Kaos Bus Ayo Naik Bis

Ayonaikbis.com – Ternyata Bus Dewi Sri yang sudah bertebaran di Jawa Tengah khususnya masyarakat Tegal, merupakan PO terbesar di Tegal. Perusahaan ini memang sudah berdiri sejak lama bahkan beberapa pemiliki PO Dewi Sri sempat menjadi berita kontroversi terkait politik.

Nah berikut ini ayonaikbis.com mencoba membagikan beberapa informasi sebagai bahan pengetahuan kita mengenai asal mula dan perjalanan panjang PO Dewi Sri.

Sejarah PO Dewi Sri dirintis oleh H. Ismail dan Hj. Rokhayah yang kemudian diwariskan kepada anak-anaknya yaitu Idza Priyanti, Ikmal Jaya dan Mukti Agung Wibowo dan ketiga putra dan putri pendiri PO Dewi Sri ini pernah menjadi kepala daerah di beberapa kabupaten di Jawa Tengah.

Direktur PO Dewi Sri Ikmal Jaya

Ikmal Jaya

Direktur PO Dewi Sri Ikmal Jaya

Bapak Ikmal Jaya adalah putera dari pendiri PO Dewi Sri yang juga pernah penjadi Walikota Tegal ke 16 periode jabatan 2009-2013.

Pria kelahiran Tegal, Jawa Tengah, 14 Juli 1973 pada  tahun 2003, melihat sebuah peluang yang sangat terbuka untuk mengembangkan usahanya di bidang transportasi di Jakarta.

Dan salah satu keberhasilannya adalah dengan mengelola bus angkutan Bumi Serpong Damai (BSD), Kemang Pratama, Lippo Karawachi, Bintaro Jaya dan Bukit Sentul.

Bermula dari armada angkutan inilah yang pada perkembangannya menjadi cikal bakal Feeder Bus yaitu bus yang berfungsi memasok penumpang Bus Trans Jakarta (TJ), di bawah PT. Wifend Dharma Persada.

Pada saat itu bapak Ikmal Jaya juga bertindak sebagai direktur utama sekaligus Ia juga menjadi direktur utama P.O. Dewi Sri yang merupakan usaha dari orang tuanya.

BACA JUGA :  Mengenal Kode Bus SCANIA Seri K

Direktur PO Dewi Sri Idza Priyanti

Idza Priyanti

Direktur PO Dewi Sri Idza Priyanti

Ibu Idza Priyanti merupakan anak ketiga dari pendiri PO Dewi Sri yang merupakan perusahaan transportasi terbesar di Tegal.

Wanita kelahiran Pesurungan Kulon Kota Tegal, Jawa Tengah, 09 Januari 1971 ini sempat menjadi Wakil Bupati (Wabup) Brebes periode 2007 – 2012 dan saat ini menjadi Bupati Brebes ke 31 masa jabatan 2012-2017.

Selain berkerja dipemerintahan Idza Priyanti juga merupakan Direktur utama Perusahaan Otobus Dewi Sri yang sejak dulu di didirikan oleh orang tua H. Ismail dan Hj. Rokhayah.

Menurut wikipedia Direktur PO Dewi Sri ini sempat terkena kasus dimana pada 31 Oktober 2012 pemohon pasangan Calon Bupati Agung Widyantoro-Athoillah mengajukan ke Makamah Konstitusi (MK) permasalahan ijazah milik Hj. Idza Priyanti dan Narjo yang dianggap diragukan keabsahannya.

BACA JUGA :  Sejarah PO Pahala Kencana, Berawal Bus AKAP Jadi Group Usaha Besar

Direktur PO Dewi Sri Mukti Agung Wibowo

Mukti Agung Wibowo

Direktur PO Dewi Sri Mukti Agung Wibowo

Seperti saudara lainnya Bapak Mukti Agung Wibowo, pria kelahiran Tegal, 2 Oktober 1976 yang sempat menjadi Direktur Perusahaan Otobus Dewi Sri pada tahun 2010 sebelum memutuskan untuk terjun kedalam politik menjadi Wakil Bupati Pemalang mendampingi  Bupati Bp. Junaedi tahun 2010.

Nah itu tadi sekilas mengenai tiga direktur PO Dewi Sri yang cukup terkenal dalam dunia politik selain beberapa saudara lainnya yang mungkin ikut serta dalam mengurus usaha transportasi bus PO Dewi Sri tetap bertahan yang tidak ikut serta dalam politik.

Tetapi kami disini tidak akan membahas tentang karir politik pemilik dan direktur PO Dewi Sri tatapi kami akan membagikan informasi mengenai unit-unit bus PO Dewi Sri dan apa saja tanggapan masyarakat dengan layanan yang diberikan oleh PO terbesar di Tegal, Jawa Tengah ini.

BACA JUGA :  Profile PO Armada Jaya Perkasa, Si Biru dari Serang

Nah sekarang mari kita bahasa mengenai unit bus PO Dewi Sri, dimana PO Dewi Sri dengan ciri khas warna body Putih dengan perpaduan kuning, hijau dan maroon. Meskipun untuk unit-unit bus terbaru PO Dewi Sri berwarna dasar abu-abu.

