Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.comKaroseri Rahayu Sentosa merupakan salah satu karoseri besar di Indonesia yang bermarkas di Bogor, Jawa Barat dan kini juga menghadirkan sebuah penyegaran pada bus kelas premiumnya yaitu Skyliner yang saat ini sudah melalui perombakan yang ketiga kalinya dari versi perdananya pada ajangan pameran IIBT beberapa tahun lalu.

Dengan adanya Skyliner generasi ke tiga ini di harapkan karoseri Rahayu Sentosa dapat bersaing dengan karoseri lain yang juga baru saja merilis produk terbarunya seperti karoseri Laksana dengan Maxibus dan New Nucleus, karoseri New Armada  dengan bus terbarunya Evolander dan bus double decker Highlander, new Tourismo karoseri Morodadi Prima dan juga Invinity dari karoseri Tri Sakti. Nah untuk lebih jelasnya apa saja yang menjadi keunggulan dari bus terbaru Skyliner karoseri Rahayu Sentosa mari kita lihat lebih detail.

Komparasi Skyliner RS

Komparasi Skyliner RS

Perubahan eksterior pada Skyliner generasi terbaru ini nampak dari tampilan depannya dimana terlihat desain muka new skyliner lebih sederhana dari pada versi Skyliner terdahulu.

New Skyliner karoseri Rahayu Sentosa

New Skyliner karoseri Rahayu Sentosa

Coba bandingkan bagian depan new Skyliner  nampak tidak memiliki lekukan / embos pada bagian dibawah kaca, sedang old Skyliner terdapat sebuah embos kedalam yang menyesuaikan bentuknya segitiga seperti ujung panah yang selaras dengan asesoris chrome di antara headlamp. Tetapi pada new Skyliner chrome berbentuk segitiga di rubah menjadi garis melengkung lebih lebar yang menghubungkan kedua buah headlamp. 

Perubahan lainnya dari Skyliner karoseri Rahayu Sentosa terletak pada bemper depan, dimana bentuk yang berubah dari versi awal bus ini di luncurkan. Pada bemper versi old Skyliner garis desain mengikuti lekukan headlamp dari sisi tengah kesamping kemudian naik mengikuti pinggir lampu dan bertemu di garis kaca depan. Berbeda dengan desain bemper new Skyliner dimana garis desain berhenti hingga garis ujung atas headlamp.

BACA JUGA :  Harga Bus Pariwisata Makassar

Begitu pula pada desain foglamp old Skyliner dibuat semacam rumah lampu yang mengikuti headlamp dengan desain meruncing berbeda dengan new Skyliner dibuat lebih kotak dengan sisi radius pada sudutnya kemudian ditambah dengan garis chrome yang memberikan kesan mewah dan elegan.

Hal paling menyolok pada pemilihan headlamp yang masih sama tetapi nampak lampu new Skyliner ditambahakan LED pada sisi atas mengikuti bentuk lampunya ini merupakan nilai jual yang baik karena memang saat ini banyak model-model bus terbaru menggunakan model lampu dengan tambahan LED.

Skyliner Rahayu Sentosa 1st Gen

Old Skyliner karoseri Rahayu Sentosa

Perubahan lainnya dari new Skyliner karoseri Rahayu Sentosa adalah pada sisi samping, dimana pilar selendang old Skyliner terlihat maju kedepan dekat dengan pilar B dengan garis yang tegas dari side roof turun kebawah secara menyudut dengan kamuflase cat warna hitam yang menjadi satu dengan kaca pintu depan sehingga terlihat ruang depan lebih kecil dan juga pada ujuang selendang terdapat tambahan yang terletak di atas pintu depan.

Selendang new Skyliner dirubah dengan menambahkan list crome pada selendang yang dimulai dari side roof yang turun lebih smooth kemudian menuju pintu dan berkahir pada garis grill dibawah kaca depan. Penambahan list chrome ini membuat kesan Skyliner benar-benar lebih mewah dan terlihat posisi selendang lebih mundur kebelakang sehingga terlihat sideroof bagian belakang terletak sejajar dengan pintu belakang pilar bagian belakang yang sebelumnya sejajar dengan pintu belakang pilar bagian depan.

Dan perubahan lain dari new Skyliner adalag pada kisi-kisi ventilasi udara dari ruang mesin dibuat semakin sederhana yaitu dengan garis-garis kotak menggunakan puch turret dan terlihat polos tanpa adanya bending dan  aksen berbahan plastik dilengkapi dengan lampu sein. 

