Kaos JamNas Bismania

Ayonaikbis.com – Ini dia bus terbaru Harapan Jaya HINO RM 380 dengan body Legacy Sky SR 2 XHD Prime dari karoseri Laksana, yang sempat menjadi perbincangan panas penggemar bus di Indonesia. Pada waktu yang lalu sempat kami bagikan spesifikasi HINO RM 380 versi Malaysia dan ternyata saat launching di Indonesia dalam acara GIIAS di ICE BSD City, bus Harapan Jaya HINO RM 380 ini sudah mendapat penyesuaian dari versi Malaysia.

Berikut ini kami dapatkan beberapa data dan foto lebih dekat mengenai unit bus terbaru Harapan Jaya dengan Chassis HINO RM 380.

Mesin : Peforma tangguh namun efisien

Pembakaran lebih efektif dengan teknologi commonrail menghasilkan torsi besar, irit bahan bakar dan ramah lingkungan.

Dengan mesin bertipe E13C-UT sama dengan versi HINO RM 380 Versi Malaysia memiliki tenaga 380 PS /1.800 rpm nah ini yang menjadi perbedaan dimana versi indonesia dibawa versi Malaysia yang memiliki tenaga sampai 390 PS. Selain itu bus terbaru Harapan Jaya HINO RM 380 ini memiliki torsi maks 195 kgm/1.100 rpm dengan volume silender 12.913 cc Common Rail.

Transmisi : Over-drive dilengkapi retarder

Transmisi ZF 6S1910BO dengan retarder untuk mengurangi frekuensi penggunaan pedal rem utama secara berlebihan karena retarder sendiri merupakan rem non friksi yang membatu mengurangi kecepatan bukan untuk menghentikan laju kendaraa hingga berhenti total. Tapi dengan adanya retarder jelas penggunaan rem lebih hemat karena sistem pengereman ini merupakan sistem pengereman tanpa gesekan yang bersifat membantu mengurangi laju kendaraan.

Salah satu unggulan lainnya dari HINO RM 380 adalah dengan adanya sistem transmisi over-drive yang di klaim mampu menghemat penggunaan bahan bakar, tentunya paling ditunggu bagi pengusaha bus di Indonesia jika mampu mengurangi penggunaan bahan bakar sehingga biaya operasional bus makin hemat dan pastinya profit. 

BACA JUGA :  Bus DAMRI Grand Tourismo Terbaru

Suspensi : Suspensi Udara / Air Suspension

Untuk bersaing dengan kompetitor HINO RM 380 sudah dilengkapi dengan suspensi udara tentunya lebih nyaman jika dibandingkan dengan bus yang menggunakan model per daun atau leaf spring.

Untuk suspensi roda depan dilengkapi dua balon udara lengkap degan shock absorber dan stabiliser dan untuk roda belakang dilengkapi dengan empat buah balon udara dan stabiliser dan katup pengatur ketinggian.

REM : Sistem rem full air brake

Dengan sistem full air brake tentu pengereman lebih baik dan untuk perawatan juga lebih mudah sehingga biaya operasional juga lebih hemat tentunya. Untuk penyuplai angin disediakan chamber/tangki didepan dan belakang dan untuk memonitor tekanan udara dapat di monitor dari panel dekat spidometer sehingga driver dapat dengan mudah mengetahui jika terjadi kebocoran atau kekurangan tekanan.

Nah itu sekilas mengenai detail mengenai Chassis HINO RM 380 versi resmi Indonesia dan mari kita simak unit terbaru Harapan Jaya lebih detail lagi kita bahas satu persatu.

BACA JUGA :  PO Medali Mas

Harapa Jaya HINO

Harapa Jaya HINO

Harapan Jaya HINO

Tampak samping Harapan Jaya

Tampilan depan bus Harapan Jaya HINO RM 380 ini masih sama dengan model Legacy Sky SR 2 XHD Prime lainnya hanya beberapa polesan minor untuk eksterior dan dengan cat ciri khas Harapan jaya warna dasar putih yang dikombinasi dengan warna orange serta tidak lupa gambar kuda yang menjadi ciri khas PO asal Tulung Agung ini.

Harapan Jaya HINO

Harapan Jaya Tampak Belakang

Livery bus kebanggaan kuda jingkrak ini memang sudah sangat terkenal apa lagi dipadukan dengan body Legacy Sky SR 2 terlihat sangat gagah karena perawakan bus ini tinggi dengan model lantai tinggi atau High Decker yang menjadi trend bus di Indonesia.

