Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Bus baru bermunculan di Indonesia kini ini saya mengkonsepkan sebuah desain bus yang tak lain generasi baru dari desain saya yang sebelumnya yaitu desain bus laksana N series. Desain bus Laksana LDS Ini adalah desain unofficial karoseri laksana, dan merupakan konsep, ide dan imajinasi seorang pecinta bus dan penumpang bus.

Pada generasi desain bus yang sekarang , saya akan merubah pada bentuk utamanya, model deck dan tentunya dimensi yang berbeda. Namun kali ini aksesoris seperti headlamp dan rearlamp masih menggunakan aksesori yang sama dengan model legacy sky karoseri laksana yang biasa disebut model eagle eyes untuk headlampnya. Secara konsep model yang digunakan adalah Legacy Sky SR-1 karoseri laksana yang saya desain ulang menjadi bentuk bodi yang baru. Dan kali ini pertama kalinya saya akan mendesain ulang bus dengan body Low drive.

Nah jadi bagaimana bus legacy sky  buatan karoseri laksana yang mengusung body HD (High Deck) dan kini  saya rubah  dengan menerapkan body low drive ? mari simak penjelasannya.

Desain low drive laksana ini saya beri nama Laksana LDS (Low Drive Segee) dan  sebelum kita membahas tentang desain bus Laksana LDS maka sebaiknya saya jelaskan dahulu apa itu Low Drive ?

Baca juga : Bus Listrik Universitas Indonesia dan Cara kerja Bluetec

Low Drive adalah bus yang memiliki tinggi kurang lebih 4 meter dengan kabin driver dibuat rendah untuk memberikan pandangan dan kenyaman bagi pengemudi, serta memberikan akses pandangan panorama bagi penumpang sehingga penumpang bisa lebih leluasa melihat pemandangan kedepan tanpa terhalang oleh pengemudi. Dan untuk bus Laksana LDS ini sangat cocok diperuntukan bagi bus AKAP  dan bus pariwisata, Fitur unggulan dari Laksana LDS adalah kapasitas bagasi  yang besar seperti model bus bus HD (High Deck) dan SHD (Super High Deck).

BACA JUGA :  Desain Bus Terbaru Magnum

Kata “Low Drive” sendiri adalah sebuah penamaan yang diambil dari bus marcopolo paradiso LD 1600, dan seiring perkembangan zaman banyak perusahaan pembuat bodi bus-bus terbaik 2016 yang mengikuti model bus low drive, diantaranya adalah Comil Campione HD, Ayats Bravo 2 dan lain-lain.

depan

Experimental design by Dev Segee

Desain bus Laksana LDS mengusung body low drive, memiliki dimensi tinggi total 4000 mm, lebar 2550 mm dan panjang kurang lebih 14000 mm. Desain bus Laksana LDS dibuat betujuan untuk memanjakan penumpang agar dapat melihat pemandangan dengan lebih leluasa dengan mengutamakan kenyamanan dan keselamatan yang merupakan faktor penting dari sebuah bus yang saat ini banyak fitur-fitur keselamatan dalam bus terbaru yang menjadikan rasa nyaman bari penumpang. Selain dari pada itu dengan adanya desain bus Laksana LDS diharapkan dapat memberikan varian baru bus-bus yang ada di Indonesia.

Desain bus Laksana LDS mengusung konsep futuristik dan streamline desain, sehingga aman pada saat bus melaju dengan kecepatan tinggi dan nampak terlihat pada bagian depan bus, kaca depan bagian atas dibuat sedikit menunduk agar lebih aerodinamis dan selain dari pada itu pada bagian depan bus terdapat pemisah kaca atas dan kaca bawah yang menggunakan stainless steel dimana stailess steel memberikan kesan elegan dan mewah.

