Kaos JamNas Bismania

Ayonaikbis.com – Bus Barumun triple axle atau tiga poros yang baru saja dirilis sedang menjadi pembicaraan karena bus ini memiliki tiga poros hasil modifikasi jadi bukan bawaan sasis seperti Mercedes Benz OH 2542 atau Scania K410IB.

Bus Barumun terbaru ini menggunakan Mercedes Benz OH 2421 yang artinya bus ini mampu membawa beban 24 ton dengan ditenagai sebesar 210 HP. Sasis bus ini merupakan hasil modifikasi perpaduan sasis Mercedes Benz OH 1521 yang dipasangkan dengan Mercedes Benz 917.

Bukan hanya sasis saja yang gado-gado tapi menurut Bapak Suhardi selaku perwakilan dari PT Barumun menginfromasikan kepada kami bahwa, bus ini menggunakan gerdang prima 1113, block stir MB 917, Terot/guli2 stir pada bus umumnya hanya sekitar 12 buah tapi pada bus modifikasi ini menggunakan hampir 30 buah.

BACA JUGA :  Livery Jetbus SHD Keren

Lebih hebatnya lagi bus ini meski triple axle hasil modifikasi dari PO Barumun, roda tambahan bagian belakang juga mampu belok layaknya triple exle original ATMP. Nah jadi roda tambahan belakang bukan semata-mata hanya untuk variasi.

Bus Barumun ini menggunakan body model New Euro Star double glass dan interior buatan karoseri Cipta Karya dan dipergunakan untuk bus regular kelas ekonomi jurusan Medan – Sibuhuan. Jadi kaca dibuat dengan model kaca geser dan interior berwarna abu-abu dengan konfigurasi tempat duduk 2-2.

Bus dengan warna merah berpadu dengan livery warna merah hati dan putih nampak gagah dengan tiga poros, dan pada kaca bagian depan juga menggunakan double glass yang diberi pengaman dengan kawat untuk menghindari dari lemparan batu oleh orang tidak bertanggung jawab.

BACA JUGA :  Kaca Anti Peluru Untuk Bus Sumatera

Bus ini dibuat oleh Bapak ir. Bahrensah Ananda Hasibuan dibantu bagian perlengkapan oleh Bapak Mora Parulian Nasution serta dua orang mekanik lepas sebagai asisten. Lama pengerjaan bus triple axle modifikasi ini kurang lebih satu bulan dan waktu pengetesan juga satu bulan.

Berikut ini foto-foto busnya:

Untuk lebih jelas mengenai bus dari PO Barumun triple axle ini mari simak video yang kami lampirkan dari Bapak Suhardi.

BACA JUGA :  Roadtest Maxibus XHD

Nah bagaimana pendapat Anda dengan bus modifikasi dari PO Barumun ini ?

Jika informasi ini bermanfaat silahkan Anda bagikan dan jangan lupa ikut serta gerakan AYO NAIK BIS.

Sumber : Suhardi (PT. Barumun)

Comments

comments