Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Setelah bus double decker terkecil atau terpendek di dunia, kini kami bagikan bus tingkat terpanjang di dunia. Bus ini juga diproduksi oleh Neoplan yang sudah sangat terkenal dengan bus-bus super kerennya.

Berikut ini sedikit cerita tentang bus tingkat terpanjang diberi nama Super Skyliner yang tidak lain keluarga dari Neoplan Skyliner, bus tingkat terpanjang ini Berada di Amerika dan dimiliki oleh NASA. Berbeda dengan bus double decker terpendek  didunia yang hanya ada di Jepang.

BACA JUGA :  Rilis Bus Terbaru New Tourismo RHD Daimler

Bus tingkat terpanjang

Bus tingkat terpanjang Skyliner dimiliki NASA

Bus ini memang terkesan eklusif dan serbaguna, dimana Neoplan telah mengembangkan dan memproduksi bus double decker sejak 1967 dan untuk bus tingkat terpanjang didunia ini diproduksi pada tahun 1985.

Bus ini dipesan khusus oleh NASA (National Aeronautics and Space Administration) sebanyak 14 unit yang dipergunakan untuk mengantarkan para pengunjung kompleks mereka, The Kennedy Space Center di Florida. Bus – bus ini beroperasi selama 24 jam selama beberapa tahun melayani para pengunjung. Masing-masing bus memiliki panjang 14.5m, lebar 2.60m dan tinggi 4.10m, dan empat axle.

Bus tingkat Super Skyliner ini berwarna putih dipadukan garis merah maron dan biru dengan text “Space Port USA”, selain itu dengan model yang sudah khas dari neoplan yaitu tegas pada pilar B dan juga hampir mirip dengan bus tingkat terpendek di dunia.

Bus ini dapat menampung 106 tempat duduk dan dirancang dengan empat poros dan dibuat dengan sangat presisi dimana bus ini juga dibekali dengan dua unit pendingin ruangan (AC) karena lokasi di florida sangat panas.

BACA JUGA :  Jasa Desain Livery Bus Dan Minibus

Selain itu juga kac bus ini dirancang dengan model push out sehingga dapat dibuka jika dalam keadaan darurat, begitu pula step dibuat lebar dan dilengkapi dengan lampu dengan 12 Volt.

Bukan itu saja bus ini bagian bumper juga telah dilakukan pengujian tumbukan (Crash test), memastikan tidak ada deformasi jika terjadi tumbukan pada kecepatan 4,8 km/jam.

Bukan hanya model yang panjang dan tinggi bus ini dibekali dengan mesin Detroit dan transmisi otomatis dari Allison yang tentunya untuk perawatan akan sangat mudah ketika ada kerusakan karena bengkel lokal dapat memperbaikinya.

Kesuksesan besar Neoplan dibenua Amerika ini tentunya membuat bangga karena saat itu Neoplan merupakan perusahaan bus kecil di Jerman namun mendapat kepercayaan untuk membuat bus bagi NASA.

Bus ini sebenarnya juga ada di negara lain antara lain Agrentina, Cile dan Afrika Utara. Hanya saja bus tingkat terpanjang di dunia ini tidak di ijinkan beroperasi di Jerman karena terbentur regulasi yang ada dinegara itu karena di Jerman bus memiliki atur dengan panjang maksimim 12,5 meter.

BACA JUGA :  Bus Double Decker Terkecil Di Dunia

Bus tingkat terpanjang

Bus tingkat terpendek dan terpanjang Neoplan Skyliner

Nah itu tadi sekilas mengenai bus tingkat terpanjang di dunia bagaimana menurut pendapat Anda, dan jika informasi ini bermanfaat jangan lupa untuk membagikan ke sosial media Anda.

Comments

comments