Sisi depan juga disematkan lampu LED dan empat buah titik sensor rem otomatis, posisi lampu LED terletak dibawah headlamp untuk memberikan kesan yang lebih berani dari pendahulunya Laksana Legacy Sky yang menggunakan headlamp yang sama model eagle eyes.

samping

Experimental design by Dev Segee

Pada bagian samping bus Laksana LDS, terdapat ciri khas selendang dari karoseri laksana legacy sky namun ukuran selendangnya dibuat lebih besar dan pada sisi ujuang bawah terdapat aksesori lampu seperti model Legacy Sky juga penambahan lampu pada bagian atas selendang. Kemudian pada bagian bawah selendang terdapat lekukan body yang dibuat embos yang mengikuti alur dari pilar sendiri agar terlihat lebh tegas.

BACA JUGA :  Foto Irizar i8 Integral

Baca Juga : Profil Karoseri Rahayu Sentosa, Karoseri Tri sakti dan Bus Terbaru New Skyliner 2016

Dibagian samping bus akan kita jumpai empat bagasi dengan kapasitas sangat besar yang dapat guna membawa barang-barang lebih banyak. Terdapat pula pintu belakang yang didesain bukan untuk naik turun penumpang, melainkan sebagai akses maintenance mesin dan mengambil barang bawaan yang tidak bisa dijangkau dari samping. Pada sisi kisi-kisi engine dibuat lebih banyak dan lebih besar agar udara panas dari dalam ruang mesin dapat dikeluarkan dengan maksimal sehingga membuat ruang mesin cepat dingin.

blkg

Experimental design by Dev Segee

Lanjut pada bagian belakang bus Laksana LDS akan kita jumpai kisi-kisi udara yang sangat besar juga, posisi kisi-kisi udara terdapat diatas kap mesin dengan model sedikit meruncing perspektif turun ke bawah agar terkesan sporty pada sisi bagian belakang. Dan diantara kisi-kisi udara disematkan dua buah stop lamp dengan bentuk memanjang, model lampu ini seperti reflector pada rearlamp Jetbus 2 karoseri Adi Putro. Untuk rearlamp Laksana LDS masih menggunakan rearlamp standar legacy Sky yaitu legacy light. Dan untuk keselamatan pada bagian belakang disematkan dua buah kamera untuk melihat situasi sekitar bus dan sensor mundur yang berguna untuk memarkirkan bus dengan panjang 14000 mm. Sisi bemper disematkan dua buah muffler agar memberikan kesan sporty.

interior

experimental design by Dev Segee

Lanjut pada layout Laksana LDS, pada lantai bawah tidak ada seat untuk penumpang karena lantai bawah digunakan untuk aktifitas driver dan crew. Jadi pada lantai bawah hanya terdapat tempat tidur supir atau kru ketika bus sedang beristirahat kemudian terdapat sebuah mini pantry yang digunakan untuk menempatkan dispenser, coffee maker dan perangkat lainnya.

BACA JUGA :  Generasi S-Pro Bus

Pada bagian lantai atas terdapat dua mini pantry agar penumpang tidak jauh-jauh untuk mengambil soft drink dan posisinya terletak dekat dengan tangga. Disisi belakang tersedia tiga buah TV sebagai hiburan dengan masing-masing ukuran 32 inch dan juga sebuah toilet.

Dan berikut ini adalah desain bus Laksana LDS dengan berbagai livery :

This slideshow requires JavaScript.

Berikut ini adalah spesifikasi bus Laksana LDS:

Overall Dimension Approx

  • Length 13.000-15.000mm
  • Width 2.550 mm
  • Height 4.000 mm

Chassis Available

  • Mercedes Benz O 500 RSD 6×2
  • Mercedes Benz O 400 RSD 6×2
  • Mercedes Benz O 500 RSDD 8×2
  • Volvo B450R 6×2
  • Scania K400ib 6×2

Capacity

  • 13.000 mm 40 Seat + 1 Driver + 1 Co driver ( Optional )

Nah sekian penjelasan mengenai desain bus unofficial Laksana Low Drive Segee. Jika ada pertanyaan, kritik dan saran, dipersilahkan untuk berkomentar dan jangan lupa untuk bagikan desain bus ini agar lebih baik kedepannya. Terima kasih.

Bagi Anda yang belum terdaftar dan belum mengetahui alasan mengapa harus naik bus silahkan pelajari lebih jauh di #AYONAIKBIS dan jangan lupa testimonialnya.

Comments

comments