Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Bandung diam-diam sedang mengerjakan bus dengan rak sepeda yang mungkin saat ini masih asing bagi kita di Indonesia. Ya bus dengan rak sepeda di Indonesia memang belum pernah kita jumpai di Indonesia tapi sudah ada di beberapa negara lain.

Sebuah inovasi yang dibuat oleh tim Bandung dengan membuat prototype bus yang dimodifikasi bagian depan dengan menambahkan rak yang bertujuan untuk membawa sepeda. Diharapkan dengan prototype bus dengan rak sepeda ini masyarakat semakin mencintai untuk menggunakan sepeda dalam beraktivitas.

Berikut ini adalah foto prototype bus dengan rak sepeda yang kami dapatkan dari facebook Bapak Didik Ruswandi selaku Kadishub kota Bandung.

BACA JUGA :  SGLoverz, Sebuah Nama Dengan Banyak Cerita

Bus dengan rak Sepeda

Prototype Bus dengan rak Sepeda

Bus dengan rak Sepeda

Prototype Bus dengan rak Sepeda

Prototype bus dari karoseri Piala Mas ini dikerja di pool Pool Trans Metro Bandung dengan menambahkan rak sepeda pada bagian depan, jika kita lihat bus ini mampu membawa 2 unit sepeda.

Nah jika model inovasi ini terlah berhasil untuk di uji coba mungkin bisa menjadi contoh di kota-kota lain sebagai sarana kepada masyarakat yang lebih suka mengendarai sepeda untuk berkerja atau sekolah.

BACA JUGA :  Video Promosi Kesadaran Naik Bus Yang Keren

Hal baik ini sama seperti halnya bus listrik yang di kembangkan oleh universitas Indonesia yang merupakan inovasi yang berkerja sama dengan karoseri lokal di Indonesia.

Beberapa masukan yang perlu di perhatikan dalam pengembangan bus dengan rak sepeda ini adalah:

  1. Regulasi : Pastikan ada kejelasan regulasi dari pemerintah yang mengatur hal ini jangan sampai ide yang bagus ini terhambat karena sebuah regulasi yang belum jelas.
  2. Evaluasi  dan Study : Karena jika melihat dari model prototype yang dibuay posisi sepeda berada di depan, nah pastinya perlu dipertimbangkan kenapa harus di posisi depan, apakah dari segi keamanan tidak membahayakan pengendara lain di depan bus dan juga dari sisi driver apakah dapat mengontrol bus dengan baik. Karena dari beberapa model di luar negeri bus dengan rak sepeda diletakkan di belakang bus.
  3. Kemudahahan : Setiap bus membutuhkan perawatan, apakah dengan penambahan rak sepeda tidak mengganggu akses maintenance bus itu dan juga akses penumpang dalam menaik turunkan sepeda dari rak tersebut.
    BACA JUGA :  Mengapa Bus Sekolah Berwarna Kuning ?

Nah itu tadi sedikit informasi mengenai inovasi bus dengan rak sepeda, dengan banyaknya inovasi diharapkan masyarakat juga ikut serta mendukung program pemerintah.

Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan atau memiliki ide lain silahkan berkomentar pada kolom komentar. Terima Kasih.

Sumber : Didik Ruswandi