Kaos JamNas Bismania

Ayonaikbis.com – Mudik lebaran sebentar lagi, bagi beberapa orang mungkin sudah membeli tiket bus jauh-jauh hari demi mendapatkan tiket bus sebelum kehabisan pada mudilk lebaran kali ini baik mudik dari beberapa kota di pulau jawa seperti Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Bandung, Semarang, Kudus, Yogyakarta, Surakarta, Madiun, Surabaya, Malang, Madura dan kota-kota lain di pulau jawa. Atau Anda juga ingin mudik lebaran keluar pulau Jawa seperti Sumatera, Bali, Nusa tenggara dan pulau-pulau lain di Indonesia dengan menggunakan angkutan darat bus.

Meski saat ini banyak pilihan transportasi seperti pesawat terbang dan kereta api, ternyata bus masih bisa dianggap sebagai pilihan alat transportasi yang direkomendasikan untuk mudik lebaran, meski banyak sekali faktor yang perlu diperhatikan dan berikut ini adalah beberapa alasan dan keunggulan mudik lebaran dengan bus.

Baca juga : Harga tiket bus PO Ramayana, PO Haryanto dan PO Sempati Star

Agen bus mudik lebaran

Agen Bus (Pic: Bismania)

Fleksibel : Mudik lebaran dengan bus sangat fleksibel karena bus dapat Anda temui dimana saja, terutama untuk pembelian tiket bus mudik lebaran juga sangat mudah karena Anda dapat dengan mudah menemukan agen penjualan tiket bus yang tersebar di terminal atau ditempat-tempat lain dan bukan hanya itu saja beberapa bus sudah mendukung penjualan tiket bus secara online. So.. sudah sangat mudah bukan untuk mendapatkan tiket bus sesuai pilihan Anda.

Bus Bejeu mudik lebaran

Bus Bejeu (Pic: hanifrifkha)

Jangkauan lebih luas : Berbeda dengan alat transportasi lain seperti pesawat terbang dan kereta api yang terbatas untuk lokasi keberangkatan dan kedatangan karena penumpang yang ingin pulang kampung saat mudik lebaran harus berangkat dam datang ke bandara udara atau stasiun, dan setiap propinsi jumlah bandara udara dan juga stasiun kereta terbatas. Berbeda dengan terminal bus dan juga trayek bus sangat banyak sehingga dapat menjangkau lokasi-lokasi yang tidak terjangkau oleh pesawat terbang dan kereta api.

Tiket bus Rosin Mudik Lebaran

Tiket bus (Pic: Bismania)

Harga tiket terjangkau: Pilihan harga tiket bus yang bervariatif sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, bus-bus terbaru di Indonesia saat ini menawarkan banyak pilihan kelas yang sesuai dengan kantong Anda mulai dari kelas ekonomi, PATAS, Bisnis, VIP, eksekutif. Jika Anda memiliki dana terbatas bisa menggunakan kelas ekonomi atau eksekutif class bagi Anda yang mencari kenyamanan dan pastinya harga tiket bus banyak pilihan yang terjangkau dengan kemampuan penumpang.

Fasilitas bus Mudik Lebaran

Fasilitas bus (Pic DaunJati)

Pilihan fasilitas lebih banyak : Bus terbaru di Indonesia menawarkan banyak pilihan fasilitas dimulai kelas ekonomi yang murah meriah dengan konfigurasi tempat duduk 3-2 memang lebih sempit tetapi passdi kantong, tapi bagi Anda yang memiliki dana lebih bisa menggunakan kelas PATAS AC yang pasti lebih nyaman karena bus sudah dilengkapi dengan AC sehingga tidak ada lagi bau-bau keringat.

BACA JUGA :  13 Perusahaan Otobus Terbaik Pelopor Keselamatan

Jika Anda akan melakukan perjalan yang lebih jauh misalnya saja dari Yogyakarta menuju Lampung bisa memilih bus-bus eksekutif yang pasti sangat nyaman karena bus di kelas eksekutif ini sudah dilengkapi dengan tempat duduk yang nyaman (reclining, armrest dan legrest) space antar kursi juga lebih lega jadi tidak perlu kawatir terlalu sempit, toilet, multimedia seperti LED TV, Musik dan juga bagi Anda yang tidak pernah lepas dari handphone kini bus-bus terbaru sudah dilengkapi dengan terminal untuk mengisi ulang baterai handphone Anda.

Tapi ada beberapa hal yang menjadi kekurangan mudik lebaran menggunakan bus yang perlu menjadi perhatian dari kita semua dan pemerintah.

