Desain bus korrd

Desain Bus Korrd Konsep

Posted on
5/5 (2)

Ayonaikbis.com – Ini dia Desain bus KORRD yang merupakan konsep bus High Deck yang diterapkan pada PO. Sinar Jaya dan PO Marissa Holiday.

Model high deck saat menjadi trend bus di Indonesia yaitu bus berlantai tinggi terbukti dengan munculnya Highlander dari karoseri New Armada dan lainnya.

Sebelumnya sanga desainer juga telah membuat desain bus dengan nama Laksana N unofficial yang mungkin dapat menjadi pilihan model bus untuk karoseri di Indonesia.

Desain Bus KORRD

Prototip desain bus 3D yang dibuat menggunakan aplikasi Google sketchup dan photoshop, desain bus ini diberi nama Segee bus “KORRD” yang terinspirasi dari bus-bus Eropa.

Bus Korrd
Bus Korrd

Hal ini dapat dilihat dari pilar yang menyerupai varian baru dari bus Ayats model Kronos 2.

Untuk nama Segee berasal dari nama panggilan desainer dan sebagai ilustrasi pada desain ini desainer memvisualisaskian  menggunakan livery dari PO. Sinar Jaya dan PO. Marissa Holiday.

Desain bus 3D Korrd ini mengusung tema futuristik edge dan juga elegan, dimana perpaduan sudut disain dibuat sedikit kaku namun elegan dan sangat cocok untuk kebutuhan pariwisata maupun bus AKAP.

Bus Korrd Sinar Jaya
Bus Korrd Sinar Jaya

Tampilan Depan

Pada bagian depan desain bus KORRD dapat kita jumpai kaca dual windshield.

Dual windshield yang dimaksud adalah kaca terbelah menjadi dua bagian yaitu ciri khas dari bus low drive yang ada di negara brazil dan sekitarnya.

Agar terlihat lebih smooth maka desain kaca dibuat sedikit melengkung sehingga memberikan kesan elegan  dan dapat menekan hambatan angin saat bus melaju.

Desain bus KORRD dibuat  sederhana namun tetap mempertahankan kesan futuristik hal ini dapat dilihat dari siku pada lampu depan dan foglamp.

Headlamp dan foglamp masih menggunakan lampu model lama dengan bentuk kotak yang terkesan jadul dan agar terlihat lebih tajam maka ditambahkan warna hitam diantara headlamp. 

Untuk dimensi panjang bus korrd yaitu memiliki lebar 2550 mm sesuai standar Eropa.

Bus HighDeck Sinar Jaya
Tampilan Belakang

Tampilan Samping

Pada bagian samping desain mengusung konsep HD (high deck) dengan tinggi 3.800 mm dan panjang keseluruhan 12,900 mm.

Bus ini menggunakan chassis model triple axle seperti Mercedes Benz OH 2542 atau MAN R37 dan lainnya.

Bus dapat menopang beban lebih berat dan body bus ini dapat diaplikasikan dengan panjang lebih dari 12m. 

Selain itu ground clear dibuat sedikit rendah, agar bus tidak limbung pada saat melaju pada kecepatan tinggi.

Desain bus ini menggunakan list atau pilar yang membentuk garis melengkung yang terhubung dengan spion tanduk.

Untuk menambah kesan mewah disain pilar yang dibuat memotong pada kaca samping dan juga bagian depan.

Selain itu ditambahkannya list berbahan chrome agar konsep bus ini terlihat lebih menarik dan terkesan bus mewah (facelift v2), pintu dibuat model kolong yang mengikuti trend bus saat ini.

Bus Desain Marissa Holiday
Marissa Holiday

Pada bagian belakang desain bus KORRD memiliki kisi-kisi (ventilasi udara) dengan bentuk terbaru yang dibuat sedikit menyiku dan melintang.

Kisi-kisi udara tersebut terbagi menjadi dua bagian agar terkesan berbeda, begitu juga dengan rear lamp pilih dari model lampu belakang bus yang sudah ada dipasaran.

Beberapa hal yang menjadi ciri khas :

Penambahan lubang air intake yang saya buat menyerupai sayap agar menambahkan kesan futuristik, fungsi air intake sebagai sirkulasi udara pada ruang mesin tetap maksimal.

Pada kaca belakang bus ini dibuat sedikit naik keatas agar garis desainnya bertemu dengan kaca samping, dimana pilar Z diwarnai hitam dop agar terlihat kesan kaca yang menjadi satu bagian.

Dan pada tampilan belakang desain bus KORRD ini belum memiliki bumper. Nah demikian sedikit penjelasan singkat tentang prototip Segeebuss KORRD.

Silahkan tinggalkan kritik dan saran agar desainer dapet membuat desain bus yang lebih baik.

Desain Bus Lainnya:

Dan bagi Anda yang ingin ikut mempublikasikan desain bus milik Anda sendiri silahkan hubungi kami. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Please rate this

Gravatar Image
hanya penumpang bus biasa.

9 thoughts on “Desain Bus Korrd Konsep

  1. Menurut saya gk usah pake bikin new karoseri gituan di situ tertulis mirip2 eropa body nya mending standart aja kaya jb1 jb2,legacy,ultima,dan discovery gk kalah keren kok klo karoseri gituan ada di indo terasa asing bro.

    1. Menurut saya gk usah pake bikin new karoseri gituan di situ tertulis mirip2 eropa body nya mending standart aja kaya jb1 jb2,legacy,ultima,dan discovery gk kalah keren kok klo karoseri gituan ada di indo terasa asing bro.apa lagi model roda 6 gk bgt klo itu di indo kurang srek bro.gk bagussss

    2. Kenapa tidak berani mencoba, kalau kita ngikut yang umum-umum maka ga akan berkembang. Jadi biarkan semua ide dikembangkan agar model bus Indonesia beragam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.