Kaos Bus Ayo Naik Bis

Pada postingan sebelumnya sempat saya bagikan desain bus Laksana LDS (Bus Low drive) dengan tipe bodi low drive yang menyerupai bus double decker, dan pada kesempatan ini saya mencoba untuk sedikit berkonsep dari desain bus sebelumnya dengan mengubah bus Laksana LDS menjadi tipe bus double decker.

Konsep desain bus double decker ini merupakan desain bus unofficial karoseri laksana yang saya beri nama Double Light atau Dlight. Desain bus Dlight terbagi menjadi dua seri yaitu: bus Dlight regular dan Dlight Ots. Bus Dlight regular diperuntukan untuk bus AKAP dan bus pariwisata, karena dirancang untuk memanjakan penumpang selama perjalanan berwisata, selain itu juga bus Dlight ini dilengkapi dengan teknologi keamanan yang menjadi standar proses pembuatan bus double decker tidak lupa juga dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi dan crew yang bertugas.

Konsep Laksana Double Light

Konsep Laksana Double Light Regular

Mari kita mulai bagian depan bus Dlight, memang tidak ada yang berbeda dengan seri bus Laksana LDS masih dengan model standar Legacy Sky SR-1 karoseri Laksana dengan lampu modle eagle eyes dan memiliki tinggi sekitar 4 meter. Sedikit perbedaan dari versi Laksana LDS terletak pada emblem bagian depan bus yang bertuliskan Double light yang terbuat dari stainless steel diantara headlamp.

Desain bus Double Decker Laksana Dlight

Experimental design DLight regular

Pada bagian belakang bus Dlight tidak ada perbedaan sama sekali dengan Laksana LDS, jadi mungkin sedikit sulit untuk membedakan bus Low Drive dan seri double deckernya jika melihatnya dari depan atau belakang. Dan untuk lampu masih mengguakan lampu model legacy Sky juga disematkan fitur kamera mundur dan terdapat dua buah lED light membentang diantara kisi-kisi engine.

Desain bus Double Decker Laksana Dlight

Experimental design DLight regular

Pada bagian samping bus double decker Dlight terdapat list berbahan crome yang mengikuti alur dari bentuk kaca samping, list ini dibuat agar tampilan bus double decker laksana Dlight terkesan mewah dan elegan. Penambahan aksesoris lampu LED pada pilar selendang yang mebentuk logo laksana. Dan untuk bagian samping bus double decker terdapat kisi-kisi sebagai sirkulasi udara dari ruang mesin yang memiliki model yang sama dengan seri low drive sebelumnya dan terdapat juga akses pintu untuk maintenance mesin bus.

Konfigurasi Seat bus DLight

Konfigurasi Seat bus DLight regular

Lanjut pada layout atau konfigurasi tempat duduk Laksana Dlight, pada lantai bawah konfigurasi tempat duduk ada yang saling berhadapan layaknya seat pada restaurant. Ruang bawah ini digunakan sebagai tempat berkumpul dilengkapi dengan mini pantry untuk meletakan dispenser, coffee maker dan mie instant, microwave, coolbox dan lain-lain.

BACA JUGA :  New Travego Livery Bus Indonesia

Letak tangga menuju ke lantai atas terdapat dibagian depan seperti pada versi Laksana LDS, kemudian pada bagain bawah terdapat dua tempat tidur model bertingkat yang diperuntukan untuk penumpang bus lantai bawah yang ingin merasakan sensasi seperti dirumah mewah. Dilengkapi pula dengan toilet yang terletak disamping pintu. Dan untuk lantai bagian atas terdapat juga sebuah toilet dan terdapat juga mini patry yang terletak dekat tangga.

cov sempati

Desain DLight regular PO. Sempati Star. dev segee

Selain model Laksana double decker Dlight regular, saya memiliki sebuah konsep bus double decker dengan model atap terbuka yang biasa disebut Opentop dan untuk model bus double decker atap terbuka saya menyebutnya bus Dlight OTS.

4

Desain bus DLight OTS. dev segee

Bus Laksana Dlight OTS ini sangat cocok untuk kebutuhan city tour, namun tidak menutup kemungkinan untuk kebutuhan bus rekreasi seperti obejk wisata kebun binatang dan cagar budaya yang ada di Indonesia. Untuk model Dlight OTS ini penumpang lantai atas bisa lebih leluasa melihat pemandangan kota tanpa terhalang oleh kaca. Pada lantai atas juga terdapat terpal yang bertujuan untuk menutupi bila turun hujan dan fungsi lainnya adalah untuk menghalangi sinar matahari yang sangat terik pada siang hari. Terpal akan membentangkan dari belakang sampai depan bus secara otomatis menggunakan motor dan dikendailan dari dashboard pengemudi.

BACA JUGA :  Bus Terbaru Tourino

Pada bagian lantai bawah bus laksana Dlight OTS terdaapat sebuah TV sebagai pusat informasi dilengkapi juga akses difable dan juga coolbox.

Catatan:

Dimensi desain bus ini dibuat tidak 100 % akurat karena dibuat dari base desain bus ayats eclipse yang dikembangkan dalam bentuk bus legacy Sky karoseri Laksana.

Dan berikut ini beberapa desain bus double decker Laksana Dlight OTS

This slideshow requires JavaScript.

Overall Dimension Approx

Length 13.000-15.000mm

Width 2.550 mm

Height 4.000 mm

Chassis Available

Mercedes Benz O 500 RSD 6×2

Mercedes Benz O 400 RSD 6×2

Mercedes Benz O 500 RSDD 8×2

Volvo B450R 6×2

Scania K400ib 6×2

Capacity

Dlight OTS series ( opentop sightseeing ) 70 Seat + 1 Driver ( Optional )

Dlight regular 58 seat + 1 Driver + 2 Co driver ( Optional )

Nah itu tadi desain bus double decker Dlight semoga bisa menambah warna untuk bus-bus double decker terbaik di Indonesia. Mohon masukan kritik dan sarannya dalam kolom komentar.

Jangan lupa untuk mendukung gerakan “Ayo Naik Bis” dan berikan testimonial tentang informasi yang ayonaikbis.com bagikan.

Comments

comments