Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Inilah Keunggulan Setra S 531 DT Double Decker yang wajib Anda tau, karena Setra S531 DT ini merupakan produk dari Daimler Mercedes Benz yang menjadi andalah bersama produk lainnya seperti Travego dan juga Tourismo.

Sesuai dengan taglinenya bus terbaru Setra S531 DT ini “Maximum efficiency and variability, supreme comfort and the ultimate in safety”. Daimler menunjukan bahwa produk-produk terbaru mereka memiliki keunggulan dalam efisiensi, kenyamanan dan pastinya keamanan.

BACA JUGA :  Gila Foto Bus Sulawesi Bikin Viral

Nah berikut ini beberapa fitur yang ditawarkan dalam Keunggulan Setra S 531 DT :
  • Active Brake Assist 4 dan Sideguard Assist

Keunggulan Setra S 531 DT

Active Brake Assist 4 dan Sideguard Assist

Dua fitur ini adalah hal baru untuk menunjang keselamatan, jadi pada Setra S531 DT ini menggunakan teknologi lampu LED yang tahan lama dan baik di mata.

Dan selain itu Daimler memberikan standar keselamatan yang tinggi dengan di sematkannya sistem pengereman darurat yang di sebut dengan Active Brake Assist 4 (ABA 4). Jadi dengan sistem ini bus ini dapat melakukan pengereman full-stop maksimal sebagai respons terhadap benda-benda stasioner dan rintangan yang bergerak di depan kendaraan dan untuk saat ini bus ini memiliki keunggulan  dengan menggabungkan deteksi pejalan kaki dengan respons pengereman otomatis.

BACA JUGA :  Heboh ! Legacy SR 2 XHD Double Glass

  •  Aerodinamika yang luar biasa

Keunggulan Setra S 531 DT

Bentuk aerodinamis untuk penghematan bahan bakar.

Keunggulan Setra S 531 DT lainnya adalah setiap bentuk bus ini dirancang memiliki aerodinamika yang optimal dari depan ke belakang. Di bagian depan, kaca depan memiliki kelengkungan yang menonjol dan jari-jari tepi yang besar sehingga memungkinkan udara mengalir di sekitar kendaraan, sementara di rel bagian belakang dan tepi pelepasan aliran udara mengarahkan aliran udara secara terkontrol.

Bus terbaru Setra ini dirancang oleh para insinyur pembangunan yang telah memperhatikan setiap detail. Hal ini dapat dilihat pada wiper kaca depan pada dek bagian atas yang bersifat vertikal dalam posisi diam, fitur ini diadopsi dari motorsport. Dengan model ini maka akan menghasilkan koefisien hambatan Cd = 0,35 sebagai tolok ukur baru untuk segmen ini.

BACA JUGA :  Bus Terbaru Infinity HD Deluxe

Mengapa aerodinamika sangat penting ? Hal ini dikarenakan dengan perancangan aerodinamika yang baik maka memberikan dasar untuk memecahkan rekor konsumsi bahan bakar yang lebih baik.
Jadi keunggulan Setra S 531 DT memiliki desain bentuk bodi yang aerodinamis sehingga mampu menghemat bahan bakar turun sekitar tujuh sampai sepuluh persen dibandingkan dengan model pendahulunya, sesuai dengan jenis penggunaannya.

  • Bervariasi

Keunggulan Setra S 531 DT

Konfigurasi yang fleksibel

Keunggulan Setra S 531 DT lainnya adalah ditawarkannya satu bus dengan banyak variasi, misalnya untuk bus wisata, bus reguler AKAP untuk melayanani perjalanan jarak jauh, bus bistro yang trendi, dan juga bus-bus jalur antar kota.
Pada bagian dek bawah ini sangat bervariasi dan fleksibel, konstruksi yang benar-benar baru, platform pada lantai dasar bus ini dapat disesuaikan mengikuti permintaan pelanggan.

Bukan hanya itu saja pilihan yang ditawarkan pun bervariasi antara lain: tersedia untuk akses kursi roda, instalasi untuk bus bistro sehingga dapat disesuaikan jika penumpang menginginkan model tersebut, tanpa platform sehingga dapat dibuka untuk kereta bayi, atau ingin tambahan platform dapat disesuaikan, tempat duduk klasik untuk keperluan tur. Beberapa variasi dapat juga diterapkan diarea kokpit dimana operator dapat memilih model seperti kokpit Setra comfort class atau ingin model kokpit Topclass.

BACA JUGA :  Mengenal Kode Bus SCANIA Seri K

  • Interior cerah, Tangga yang nyaman dan aman, Kamar kecil Inovatif.