Untuk bagian belakang terlihat mesin yang besar sangat mantap tersemat didalam body Legacy Sky SR 2 XHD Prime. Bus ini terlihat sangat gagah karena memang model yang mantap dengan desian cowl belakang yang nyentrik dipadukan dengan tambahan muffler empat buat menambah kesan sporty bus Harapan Jaya yang satu ini.

BACA JUGA :  Livery Bus Agung Mulia Jetbus SHD

Nah mari beralih kebagian interior bus Harapan Jaya mulai dari pintu masuk kita akan di sambut dengan pegangan tangan yang berada di depan menyatu dengan dashboard, pegangan tangan dibalut dengan bahan karet berwarna hitam sehingga empuk untuk digenggam.

Model dashboard futuristik dengan kombinasi coklat tua dan dan abu-abu terlihat sangat mewah serta panel – panelnya disusun secara apik diruang kendali supir. Selain dari pada beberapa tombol fungsi dari bus, AC, audio dan video dan juga tombol lampu-lampu. Unit dari Legacy Sky SR 2 ini memiliki tombol khusus untuk pengaturan lampu Legacy Light yang menjadi andalan dari karoseri Laksana.

Legalight memiliki beberapa mode yaitu classic, modern, glory dan luxury serta tambahan tombol headlining tentunya ini merupakan fitur yang tidak dimiliki oleh karoseri lain di Indonesia.

Untuk ruang tv ditata rapi dengan bahan fiber dan ABS ini makin terlihat nyentrik dengan adanya emblem berbahan metal tentunya membuat kesan lebih berkelas. Meski kecil tapi dapat merubah pandangan terhadap produk-produk karoseri Laksana.

BACA JUGA :  Sejarah PO Sinar Jaya, Harga Tiket Bersahabat Namun Tetap Nyaman

Jok juga terlihat mantap dengan kombinasi warna hitam dan coklat muda terlihat elegan karena bahan jok sepertinya dengan bahan Mbtech serta adanya pegangan tangan disetiap sandaran tempat duduk dibelakang sehingga membantu sebagai pegangan jika penumpang ingin berdiri.

Bagasi didalam kabin pun sudah dilengkapi dengan penutup sehingga lebih aman tidak kawatir barang terjatuh saat kendaraan berjalan di jalan yang bergelombang dan untuk pintu belakang pun di lengkapi dengan pegangan tangan berbahan stainless steel sangat cocok memberikan kesan mewah.

Nah untuk bagian belakang bus ditambahkan model sofa jadi seperti karavan dilengkapi dengan LCD TV ukuran besar, dan di belakang bus terdapat toilet dan juga smoking room dan untuk mengaksesnya diberi sekat dengan pintu. Sayangnya saat kami mencoba mengakses pintu sekat tersebut terasa sangat berat mungkin penggunaan gaspring yang terlalu besar sehingga berat untuk membuka pintunya. Namun untuk desain pintunya kami sangat suka karena kaca tidak dibiarkan polos tetapi diberi motif-motif sehingga terlihat berkelas.

Untuk smoking room hanya disediakan dua kursi saja sehingga jika ada yang ingin merokok wajib bergantian karena tempat terbatas dam untuk mengaksesnya mungkin terlalu sempit karena berhadapan dengan pintu ke toilet.

Harapan Jaya HINO

Interior Harapan Jaya HINO RM

Tapi untuk bsu AKAP akan makin mantap jika disediakan ruang bagasi dibawah lantai yang ektra besar jadi bagi penumpang yang ingin melakukan perjalanan keluar kota tidak perlu kawatir untuk membawa banyak barang bawaan karena ruang untuk membawa nya sangat luas. Hal ini memang menjadi trend bagi bus-bus premium dengan model modular dimana chassis bus dibuat space frame sehingga memungkinkan ruang bagasi yang ektra lapang karena tembus tanpa terhalang oleh chassis.

BACA JUGA :  Jasa Desain Livery Bus Dan Minibus

Harapan Jaya HINO

Bagasi Harapan Jaya

Nah itu tadi sekilas mengenai foto dan review bus terbaru Harapan Jaya HINO RM 380, jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan dan jangan lupa untuk subcribe untuk mendapatkan infromasi terbaru dari kami.

Comments

comments