Kaos JamNas Bismania

Helo, kali ini saya akan memperkenalkan desain pertama saya di website Ayonaikbis.com dengan nama bus N-series, desain bus dibuat menggunakan software adobe photoshop.

Oke, Bus N-series adalah concept bus yang saya buat dengan perpaduan aksen aksesoris bus pada umumnya. Dengan mengedepankan desain yang berbeda namun aksesoris tetap sama. N-series kali ini dibuat dengan tampilan segala sisi, jadi bisa dilihat dari berbagai sisi.

N series berarti New / Novo Series / series baru, dan N-series ini akan saya padukan dengan karoseri ternama yaitu Karoseri Laksana. Karena penulis menggunakan aksesoris dari laksana discovery dan bus lainnya seperti headlamp dan pilarnya mirip seperti legacy karoseri Laksana. Desain ini masih menggunakan lampu bus yang ada pada umumnya dikarenakan harga cetak lampu lumayan mahal karen desain dibuat lebih elegan dan  fresh.

Desain bus ini bisa dibilang Unofficial karoseri Laksana N-series melainkan hasil dari ide dan kreatifitas penumpang bus yang dituangkan kedalam bentuk digital. Desain bus Laksana N ini mempunyai dimensi panjang sekitar 12 meter dengan tinggi sekitar 3.7 meter.

Desain bus laksana N mengusung konsep bus high deck dan desain bus laksana N dapat digunakan untuk kebutuhan bus AKAP dan pariwisata dengan jarak tempuh yang jauh. Latar belakang pembuatan bus Laksana N series adalah karena desainer melihat beberapa bus yang ada memiliki model desain headlamp yang sama, oleh karena itu Laksana N-series didesain untuk menambah varian model bus yang ada di Indonesia agar lebih bervariasi. Berikut ini desain bus N-Series mencakup penambahan  body kit dan full press body agar memberikan kesan elegan dan memiliki gaya baru pada bus Indonesia. Dengan menambahkan segala aspek inovasi bentuk desain bus yang lebih fungsional serta memberikan keamanan tambahan pada bus Laksana N. Beberapa model chassis yang dapat diaplikasikan pada model bus N-series adalah chasis Mercedes Benz, Volvo, Scania, Man, dan Volkswagen dan model desain bus ini bisa disesuaikan untuk bus bermesin depan.

penampil depan desai bus N-series Laksana

penampil depan

Dari tampilan depan Laksana N, desainer terinsprasi dari model bus laksana Discovery, seperti headlamp dengan paduan foglamp ala Jetbus Adi Putro, namun ada sesuatu yang berbeda dari LED pada headlamp dimana LED pada headlamp dikostume membentuk simbol ><. Dan juga pada tampilan depan desainer menambahkan aksen lekukan dan body yang berbeda yaitu membentuk garis lengkungan seperti simbol “ ) ( “ sampai pada bagian bawah dan pada bagian bawah bus terdapat lubang angin yang melintang sebagai sirkulasi udara untuk bus bermesin depan begitu juga pada bagian depan dapat kita jumpai sirkulasi udara lainnya yang terlentang secara horizontal tepat dibawah rumah wiper dan dua lubang lainnya tepat dibawah headlamp. Jadi bus Laksana N bisa dapat disesuaikan untuk penggunaan bus bermesin depan karena kisi-kisi sirkulasi udara sangat maksimal dan dibuat agar mesin tidak mudah panas atau overheat.

Untuk model kaca depan pada laksana N dibuat sedikit lebih panjang agar dapat menampung tiga buah wiper dalam satu kaca. Pemberian tiga wiper ini karena desainer sering mengamati bus pada umumnya bila saat kondisi hujan, air tidak mampu disapu bersih oleh wiper sehingga pandangan driver kespion kiri sedikit buram, hal ini dikarenakan air mengalir dari atas kaca yang tidak tersapu bersih oleh wiper oleh karena itu sistem tiga wiper dalam satu kaca diterapkan pada laksana N ini. begitu juga model spion desainer terinsrasi dari spion VDL jonckhere.

penampil belakang

penampil belakang

Beralih pada bagian belakang dapat kita jumpai model lampu belakang bus seperti pada bus umumnya, dimana lampu belakang bus ini terinspirasi dari Jetbus 2 milik karoseri Adi Putro, namun pada lampu bagian belakang bus ini tidak dilengkapi reflector. Dan untuk model kap mesin garis desain dibuat simpel seperti model pada bus comil yang baru.