Keunggulan Setra S 531 DT

Interior modern dan mewah

Keunggulan Setra S 531 DT lainnya adalah konsep interior yang terang, dengan banyak cahaya dan desain yang modern, selain itu interior dari Setra yang baru ini memberikan kesan luas.  Desain tangga yang menghubungkan dek bawah dan atas terlihat menggoda. Sedangkan di bagian luar, terlihat panel yang terbuat dari plastik akrilik tembus pandang di bagian dalamnya. Pada tangga dilengkapi pencahayaan pada setiap anak tangga yang merata, pegangan tangan yang menyambung memberi penumpang rasa aman saat naik dan turun tangga.

Kamar kecil dengan desain yang benar-benar baru juga menjadi perhatian. Instalasinya diatur secara diagonal sehingga memaksimalkan penggunaan ruang yang tersedia. Bagian atap berwarna putih yang berkilauan dari perabotan serta pencahayaan LED yang mengagumkan yang mengingatkan kita seperti pada kamar mandi modern.

  • Heaven-scent

Keunggulan Setra S 531 DT

Pengharum ruangan seperti Mercedes Benz S Class.

Hal terbaru yang mungkin belum ada di bus Indonesia adalah tambahan sistem penyemprotan pengharum ruangan, dengan aroma menyenangkan seperti di dalam kapal Setra. Sistem pengharum ruangan ini berkerja ketika kunci kontak dihidupkan dan pintu dibuka, atau bila pintu dibiarkan terbuka, maka generator pengharum secara otomatis mengeluarkan aroma yang tersembunyi dan tidak mengganggu namun sangat menyenangkan.
Dengan sistem ini maka suasana dan aura segar dapat dinikmati penumpang bus karena pengharum yang semprotkan tidak mencolok / menyengat melainkan beraroma lembut untuk menyambut para tamu di kapal dan mendorong mereka untuk merasa nyaman.
Komponen utama sistem ini diambil dari Mercedes-Benz S-Class dan ada enam wewangian yang bisa dipilih, mulai dari yang fresh dan sporty hingga aroma yang lebih berat.

  • Penampilannya modern dan berbeda

Keunggulan Setra S 531 DT

Tampilan depan Setra terbaru

Kita ketahui Setra sudah menjadi sebuah bus yang memiliki desain melegenda, hal ini di buktikan banyak karoseri lokal di Indonesia mengadopsi model dari Daimler Setra dan saat ini pun eksistensi desain setra ini masih menjadi yang terbaik. Salah satu contoh produk karoseri Adi Putro Jetbus SHD dan SDD pun mengadopsi model Setra Daimler ini.

Setra S 531 DT memiliki tampilan yang modern dan berbeda, mulai dari wajah yang terdapat panel yang gelap dan terdapat lapisan perak merk Setra TopClass 500. Nah sebagai fitur baru, dua kaca depan digabungkan dengan mulus dan disusun dengan sebuah bar aluminium sebagai pemisah. Jadi model setra tidak memiliki topi seperti pada model-model bus di Indonesia yang mengadopsi model Bar pemisah dua kaca dari Paradiso buatan karoseri Marcopolo Brazil.
Pada dinding samping, para perancang telah menyesuaikan ciri khas strip aluminium “La Linea” yang kita kenal dengan selendang/garnis, dimana model selendang versi sebelumnya sudah terkenal secara luas karena bentuk almunium yang membentang secara horisontal di sepanjang tepi atap sudah melekat diingatan kita. Tapi kali ini model terbaru Setra S 531 DT memiliki model bar baru berbahan almunium dengan merk SETRA di ujung depan membentang mengikuti garis kaca dan berakhir pada bagian belakang mengikuti garis tangga.
Untuk panel dek atas sekarang tampak melayang seperti sebuah pulau di atas kaca. Di bawahnya, lencana aluminium di atas lengkungan roda depan memberikan jeda di rel pinggang pada dek bagian bawah.

BACA JUGA :  Galeri Foto Bus New Travego 2016

Keunggulan Setra S 531 DT

Tampilan belakang Setra S 531 DT

Sirip samping pada tepi terdapat jalur aliran udara dan lampu belakang di adopsi dari Setra seri 500 membingkai bagian belakang bus. untuk model bus tingkat terdapat dua lubang ventilasi mesin yang disatukan. Pada bagian belakang bus terdapat grill berwarna hitam yang merupakan sistem pengkondisian udara ke atas yang dibuat secara terintegrasi.

Tidak kalah penting emblem berlapis krom bertuliskan TopClass 500 terkesan elegan terletak dibawah jendela belakang dan pastinya memberikan sentuhan akhir yang sempurna untuk bus Setra yang spektakuler ini.

Berikut ini cuplikan videonya:

Nah magaimana menurut Anda dengan bus terbaru dari Daimler ini, semoga informasi mengenai keunggulan Setra S 531 DT ini bisa menjadi referensi karoseri di Indonesia. Jika ada tambahan atau pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.
Sumber : Daimler

Comments

comments