Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Perkembangan bus di Indonesia saat ini semakin baik dan modern. Berbagai karoseri terus berupaya mengembangkan teknologi modern dalam perakitan bus.  Beberapa type bus yang mengusung desain baru banyak bermunculan demi menarik minat para penumpang dan yang menjadi trend saat ini adalah model bus-bus highdeck atau berlantai tinggi. Dan kali ini saya mencoba memberikan sentuhan baru dalam desain bus di Indonesia. Desain bus yang akan saya bagikan ini merupakan desain original saya, dimana desain ini mengusung kenyamanan baru dalam perjalanan wisata di indonesia, dengan desain bus yang futuristik.

Desain bus  Ini saya namai  sebagai generasi S-Pro Bus. Generasi S-Pro ini merupakan sebuah konsep bus masa depan yang mengusung kenyamanan dalam perjalanan menggunakan bus sebagai angkutan darat. Dengan dibekali desain yang mewah dan elegan, maka bus masa depan ini diharapkan akan mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para pecinta moda angkutan bus. Selain itu, dengan mengusung teknologi yang modern dan canggih, bus yang dirakit di atas mesin scania ini akan menjadikan perjalanan semakin nyaman dan aman.

Konsep bus generasi S-Pro ini berasal dari sebuah ide/gagasan penulis untuk menciptakan sebuah bus masa depan. Sesuai dengan nama bus ini S-Pro memberikan arti bahwa bus ini mengusung 2 hal penting yaitu  Smart and safety.

S-Pro_Bus_1

Dan berikut ini ulasan mengenai desain bus generasi S-Pro :

Bus ini merupakan bus dengan deck yang tinggi (high deck) untuk menunjang perjalanan darat. Dimana dengan deck yang tinggi ini memberikan dua keunggulan yaitu (1) view point yang luas bagi para penumpang dan (2) kapasitas bagasi yang ekstra besar untuk menunjang penyimpanan barang dengan ukuran sangat besar.

S-Pro_Bus_2

Untuk asesoris pada generasi bus S-Pro ini, di desain dengan tampilam yang elegan dan futuristik. Seperti Headlamp bus yang berbentuk seperi sorotan mata yang tajam dengan tegnologi Matrix LED Light. Matrix LED Light adalah perkembangan selanjutnya dari lampu LED. Dikembangkan oleh Opel, lampu LED ini diklaim tidak menyilaukan mata pengemudi lain yang berpapasan meskipun disetel dengan high beam (sorotan jauh). Headlamp bus ini terinspirasi dari bentuk dan sorotan mata Citah/seekor kucing besar sebagai pelari yang cepat dan tangguh. Dengan bentuk headlamp seperti ini memberikan kesan sebuah bus yang tangguh dan pelari yang cepat. Sementara itu untuk foglamp merupakan pengembangam dari bus-bus yang telah ada dengan sedikit perubahan dan sentuhan ornament chrome.

Pada bagian depan bus, kaca depan dibagi menjadi dua bagian atas dan bawah. Pemotongan kaca menjadi dua bagian ini di tujukan untuk memberikan perbedaan view diantara penumpang dan pengemudi. Pada kaca bagian bawah sebagai pandangan driver saat mengemudi, sementara pada bagian atas merupakan view point penumpang untuk mengakses panorama.

S-Pro_Bus_3

Jika dilihat dari samping maka pada desain bus ini, tidak terdapat sebuah selendang layaknya Legacy atau travego/Setra. Namun kaca bagian samping bus ini di belah vertikal keatas dan sedikit condong ke belakang. Pemotongan ini untuk membarikan perbedaan antata bagian depan bus (head) dan tubuh bus. Selain itu pemotongan ini sebagai pengganti selendang bus untuk memberikan kesan yang elegan.
Pada bagian samping  bus ini baik sisi kanan atau kiri terdapat 3 buah bagasi dengan ukuran ekstra besar. Hanya saja pada bagian kiri terdapat dua buah pintu sebagai akses keluar masuk penumpang, driver dan crew. Pintu pertama berada di bagian depan, sementara pintu kedua berada di bagian tengah diantara bagasi.

S-Pro_Bus_4

Berlanjut pada bagian belakang bus ini, disematkan dua buah stoplamp di kanan dan kiri, dengan teknologi LED. Diantara dua stoplam ini juga dihubungkan stoplamp yang melintang horizontal, seperti stoplamp pada jetbus 2 ataupun discovery. Sementara rearlamp disematkan di bawah dua stoplamp dengan bentuk seperti rearlamp  jetbus series. Sebagai ventilasi udara untuk mesin bus, terdapat kisi-kisi udara dengan ukuran yang cukup besar. Kisi-kisi udara ini berada di atas kap mesin dengam jumlah dua buah. Pada bagian bus generasi S-Pro ini juga di tanam 6 sensor parkir dan dua kamera untuk memudahkam driver saat parkir ataupun untuk berputar balik.

Memasuki bagian interior bus, pada generasi S-Pro bus ini mengusung teknologi modern, dengan berbagai vitur yang memadai untuk menunjang aktivitas penumpang dan driver. Pada bagian interior terdapat lcd tv, sound system (musik) dan toilet. Sementara seat penumpang juga di desain dengan elegan dengam fitur yang modern. Kapasitas penumpang menyesuaikan kelas, mulai kapasitas 30 seat, 40 sead dan 50 seat

Dan Berikut ini Beberapa Gambar desain Bus Generasi S-Pro dengan Berbagai Livery:

This slideshow requires JavaScript.

Nah itu tadi review mengenai Desain bus S-Pro Bus silahkan berikan kritik dan sarannya pada kolom komentar dan sebaiknya Anda juga membaca artikel mengenai Ayo Naik Bis. Apa bila artikel ini menarik dan bermanfaat jangan lupa untuk dibagikan.

Comments

comments