ciri khas berwarna putih dengan livery berwarna Merah, Hijau dan Kuning dengan berbagai macam bodi bus buatan karoseri lokal seperti Royal Coach dengan lampu Marcopolo yang sangat melegenda begitu pula rebodi besutan equator juga dengan model lampu marcopolo.

BACA JUGA :  Sejarah PO Sumber Alam, Berbekal Pengalaman Dan Usaha Keras

Terbanyak adalah buatan karoseri Rahayu Santosa baik Euroliner, Skyliner dan lainnya. Begitu pula beberapa bus sudah di rebodi oleh bengkel Equator yang sudah terkenal dalam hal peremajaan bodi bus, biasanya sih cuma facelift alias ganti lampu depan atau belakang saja sehingga bus tetap dengan model lama namun akan terlihat kekinian dengan model lampu terbaru.

Ada juga beberapa model buatan karoseri Tentrem, Malang yaitu model Scorpion King yang sempat populer karena modelnya mirip dengan body Scania Touring yang kemudian digantikan oleh Scorpion X.

Devisi Pariwisata Vircansa PT NPM Group

 

Bus mewah

Mercedes Benz Legacy HD Prime

Vircansa adalah devisi pariwisata PT NPM (Naikilah Perusahaan Minang) yang memiliki wajah baru, dimana bus pariwisata ini menggunakan warna silver dan hitam tidak lupa dengan livery ciri khas NPM yaitu paduan warna merah, hijau dan kuning yang menghiasi lambung bus.

Untuk model terbaru bus Vircansa menggunakan model Legacy Sky SR2 HD Prime buatan karoseri Laksana yang sempat ikut pameran di acara Mercedes Benz Comvex dengan kesan yang super mewah dan elegan.

PT NPM

Vircansa Pariwisata NPM Group

Beberapa unit lain Vircansa adalah big bus Scorpion King buatan karoseri Tentrem dengan kapasitas 41 seat dan 56 seat dan juga medium bus dengan model Viero karoseri Rahayu Santosa dengan kapasitas 27 seat.

Untuk fasilitas bus pariwisata Vircansa antara lain TV LCD, dvd player, music, karaoke, toilet, wifi dan fasilitas mewah lainnya.

Nah untuk lebih jelas mengenai sejarah singkat PT NPM silahkan simak video singkat berikut ini semoga dapat menambah wawasan mengenai sejarah bus-bus di Sumatera.

BACA JUGA :  Sejarah PO Mayasari Bakti, Perusahaan Keluarga Yang Berkembang Pesat

Video Singkat Sejarah NPM

PT. NPM Group
Jl. A. Yani no. 64
Padang Panjang, Sumatera Barat
Phone : (0752) 82746 Fax : (0752) 82325
Email : hubungi@busnpm.com

Nah itu tadi sekilas mengenai Sejarah PO NPM semoga bermanfaat, jangan lupa untuk terus membagikan informasi ini kesosial media Anda agar lebih banyak orang mengatahui tentang sejarah transportasi bus di Indonesia.  Jangan lupa ikut serta gerakan Ayo Naik Bis.

Catatan : Informasi yang kami dapatkan mungkin ada kekurangan atau tidak lengkap jika ada yang dapat memberi data tambahan atau kritik dan saran silahkan kirim ke redaksi info@ayonaikbis.com

Sumber : NPM, Vircansa, NPM Mania, Google, Instagram, Wikipedia

Comments

comments