Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Karoseri Rahayu Santosa merupakan salah satu dari beberapa karoseri besar yang ada di Indonesia bersaing dengan karoseri Adi Putro, New Armada, Laksana, Tri Sakti, Tentrem, Morodadi dan karoseri lainnya nah bagi pembaca setia ayonaikbis.com yang ingin mengenal lebih jauh kapan dan apa saja yang di produksi oleh karoseri Rahayu Santosa silahkan simak tentang profil karoseri Rahayu Santosa Bogor ini.

Karoseri Rahayu Santosa didirikan pada tahun 1961 yang awalnya sebagai operator bus dan mulai memproduksi bus pada tahun 1972 dan berikut ini timeline perjalanan karoseri Rahayu Santosa. Dan karoseri Rahayu Santosa juga memiliki usaha lain seperti pembuatan seat dibawah PT. Restindo Dayatama pada tahun 1993 dan juga mengembangkan usaha fiberglass, ABS Thermoform, insulasi, dan lain-lain dibawah PT. Sentras Varitama.

BACA JUGA :  Generasi terbaru Skyliner 2016 Rahayu Sentosa

Dan berikut ini perjalanan sejarah karoseri Rahayu Santosa:

1961 Established – Bus Operator , Located in Bogor
1972 Start Bus Manufacturing
1974 Stop Bus Operator
1982 Second Generation take Over
1984 Move to new location ( Main Factory )
1993 PT. Restindo Dayatama – Seats Manufacturer
1994 PT. Sentras Varitama – Fibreglass
1995 Start Component Division (MFG) – Modular Body Concept
1997 Start Implementing Modular Body Concept (12 m Bus)
1998 Economy Crisis
2001 Design Center
2003 Start Implementing Modular Body Concept (8 M Bus)
2004 Setup Holding Company – PT. Prima Sentris Santosa
……… Setup Distributor Company – PT. Duta Prima Santosa
2005 Move Design Center to Main Factory
2006 Start Monocoque Project
2007 Start Implementing Modular Body Concept (5 m Bus) – Commuter & Truck
2008 Start Production Articulated Bus

Mungkin ada juga ingin mengetahui daftar karoseri di seluruh Indonesia dan karoseri bersertifikat versi askarindo.

ISO Quality management Rahayu Sentosa

ISO  Rahayu Santosa

Setiap produk karoseri Rahayu Santosa memiliki sertifikat ISO 9001: 2008 sehingga sudah memenuhi standar internasional di bidang sistem manajemen mutu. Dan karoseri Rahayu Santosa telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut.

Dan berikut ini standarisasi yang karoseri Rahayu Santosa telah lakukan untuk meningkatkan mutu produk-produk mereka.

Proses awalnya adalah Research and Development biasanya proses ini adalah awal dari pengembangan sebuah produk apa yang akan dirancang, di produksi dan dijual. dalam hal ini team engineering sangat berperan dimana mereka akan melakukan pencarian data referensi apa yang pasar/konsumen butuhkan kemudian juga melihat trend apa yang konsumen sukai dalam hal ini engineering akan berkerja bersama dengan team desain.

Logistic Storage: Dalam hal meningkatkan mutu produksi sistem storage sangat berpengaruh pada kualitas raw material sebelum di gunakan dan juga waktu loading dan unloading serta handling material hal ini akan sangat menunjang kecepatan produksi.

BACA JUGA :  Harga Bus Jetliner High Decker

Manufacturing: Dengan sistem manufacturing yang baik maka proses produksi akan berjalan denga sangat baik dimana setiap proses pembuatan bus melalui proses sesuai denga standar dan SOP yang telah di tetapkan.

Sub Assy dengan adanya proses perakitan pada beberapa komponen sebelum masuk dalam proses perakitan ke bagian utama hal ini akan mempercepat proses produksi. Sebagai contoh proses pembuatan pintu bus di buat dibagian komponen kemudian mereka melakukan perakitan pintu bus di tempat lain dan setelah jadi barulah dirakit dengan bodi bus utama. hal ini akan sangat mempercepat produksi karena bisa dipastikan pembuatan komponen bus sebagian besar sudah standar.

BACA JUGA :  Harga Bus Jetliner High Decker

Body Filler adalah proses pendempulan bodi bsu agar lebih rata sebelum melalui proses pengecatan.

Body Panting adalah proses pengecatan bodi bis baik pengecatan dasar kemudian pewarnaan dan pembuatan livery serta finishing dengan clear dan perlindungan cat.

Body Trimming adalah proses finishing biasanya meliputi pemasangan interior termasuk plafond, ending plafond depan dan belakang, pemasangan karpet, kaca, ABS deck serta beberapa komponen lain seperti eletrik audio video dan beberapa lainnya.

Pre Delivery Inspection adalah proses pengecekan yang di lakukan oleh quality control meliputi pengecekan segala fungsi komponen, kualitas cat, pemasangan tiap komponen. eletrik dan yang paling utama adalah pengetesan kebocoran biasanya disebut rain test dimana bus dimasukan kedalam ruang untuk di semprot dan akan di cek secara visual apakah ada air yang masuk kedalam bus.

Repair Center dimana karoseri Rahayu Santosa melakukan perbaikan jika terdapat produk cacat atau bahkan produk bermasalah jika masih dalam masa garansi.

Office standarisasi dokumen dan juga sistem birokrasi serta after sales service merupakan hal paling utama sebagai penunjang kepuasan pelanggan bus dari karoseri Rahayu Santosa.

Standar produksi Rahayu Sentosa

Standar produksi Rahayu Santosa

BACA JUGA :  Generasi terbaru Skyliner 2016 Rahayu Sentosa
Produk standart karoseri Rahayu Santosa meliputi : Bis bus, medium bus, small bus dan micro bus.

Produk spesial karoseri Rahayu Santosa meliputi : Ambulance, mobil taman, bus toilet portable, bus caravan dan lain-lain.

Dan berikut ini daftar nama-nama bus produksi karoseri Rahayu Santosa:

  1. Jetliner
  2. Setra
  3. Millenium
  4. Concerto
  5. New Celcius
  6. Celcius
  7. Evo C
  8. Evo G
  9. Evo S
  10. Evo X
  11. Evolution
  12. Ecoline
  13. Tour Liner
  14. Skyliner 2012
  15. New Skyliner
  16. Viero
  17. New Viero
  18. Euroliner
  19. Aero Queen
  20. Jetliner (Double Decker)

Setiap produk karoseri Rahayu Santosa akan kami bahasa satu persatu agar lebih detail mengenal karoseri Rahayu Santosa lebih jauh lagi.

Dan untuk informasi lebih jauh mengenai alamat dan kontak karoseri Rahayu Santosa bsebagai berikut:

PT. RAHAYU SANTOSA
Jalan Raya Bogor Km.48, Nanggewer, Cibinong,
Bogor – Jawa Barat
Telp: 0811.115332

Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar dan jangan lupa berikan testimonial Anda.

Comments

comments