Baca juga : Cara membeli tiket bus online, harga tiket bus online PO EKA dan tiket bus online Lorena

Kemacaten arus mudik lebaran

Kemacaten arus mudik lebaran (Pic: Kaskus)

Kemacetan yang makin parah : Sarana dan fasilitas bus sudah sangat baik tetapi yang menjadi masalah utama untuk memilih angkutan bus untuk mudik lebaran adalah kemacetan lalu lintas yang parah saat musim mudik lebaran ini karena volume kendaraan akan meluap dengan signifikan, sebagai contoh perjalanan  yang biasa ditempuh dalam waktu 12 jam bisa menjadi lebih dari 20 jam hal ini karena infrastruktur yang belum mendukung dengan baik. Salah satunya adalah tidak semua jalur sudah memiliki jalan tol, jalan-jalan yang masih rusak parah terutama untukjalur sumatera yang masih banyak jalan-jalan berlubang, tentunya hal ini akan menghambat kelancaran perjalanan menggunakan angkutan darat bus. Kemacetan ini tentu sangat merugikan bagi penumpang dan juga operator bus (PO) karena biaya operasional juga meningkat karena bahan bakar yang digunakan juga makin boros habis di jalan. Oleh karena ini ayonaikbis.com juga ingin ikut mengkampanyekan gerakan Ayo Naik Bis untuk mengurangi kemacetan lalu lintas yang jelas-jelas sangat merugikan.

Copet dalam bus mudik lebaran

Copet saat mudik lebaran (Pic: Hallojakarta.com)

Pengamen dan Copet :  Hal lain yang membuat masyarakat enggan menggunakan akutan darat bus adalah dengan masih banyaknya pengamen yang masuk kedalam bus dan meminta dengan paksa. Karena bisa kita perhatikan banyak pengamen yang sebenarnya menyanyi juga tidak bagus-bagus amat bahkan membuat suara berisik sehingga mengganggu penumpang ketika beristirahat didalam bus. Beberapa pengamen yang memaksa atau tidak terima jika diberi receh dengan nilai yang kecil, jadi karena hal inilah yang membuat penumpang merasa tidak nyaman. Meskipun tidak semua pengamen didalam bus itu meresahkan banyak juga yang benar-benar menjual karya seni mereka untuk menghibur karena mengamen itu lebih baik dari pada menjadi seorang pencuri asalkan mengamen juga memiliki etika dalam menjual karya seni mereka.

BACA JUGA :  Green Bus Scania Berbahan Bakar Etanol

Hal lain yang membuat enggan memilih bus adalah banyaknya copet berkeliaran di terminal dan didalam bus, terutama untuk bus-bus kelas ekonomi, tentunya ini membuat penumpang was-was dan merasa tidak nyaman menggunakan angkutan bus. Terutama saat musim mudik lebaran ketika arus penumpang padat dan berdesak-desakan maka penumpang wajib waspada memperhatikan bawarng bawaan, dompet, hanphone dan benda-benda berharga lainnya saat berpergian menggunakan bus.

Bus Tidak Terawat Mudik Lebaran

Bus tidak terawat (Pic: kirimfotobis)

Bus tidak terawat : Tidak sedikit perusahaan otobus yang cuek dan tidak memperdulikan perawatan armada busnya, misal saja perawatan ruitin mesin bus hal ini sangat berpengaruh besar bagi kenyaman penumpang karena apabila bus yang di gunakan tidak terawat dan melakukan perjalan dengan rute yang jauh tiba-tiba mesin bus bermasalah dan mogok dijalan pastinya hal ini sangat menyebalkan karena penumpang akan terbengkalai karena harus menunggu bus lain untuk dipindahkan.

Belum lagi jika armada bus bagian dalam tidak terawat dan jarang dibersihkan sebagai contoh toilet yang jarang di bersihkan dengan rutin, toilet bau pesing dan tidak jarang air untuk menyiram juga tidak ada hal ini tentu sangat menggangu kenyaman penumpang, ditambah lagi ketika air AC yang bocor dan menetes kepenumpang hal ini tentu sangat menyebalkan.

BACA JUGA :  Harga Tiket Bus Makassar - Palopo - Toraja Primadona

Baca juga : Spesifikasi bus pariwisata Evolander, bus terbaru infinit dan Mercedes benz Vs Volvo

Selain dari sisi fasilitas bus yang tidak terawat dan hal lain yang menjadi perhatian adalah ketika agen atau crew bus menaikan penumpang gelap karena tidak jarang banyak komplain dari penumpang mengenai kuris yang di pesannya. Misalkan saja kita sudah membeli tiket bus dengan normor kursi yang tertera pada tiket yang kita beli tapi ketika hari H saat kita berangkat dan naik kedalam bus normor kursi yang kita sudah beli sudah ditempati oleh orang lain dan tak jarang kita harus duduk di depan atau di belakang, hal ini pasti membuat tidak nyaman dan membuat kita enggan memilih angkutan darat dengan bus.

lelah mudik lebaran

Lelah naik bus (Pic: adzhanihani)

Capek : Jika Anda melakukan perjalan mudik lebaran untuk rute yang sangat jauh mungkin hal ini sangat melelahkan karena kita bisa berhari-hari hanya duduk didalam bus belum lagi ditambah kemacetan parah saat arus mudik lebaran tentunya hal ini membuat badan pegal dan terasa capek sehingga hal ini membuat masyarakat untuk memilih pesawat terbang jika melakukan rute perjalanan yang sangat jauh.

Nah itu tadi beberapa keuntungan dan kekurangan menggunakan angkutan bus sebagai sarana transportasi mudik lebaran mungkin Anda ingin menambahkan.

Comments

comments