BACA JUGA :  Desain Unofficial Laksana Dlight Double Decker

Sirkulasi udara untuk mesin belakang cukup maksimal dikarenakan terdapat empat kisi- kisi melintang pada kap mesin dan dua kisi vertikal di bagian kanan kiri dekat lampu belakang. Pada kaca bagian belakang Laksana N menggunakan kaca 50%, sehingga kaca ini dapat berikan livery atau pun ditempel contact Perusahaan Otobus. Dan untuk desain kaca belakang dibuat sedikit masuk kedalam dengan tujuan memberikan kesan elegan sehingga nampak berbeda dari bus pada umumnya. Kemudian tepat dibawah kaca, terdapat dua buah stoplamp dengan bentuk yang futuristik yang memberikan kesan sporty pada bagian belakang bus Laksana N.

penampil sisi samping Laksana N series

penampil sisi samping

penampil samping kanan

penampil samping kanan

Pada bagian samping laksana N disuguhkan dengan model pilar seperti Legacy Sky karoseri Laksana, akan tetapi desainer sebenarnya terinspirasi dari model bus Nogebus, termasuk pilar chrome pada bagian samping belakang dimana kedua pilar tersebut disainer sematkan aksen chrome sehingga terlihat lebih mewah. Sedangkan untuk pintu belakang dibuat dengan sistem pintu kolong seperti model bus pada umumnya. Kisi-kisi pada bagian samping juga dibuat kostum oleh desainer dimana setiap sudut dibuat tumpul mengikuti pilar yang ada pada bagian samping belakang.

BACA JUGA :  Desain Bus Laksana LDS

Desain bus Laksana N memiliki dua tipe interior yaitu, layout Luxury dan superlux dimana untuk tipe luxury menggunakan 40 seat penumpang 2-2 dengan tambahan fitur toilet, cool box, dan juga terdapat ruang smooking room, dua monitor tv yang terdapat pada atap plafond bus dilengkapi alat keselamatan empat buah APAR yang terletak berdekatan dengan akses pintu. Pada bagian dasboard Laksana N luxury dibuat sangat lega sehingga dari bagian kabin driver mendapat jarak pandang yang lebih leluasa.

spek dan interior laksana iN

Konfigurasi seat Laksana N-series

Kemudian untuk layout superlux jumlah seat tetap sama dengan luxury yaitu 40 seat, namun untuk tipe superlux terdapat meja makan yang saling berhadapan dan terdapat layar monitor pada setiap meja makan. Selain itu tedapat dua mini pantry yang terletak ditengah seat. Mini pantry ini dapat digunakan sebagai tempat dispenser, kulkas mini, tempat sampah dll.  Kemudian smoking room, APAR dan toilet juga tersedia untuk tipe superlux. Tetapi ada perbedaan pada bagian cabin yang dibuat lebih luas dari tipe luxury dan seat penumpang tapat dibelakang driver dibuat sedikit mundur. Karena hal ini bertujuan agar driver tetap nyaman saat mengemudikan bus dalam perjalanan.

BACA JUGA :  Evonext Gen3 Design New Armada

Berikut beberapa display pada laksana N series.

Laksana N livery 1

Bus Laksana N livery 1

 

Bus Laksana N livery 2

Laksana N Livery 2

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai desain bus Laksana N-series semoga bisa menjadi bus terbaik dan bermanfaat dan memberikan inspirasi dan jika ada kritik dan saran silahkan berikan pada kolom komentar, dan jika artikel ini bermanfaat silakah berikan G+ atau share ke media sosial twitter atau facebook. Terima kasih.

Tentang penulis :

Devry segee

Blog

Facebook

pin 544deede

Comments

comments