Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.comBus listrik saat ini berkembang sangat pesat banyak perusahaan mobil berlomba-lomba untuk membuat kendaraan yang 100% bertenaga listrik atau model hybrid. Seperti halnya di India sudah terdapat bus listrik buatan BYD Chinese. Begitu juga Mercedes Benz Citaro dari daimler juga hadir dalam versi hybrid yang pastinya dari semua bus listrik atau hybrid memiliki tujuan untuk mengurangi pencemaran udara karena emisi gas buang dari asap kendaraan. Nah kali ini Ayonaikbis.com akan membagikan informasi dengan bus listrik karya Universitas Indonesia yang berkerja sama dengan karoseri Delima Jaya.

Menurut penuturan dari karoseri Delima Jaya mereka mendapat pesanan untuk body karoseri dan AC Nippon Denso LD8 dari Universitas Indonesia untuk riset bus listrik yang masih dalam bentuk protipe. Untuk chassis yang digunakan dalam bus listrik ini adalah HINO 260 yang sudah terkenal handal dna bus listrik ini diberi nama Molina EV-Bus.

Body bus listrik UI sepenuhnya di kerjakan oleh karoseri Delima Jaya dengan sistem docking sehingga pekerjaan dapat dilakukan secara pararel dimana pihak Universitas Indonesia juga melakukan proses pencopotoan drivetrain original dan kemudian mengganti drivetrain baru bertenaga listrik yang di buat ulang oleh universitas Indonesia dari modul awal dna lainnya.

BACA JUGA :  Video Reporter TV Hampir Tertabrak Bus

Bus listrik UI di kerjakan sekitar 60 hari dengan spesifikasi material yang digunakan sebagai berikut:

  • Rangka: Steel frame galvanized square tube
  • Panel: Plat Galvanneal 1.1mm
  • Kaca: samping dan belakang tempered 5mm, depan laminated, kaca film 60%
  • Painting: Polyurethane
  • Interior: ABS embos dan FRP (fiber) cetak, karpet vinyl, hand rail dilengkapi hand grip
  • Lampu: lampu depan dengan bola projector, lampu belakang LED + lampu rem stop LED
  • Spion: dilengkapi lampu sein
  • Seat: non reclining busa cetak saling berhadapan, rangka kaki model box untuk penyimpanan komponen modul elektrik
  • AC: Nippon Denso LD8 genuine dengan kisi-kisi AC model freeblow
  • Accessories: LED panel running text
  • Design: Special design request dari Universitas Indonesia
  • Branding: Full printing sticker + Cutting sticker sesuai design Universitas Indonesia

Agar produk yang dihasilkan sesuai dengan standar maka pihak karoseri Delima Jaya melakukan PDI (pre delivery inspection) dan test kebocoran (water leak test) dilakukan sebelum delivery dan kemudian untuk pemasangan final drivetrain listrik dan testing nya dilanjutkan dan diselesaikan di Universitas Indonesia.

BACA JUGA :  Trend Double Glass Bus Indonesia

Sebagai pahan pertimbangan karoseri Delima Jaya sudah memiliki sertifikat ISO 9001:2008, ISO 14001:2004 dan ISO 18001:2007

Nah berikut ini adalah foto-foto bus listrik Universitas Indonesia:

This slideshow requires JavaScript.

Model lampu depan yang digunakan pada bus listrik Molina mirip dengan model tourista karoseri Laksana, dengan paduan grill yang simple dan fog lamp ganda berbentul lingkaran. Karena bus listrik ini diperuntukan untuk angkutan dalam kota layaknya BRT atau Transjakarta maka model yang dipakai juga sederhana termasuk dengan interior bus listrik UI Molina disiapkan tempat duduk dengan posisi menyamping dan juga untuk penumpang yang berdiri dibagian tengah, bagian plafond juga sederhana tanpa banyak lekukan yang berarti termasuk ducting AC yang juga polos.

Pada sisi samping bus listrik UI Molina terdapat kaca dibagian bawah pintu depan  dengan paduan cat warna hitam dibawah kaca membetuk garis desain yang seolah-olah kaca terlihat lebar. Begitu juga dengan sisi belakang bus listrik UI molina rear lamp yang digunakan model lingkaran yang disusun vertikal.

BACA JUGA :  Sewa Bus Pariwisata - Qitarabu Trans

Nah itu tadi informasi mengenai bus listrik Universitas Indonesia Molina EV-BUS bagaimana menurut pendapat Anda dengan bus listrik tersebut, akankah bisa menjadi pilihan sebagai bus terbaik di Indonesia ?

Dan agar perkembangan bus di Indonesia semakin semangat, mari kita dukung perkembangan bus listrik di Indonesia dengan membagikan postingan ini dan artikel tentang Ayo Naik Bis untuk mengurangi kemacetan.

Sumber : Karoseri Delima Jaya

Comments

comments