Kaos Bus Ayo Naik Bis
Desain bus kali ini penulis mencoba mewujudkan sebuah bus High Deck dengan contoh Livery PO. Sinar Jaya dan PO Marissa Holiday. Mengapa penulis membuat bus model high deck karena penulis melihat trend bus di Indonesia adalah bus berlantai tinggi terbukti dengan munculnya Highlander dari karoseri New Armada dan juga yang masih menjadi berita hangat yaitu bus terbaru dari karoseri Morodadi Prima pesanan PO.EKA. Sebelumnya penulis juga telah membuat desain bus Laksana N unofficial yang mungkin dapat menjadi pilihan model bus untuk karoseri di Indonesia. Nah mari simak desain bus terbaru yang saya sebut “KORRD”.
Korrd

ilustrasi prototip Segeebus Korrd by devsegee

Prototip desain bus 3D yang saya buat menggunakan aplikasi Google sketchup dan photoshop, desain bus ini saya beri  nama Segee bus “KORRD” yang terinspirasi dari bus2-bus Eropa. Hal ini dapat dilihat dari pilar yang menyerupai varian baru dari Ayats yaitu bus Kronos 2, dan untuk nama Segee berasal dari nama panggilan saya dan sebagai ilustrasi pada desain ini saya akan memvisualisaskian  menggunakan livery dari PO. Sinar Jaya dan PO. Marissa Holiday.
Desain bus 3D Korrd ini mengusung tema futuristik edge dan juga elegan, dimana perpaduan sudut disain dibuat kaku namun elegan dan sangat cocok untuk kebutuhan pariwisata maupun bus AKAP.
4

Ilustrasi prototip Segeebus Korrd

DEPAN
Pada bagian depan desain bus KORRD dapat kita jumpai kaca dual windshield. Dual windshield yang dimaksud adalah kaca terbelah menjadi dua bagian yaitu ciri khas dari bus low drive yang ada di negara brazil dan sekitarnya.
Agar terlihat lebih smooth maka desain kaca dibuat sedikit melengkung sehingga memberikan kesan elegan  dan dapat menekan hambatan angin saat bus melaju.
Desain bus KORRD dibuat  sederhana namun tetap mempertahankan kesan futuristik hal ini dapat dilihat dari siku pada lampu depan dan foglamp. Headlamp dan foglamp masih menggunakan lampu model lama dengan bentuk kotak yang terkesan jadul dan agar terlihat lebih tajam maka ditambahkan warna hitam diantara headlamp. Untuk dimensi bus korrd memiliki lebar 2550 mm jadi menggunakan standar Eropa.
2

ilustrasi prototip Segeebus Korrd

SAMPING
Pada bagian samping desain bus KORRD mengusung konsep HD (high deck) dengan tinggi 3.800 mm dan panjang keseluruhan 12,900 mm. Bus KORRD menggunakan chassis model triple axle seperti Mercedes Benz OH 2542 atau MAN R37 dan lainnya, sehingga bus dapat menopang beban lebih berat dan body bus  bisa di aplikasikan lebih dari 12m. Selain itu ground clear saya buat sedikit rendah agar bus tidak limbung pada saat melaju pada kecepatan tinggi.
Desain bus KORRD menggunakan list atau pilar yang membentuk garis melengkung yang terhubung dengan spion tanduk, disain pilar yang dibuat memotong pada kaca samping bagian depan selain itu saya tambahkan list berbahan chrome agar terlihat lebih menarik dan terkesan bus mewah (facelift v2) dan desain bus KORRD terdapat pintu kolong yang mengikuti trend bus saat ini.
testb

Ilustrasi prototip Segeebus Korrd Marissa Holiday

BELAKANG
Pada bagian belakang desain bus KORRD akan kita jumpai kisi-kisi (ventilasi udara) dengan bentuk terbaru yg dibuat sedikit menyiku dan melintang. Kisi-kisi udara terbagi menjadi dua bagian agar terkesan berbeda. Begitu juga dengan rear lamp saya pilih dari model lampu belakang bus yang sudah ada dipasaran.
Namun ada beberapa hal yang menjadi ciri khas adalah dengan penambahan lubang air intake yang saya buat menyerupai sayap agar menambahkan kesan futuristik dari bus KORRD dan fungsinya sebagai sirkulasi udara pada ruang mesin tetap maksimal.
Pada kaca belakang bus ini dibuat sedikit naik keatas  agar garis desainnya bertemu dengan kaca samping, dimana pilar Z diwarnai hitam dop agar terlihat kesan kaca yang menjadi satu bagian. Dan pada tampilan belakang desain bus KORRD ini belum memiliki bumper. Nah demikian sedikit penjelasan singkat tentang prototip Segeebuss KORRD.
Silahkan tinggalkan kritik dan saran agar saya dapet membuat desain bus yang lebih baik. Dan bagi Anda yang ingin ikut mempublikasikan desain bus nya silahkan baca panduannya. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Comments

comments

BACA JUGA :  Roadtest Maxibus XHD