Hosting Murah

Ayonaikbis.com – Bus terbaru Conqueror Double Decker yang diluncurkan bertepatan dengan 50 Tahun PO. Nusantara, bus ini merupakan bus tingkat besutan karoseri Nusantara Gemilang yang dimiliki oleh PO Nusantara dimana Nusantara  bekerja sama dengan perusahaan Malaysia. Nah semangat baru sepertinya muncul kembali dari PO Nusantara dengan hadirnya bus terbaru Conqueror ini, yuk simak lebih jauh.

PO. Nusantara makin terlihat jarang melakukan peremajaan armada busnya setelah memiliki perusahaan karoseri sendiri, mungkin fokus owner masih tertuju ke bisnis membuat bodi bus. Namun dulu PO. Nusantara merupakan salah satu Perusahaan Otobus yang populer dan terkenal dengan bus-bus yang mewah yaitu. Omah Mlaku, Omah Mlayu dan juga bus AKAPnya dengan trayek dari Kudus ke beberapa kota dipualau Jawa.

Nah genap setengah abad usia PO. Nusantara, perusahan ini menghadirkan bus tingkat dengan chassis MAN, menurut berita yang beredar bus ini menggunakan seri MAN R37. Ya kita ketahui chassis ini memang masih kalah populer dibandingkan Mercedes Benz dan Scania untuk kelas premium.

BACA JUGA :  Jasa Desain Livery Bus Dan Minibus

Namun chassis MAN R37 ini merupakan chassis dari benua Eropa yang pertama kali masuk Indonesia dengan 3 poros (3 Exle) dan tentunya chassis model ini sangat fleksible untuk dibuat bus single deck atau double deck.

Mari kita lihat sekilas dari sisi eksterior bus terbaru Conqueror dari Nusantara Gemilang.

Tampilan depan bus tingkat ini masih tetap dengan ciri khas karoseri Nusantara Gemilang yaitu model bus dengan gaya Eropa, dan pada sekat kaca depan tidak menggunakan topi jadi terlihat polos. Model sekat kaca seperti ini sama hal nya dengan bus tingkat di Eropa seperti Neoplan dan juga Daimler Setra, karena sekat kaca dengan tambahn variasi banyak mengacu pada model bus Thailand atau Brazil.

Jadi pada sekat pemisah kaca depan bagian atas dan bawah dibiarkan polos dengan sedikit hiasan berupa nama bodi bus ini yaitu “Conqueror” yang berarti Penakluk, mungkin visi misinya bus ini dibuat untuk menjadi penakluk di dunia transportasi dalam menjaring masyarakat untuk menggunakan transportasi umum, khususnya bus.

Bus terbaru Conqueror ini menggukan model spion kecil di bagian driver dan spion panjang/tanduk untuk sebelah kiri seperti model-model bus jaman dulu yang lebih banyak menggunakan model spion seperti ini. Meskipun untuk spion biasanya mengikuti permintaan PO jika ingin memiliki model spion tanduk agar terlihat lebih garang.

BACA JUGA :  Sejarah PO Sumber Alam, Berbekal Pengalaman Dan Usaha Keras

Karena sekat antar kaca depan dibuat polos maka terdapat satu buah wiper yang diletakan dibagian atas, fungsi wiper ini untuk membersihkan air saat hujan agar pandangan penumpang lebih cerah. Model yang menjadi ciri khas adalah model kaca depan bus ini terlihat tegak untuk kaca bagian bawah dan mulai melengkung untuk kaca atas. Jadi sekilas diperhatikan bus ini mirip model Avante yang posisi kaca depannya lebih tegak.

Nah untuk headlampnya sudah diperbaharui dari model bus tingkat nusgem yang lama, jika dulu model lampu sekilas mirip gaya Neoplan Starliner kini yang terbaru sekilas terinspirasi dengan model headlamp Scania Interlink yang mana bentuknya lebih banyak sudut dengan paduan model lampu bulat di dalamnya.

Dan untuk desain grill chrome depan, bumper dan foglamp sekilas seperti model MAN Lion Coach dengan beberapa penyesuaian dengan model headlamp dan juga foglamp yang sudah di modif sedikit dengan tambahan LED Strip agar lebih menawan.

Bus terbaru Conqueror

Bus Conqueror Depan

Untuk sisi bagian samping bus tidak ada yang mencolok karena modelnya hampir sama dengan bus tingkat Nusgem yang lainnya, bahkan permainan garnisnya pun tidak ada telihat polos. Namun untuk menutupi kekosongan itu maka permainan cat livery terlihat masih dengan pola wave dan juga terdapat logo burung elang sebagai simbol dari karoseri Nusantara Gemilang.

Keunggulan dari bus buatan karoseri Nusantara Gemilang adalah bus dibuat dengan menggunakan material aluminium, jadi jika dibandingkan bus buatan karoseri lain bus buatan Nusgem lebih ringan dan juga bahan aluminium lebih hemat cat karena tidak banyak menggunakan dempul untuk permukaan bodi bus.

BACA JUGA :  Kaos Jetbus SDD Edisi JamNas Bismania

Karena plat aluminium berbentuk lembaran bukan roll maka ketika di implementasikan di bodi bus maka potongan-potongannya masih terlihat, jadi bodi bus tidak mulus jika menggunakan plat roll. Namun hal ini tentunya tetap memiliki banyak kelebihan dari segi bobot bus pun bisa lebih ringan sehingga bus lebih hemat bahan bakar dan ban juga awet.

Bus terbaru Conqueror

Bus Conqueror Samping

Pada bagian belakang bus ini nampak gagah, menggunakan kaca berbentuk lebih kekinian dengan emblem Conqueror dibagian bawah kaca tepat tengah-tengah. Selain dari pada itu adanya penambahan lampu bulat dibagian atas masing-masing satu buah kanan dan kiri, dan juga dua buah masing-masing di kanan dan kiri bagian bawah kaca.

Untuk akses sirkulasi udara dari ruang mesin terdapat dua lubang yang cukup lebar dan satu lubang lebih kecil dibagian atas dengan penutup plat berpola seperti sarang lebah, lubang ventilasi ini tampilan lebih garang dengan cat warna hitam.

BACA JUGA :  Spesifikasi Dan Harga Bus Evolander SHD

Masih senada dengan tampilan depan, bus conqueror ini juga menggunakan pilihan rearlamp dengan model bulat juga, termasuk lampu penanda yang juga berbentuk bulat dibagian bumper. Sedangkan untuk lubang exhaust diletakan disebelah kiri.

Bus terbaru Conqueror

Bus Conqueror Belakang

Nah itu tadi sekilas mengenai model bus terbaru dari PO Nusantara yang tentunya memberikan semangat baru dunia transportasi di Indonesia, selain dari pada itu 50 Tahun PO Nusantara telah berjasa dalam melayani masyarakat untuk tetap konsisten dengan menghadirkan armada bus yang nyaman dan aman bagi masyarakat.

Jika informasi ini bermanfaat silakan Anda bagikan ke sosial media Anda, dan pastinya terus ikuti gerakan Ayo Naik Bis untuk mengurangi kemacetan.

Sumber : Nusantara Gemilang, Facebook, Instagram

 

Comments

comments