New Skyliner Rahayu Sentosa

New Skyliner Rahayu Sentosa (pic: id-autobus.blogspot.com)

Pada sisi bagian belakang new Skyliner karoseri Rahayu Sentosa nampak masih mempertahan kan aksen chrome bertuliskan Skyliner tetapi yang menjadi perbedaan adalah pada lubang sirkulasi udara dari ruang mesin yang awalnya lebih tegas terlihat gap garis yang terhubung dengan kaca belakang kini dihilangkan dan lubang garis sirkulasi dibuat lebih kecil. Begitu juga desain kap mesin dibuat pola segitiga yang awalnya terdapat garis yang meruncing kebawah tetapi pada new Skyliner segitiga meruncing ke atas dan dibuat lebih sederhana.

BACA JUGA :  Spesifikasi Chassis Mercedes Benz O 500 RSDD 2741 8x2

Sisi lain yang mendapat perubahan pada lampu penanda bagian bawah yang awalnya model lampu yang digunakan lebih kecil dan kini new Skyliner mengganti model lampunya dengan yang lebih besar begitu juga desain bemper belakang juga berbeda nampak sisi bawah bemper old skyliner dibuat melengkung kebawah dan posisi plat nomor diletakan pada kap mesin berbeda pada new Skyliner bentuk bemper belakang dibuat dengan desain embos kedalam dan terdapat juga rumah plat nomor.

Old Skyliner Rahayu Sentosa

Old Skyliner Rahayu Sentosa

Nah mungkin Anda tertarik untuk membaca juga Spesifikasi Evolander dan juga New Artisto  sebagai bahan referensi sebelum melanjutkan ke dalam pembahasan interior new Skyliner.

Lanjut kembali pada sisi Interior new Skyliner yang menjadi perbedaan dari versi perdanya adalah pada plafond dan bagian langit-langit skyliner.

New Skyliner Garuda Mas

Interior New Skyliner Rahayu Sentosa

Dari pengamatan ayonaikbis.com perbedaan yang terjadi pada Interior new Skyliner terutama pada sisi langit-langit memang nampak new Skyliner makin lega atau makin luas bagian langit-langitnya tetapi dari sisi lain ada beberapa komponen yang di downgrade antar lain adalah yang paling pokok adalah bagasi penumpang dimana versi bagasi penumpang old Skyliner menggunakan penutup dan lebih lebar sehingga bisa membawa barang bawaan lebih banyak, tetapi bagasi penumpang new Skyliner menggunakan model standar tanpa penutup dan lebih sempit hal ini dapat dilihat dari luasan plafond yang makin melebar.

Interior Old skyliner Rahayu Sentosa

Interior Old Skyliner Rahayu Sentosa

Dan berikut ini adalah beberapa komponen interior yang diperbaharui oleh karoseri Rahayu Sentosa pada new Skyliner.

Interior new Skyliner terdapat perubahan dari mulai dari dashboard yang di poles dengan panel kayu sehingga memberikan kesan elegan dan mewah karena sebelumnya hanya dibungkus dengan bahan vinil meskipun untuk desain dashboard new Skyliner masih sama hanya polesan finishing saja. Begitu juga dengan desain interior New Skyliner nampak banyak perubahan pada finishing dengan lapisan panel kayu.

BACA JUGA :  Iveco Magelys Dinobatkan Sebagai Coach Of The Year 2016

Kesimpulan :

Dari pengamatan ayonaikbis.com mengenai bus terbaru new Skyliner 2016 karoseri Rahayu Sentosa menurut kami ada sisi yang diperbaiki ada juga sisi yang justru di downgrade.

Desain new Skyliner : Simple tidak banyak garis.

  • Selendang dan asesoris dibalut finishing chrome merupakan keunggulannya. Begitu pula pada foglamp.
  • Penambahan finishing wood panel pada interior memberikan kesan mewah dan bernilai jual tinggi.
  • Headlamp dengan LED neon mengikuti trend model lampu bus saat ini terlihat lebih elegan.

Beberapa kekurangan new Skyliner.

  • Downgrade pada kisi-kisi ventilasi udara, dilihat dari proses pembuatan hanya menggunakan plat yang dilubangi dengan puch turret tanpa ada proses bending dan tidak menggunakan asesoris berbahan plastik yang sebelumnya digunakan pada old Skyliner.
  • Downgrade model bagasi penumpang yang lebih sempit dan tanpa penutup.

Nah itulah beberapa pengamatan ayonaikbis.com yang merupakan pengamatan sekilas dan tidak bisa menjadi bahan acuan karena secara keseluruhan produk dari karoseri Rahayu Sentosa bisa dibilang layak untuk menjadi pilihan dan ayonaikbis.com sangat merekomendasikan jika perusahaan otobus ingin menambah armadanya.

Lalu apa pendapat Anda ? apakah new Skyliner lebih baik dari old Skyliner ?

Jika artikel ini bermanfaat silahkan untuk dibagikan, berikan Like dan sempatkan untuk mengikuti voting bus terbaik 2016.

Sumber :

FP Rahayu Sentosa

Davyn Mulyadi

Comments

comments