PO Dewi Sri juga memiliki koleksi mesin bus yang cukup lengkap antara lain Mitsubishi (pada awal baru berdiri), Hino, Mercedes Benz dan Volvo, beberapa bus dilegnkapi reclining seat.

Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan setia pecinta transportasi bus PO Dewi Sri hadir dengan bus AKAP (Antar Kota Antar Propinsi) maupun bus pariwisata Patas AC konfigurasi seat 2-2, AC 2-3, dan kelas Ekonom.

PO Dewi Sri melayani berbagai jurusan antara lain:

1.Purwodadi -Jakarta
2.Weleri – Jakarta
3.Pekalongan – Jakarta
4.Pemalang – Jakarta
5.Tegal – Jakarta
6.Slawi – Jakarta
7.Purwokerto – jakarta
8.Purbalingga – Jakarta,Dll

Dan untuk jurusan Jakarta tujuan Pekalongan dapat dibeli secara online, sehingga memudahkan masyarakat dalam mendapatkan tiketnya.

Berikut ini adalah foto-foto bus Dewi Sri dari berbagai sumber yang kami kumpulkan.

Bus Dewi Sri bermesin Volvo BR7 dengan body Comfort Class karoseri Laksana mungkin sudah jarang terlihat, yang pada saat itu model selendang setra yang menempal pada model comfort class ini menjadi trending dengan model kaca geser untuk kelas ekonomi yang dapat dibuka. Menurut informasi yang kami dapatkan dari bismania.com jumlah unit bus Dewi Sri yang menggunakan mesin Volvo ada sekitar 20 unit

BACA JUGA :  Sejarah PO Dedy Jaya, Berawal Dari Jualan Bambu Jadi Bisnis Besar

Bus Dewi Sri

Bus Dewi Sri Volvo BR7 By Purwantoners

Masih dengan mesin Volvo BR7, bus Dewi Sri ini menggunakan model Evolution buatan karoseri Rahayu Sentosa yang juga menggunakan model selendang Setra dan menggunakan headlamp model smile 🙂

Dan berikut ini beberapa foto bus Dewi Sri model lama yang tidak sempat kami jelaskan satu-persatu, mungkin Anda ingin membantu menjelaskan dan menambahkan foto-foto beserta keterangan untuk model dibawah ini.

BACA JUGA :  Spesifikasi dan Harga SCANIA K 360 IB Opticruise

Dan berikut ini untuk bus Dewi Sri buatan karoseri Adi Putro dengan model Setra menggunakan mesin Mercedes Benz OH 1525, untuk model ini bus berwarna dasar ungu dengan kombinasi warna kuning, hujau yang masih sangat sederhana model variasi warnanya.

BACA JUGA :  Bus Terbaru New Nucleus Laksana

This slideshow requires JavaScript.

Satu lagi yang unik dari bus Dewi Sri untuk model yang satu ini karena memiliki warna dan livery yang berbeda dengan unit bus lainnya. Apakah ini edisi spesial atau memang unit cadangan sehingga memiliki warna cat yang berbeda.

Bus Dewi Sri

Bus Dewi Sri Special by DSM

Selain bus AKAP Dewi Sri juga menyediakan bus untuk Pariwisata dan berikut ini adalah beberapa foto bus pariwisata PO Dewi Sri.

BACA JUGA :  Spesifikasi dan Harga Bus Laksana Discovery

Dan berikut ini unit bus pariwisata PO Dewi Sri buatan karoseri Agustus, Magelang dengan model Setra yang mirip dengan Jetbus HD 2 karoseri Adi Putro. Dimana model ini memang paling populer dengan ciri khas selendang Setra yang terpisah menjadi dua bagian dengan ujung berbentuk segitiga yang dipadukan dengan lampu. Pada bagaian depan menggunakan model head lamp eagle atau mata elang serta tidak lupa stiker bertuliskan Jetbus HD 2.

BACA JUGA :  Bus Engkel SHD Ala Karoseri Agustus
Dewi Sri juga memiliki armada bus dengan ukuran medium dengan warna putih dan corak warna hijau dan maroon dan berikut ini adalah salah satu bus pariwisata Dewi Sri medium.

Bus Dewi Sri

Dewi Sri Medium by DSM

Dan untuk melengkapi model bus Dewi Sri berikut ini beberapa model lain yang di produksi dari karoseri Laksana, Ungaran.

Bus Dewi Sri

Dewi Sri Legacy

Model Legacy generasi pertama dimana, masih menggunakan model headlamp kotak dengan model lampu sein seperti alis jika dilihat sekilas model lampu ini mirip dengan model lampu Setra Daimler.

Begitu pula dengan model selendang legacy yang masih arah sudut nya menghadap kedepan, karena model selendang Legacy masih mengadopsi bus asal china yaitu kinglong meski ada beberapa polesan sehingga tidak sama persis.

Selain legacy Dewi Sri memang gemar dengan produk-produk karoseri Laksana dan untuk bus terbarunya ada model Discovery dan juga Legacy Sky SR-1.

Discovery adalah model kedua untuk kelas menengah biasanya lebih cocok untuk bus PATAS atau Bisnis dengan model Discovery bus bermesin depan dapat di aplikasikan sehingga terlihat grill bagian depan berlubang sebagai sirkulasi udara.

BACA JUGA :  Molina Bus Listrik Universitas Indonesia

Bus Dewi Sri

Dewi Sri Discovery

Discovery Dewi Sri ini sudah mulai menggunakan warna dasar silver atau abu-abu sehingga terlihat lebih moder dan elegan. Bus Dewsi Sri model Discovery ini menggunakan livery yang lebih modern sehingga sudah jauh dari pandangan bus Ekonomi yang tidak nyaman.

Begitu pula dangan model lain, Dewi Sri dengan model Legacy Sky SR-1 ini sudah memberikan warna dan nuansa yang berbeda dimana Dewi Sri terkenal dengan bus-bus ekonomi. Dengan menggunakan model bus kelas premium Legacy Sky SR-1 pelayanan berbeda pun juga di tawarkan kepada masyarakat.

Dengan model headlamp eagle eyes dan selendang Legacy Sky SR -1 yang sudah lebih modern serta dukungan lighting “lega light” pada interior bus ini memberikan pengalaman berbeda dalam perjalanan.

Bus Dewi Sri

Dewi Sri Legacy Sky SR 1

Meski untuk bus-bus baru dari Dewi Sri banyak di gunakan untuk melayani pariwisata tapi hal ini merupakan sesuatu yang baik karena kebutuhan masyarakat untuk merasakan bus yang nyaman dalap diberikan.

Bukan hanya produk-produk dari karoseri Laksana, Dewi Sri juga menggunakan beberapa produk bus buatan karoseri Tri Sakti, Magelang.

Salah satu produk yang digunakan oleh PO Dewi Sri adalah model Ultima 2 yang merupakan produk karoseri Trisakti yang masih terbilang baru sebelum dirilisnya infinity sebagai produk Andalan dari karoseri tersebut.

Model bus Dewi Sri Ultima 2 merupakan sebuah model facelift dari Ultima generasi pertama, dimana perbahan pada model Ultima terdapat pada model lampu depan dan belakang.

Ultima generasi pertama menggunakan model lampu depan belakang yang sama digunakan oleh bus BRT buatan karoseri Marcopolo Brazil, model lampu depan yang memanjang vertikal dan lampu belakang yang lebar tanpa ada variasi stop lamp memanjang.

BACA JUGA :  Sejarah PO Nusantara, Trendsetter Dari Kudus

Berbeda dengan model Ultima 2 yang digunakan pada bus Dewi Sri yang sudah menggunakan model lampu depan Eagle Eye dan juga lampu belakang yang memiliki variasi stop lamp memanjang pada kap mesin belakang. Dan model lampu Ultima 2 ini yang di gunakan juga oleh Jetbus 2 karoseri Adi Putro.

Dan untuk melengkapi koleksi bus, Dewi Sri juga menghadirkan model Jetbus karoseri Adi Putro, yang memang model ini paling banyak diminati oleh penggemar bus di Indonesia. Mulai dari model jetbus 2 HD Travego hingga Jetbus 2 HD Setra.

Dengan menghadirkan model bus dari berbagai karoseri diharapakan masyarakat dapat memilih bus sesuai dengan keinginan dan

Selain itu ada beberapa bus buatan karoseri Trijaya Union dengan model Travego dan juga Dolphin yang merupakan medium bus untuk di gunakan sebagai feeder busway Trans Kemang. Dan model lain model Travego buatan dari Equator.

BACA JUGA :  Trayek Bus Putera Mulya

Pendapat ayonaikbis.com mengenai perusahaan otobus Dewi Sri sebenarnya sudah cukup baik dalam melayani masyarakat, terbukti dengan jumlah armada lebih dari 500 unit dan terus bertambah tetapi karena pemilik perusahaan ini banyak yang bermain dilantai politik sehingga pengembangan jadi kurang maksimal.

Semoga pelayanan kepada masyarakat lebih baik dikemudian hari dan tetap menjadi kebanggan masyarakat Tegal, jika ada kritik, saran serta beberapa tambahan silahkan tinggalkan pada kolom komentar.

Nah itulah tadi sekilas mengenai PO Dewi Sri dan beberapa unit bus Dewi sri dari berbagai karoseri yang mungkin belum semua dapat kami tuliskan karena keterbatasan waktu dan pengetahuan, jika dalam tulisan ini ada beberapa hal belum lengkap dan tidak benar mohon koreksinya.

Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan dan jangan lupa untuk ikut serta dalam gerakan Ayo Naik Bis. Terima Kasih

Sumber:

  • Wikipedia
  • Bismania.com
  • indobusspotters.blogspot.co.id
  • fastrans22.blogspot.co.id
  • Dewi Sri Mania Facebook Group
  • agustuskaroseri.blogspot.co.id
  • Majalahtransportasi.blogspotcom
  • Twitter Dewisrimania
  • Google

Comments

comments