Ayo Naik Bis

Tahu kah Anda ?

Jika umur rata-rata manusia 70 tahun, maka 11 tahun hidup manusia terbuang sia-sia dijalanan karena macet.

Tahu kah Anda ?

Akibat kemacetan seluruh warga di Jakarta menderita kerugian mencapai 46 trilliun per tahun dan hingga 70 trilliun per tahun untuk provinsi Jawa Barat.

Tahu kah Anda ?

Menurut penelitian kematian akibat polusi udara 2 kali lebih banyak dari pada korban kecelakaan. Di Eropa, perkirakan tiap tahun ada 5.000 orang mati muda akibat kanker paru-paru dan jantung yang dipicu polusi udara kendaraan.

Tahu kah Anda ?

Setiap hari ada 4500 sepeda motor dan 1600 mobil baru memadati wilayah jakarta atau pertumbuhannya sekitar 12% pertahun.

Ayo Naik Bis

Tahu kah Anda ?

Pembangunan jalan di Jakarta hanya bertumbuh sekitar 0.01 % pertahun, hal ini sangat tidak seimbang dengan pertumbuhan kendaraan baru yang ada.

Bayangkan saja berapa jumlah kendaraan baru dalam waktu 10 Tahun ?

Kendaraan baru di jakarta

Wow …nilai yang sangat fantastik dalam waktu 10 tahun ada 5.3 jt mobil baru dan 15 jt motor baru. Banyangkan kemacetan yang akan terjadi di Jakarta 10 Tahun mendatang, jika hal ini dibiarkan saja.

Kamacetan merupakan masalah setiap kota-kota besar di Indonesia, dan ini bukan hanya tugas pemerintah saja melainkan tugas kita semua untuk mendukung gerakan Ayo Naik Bis dan cinta transportasi umum.

Apa yang harus kita lakukan ?

Usahakan menggunakan transportasi umum untuk pergi sekolah atau bekerja setiap hari. jika tidak memungkinkan , sedikitnya 1 x seminggu gunakan angkutan umum untuk bepergian.

Jika hal tersebut Anda lakukan setiap  hari dan mengajak teman yang lain untuk melakukan hal yang sama, semua permasalahan mengenai kemacetan dan polusi udara dapat di kurangi.

Beberapa keuntungan Naik Bis / Transportasi umum.

  1. Lebih hemat biaya
  2. Lebih nyaman
  3. Tidak repot
  4. Penghematan energi
  5. Mengurangi polusi udara
  6. Mengurangi kemacetan

Kenapa Naik Bis dapat mengurangi kemacetan ?

  • 1 unit bis ( Dimensi 2,5m x 12m) dapat membawa penumpang hingga 50 penumpang.
  • 1 unit mobil pribadi (dimensi 1,7m x 4,5m) mampu membawa penumpang rata-rata 8 penumpang
  • Jika 50 penumpang diangkut dengan mobil pribadi maka dibutuhkan 7 mobil pribadi.
  • 1 unit bis (2,5m x 12m = 30 m²)  = 7 mobil pribadi (1,7m x 4,5m = 53,55m²)

Jadi Space yang dapat dihemat dengan 1 bis adalah 53,55 m² – 30 m² = 23.55 m²

Nah itulah alasannya kenapa kita harus menggunakan Bis atau angkutan umum.

Dan bagi Anda yang sudah mengetahui informasi ini jangan hanya tinggal diam sebagai penonton mari bersama-sama mengkampanyekan gerakan cinta transportasi umum atau Ayo Naik Bis.

Bagaimana cara mengkampanyekan gerakan Ayo Naik Bis ?

Bagikan artikel ini ke media sosial facebook, twitter dan google plus dengan menekan tombol share dibawah dan lakukan hal ini setiap hari.

Silahkan mendaftar Ayonaikbis.com maka secara otomatis Anda menjadi kontributor Ayonaikbis.com dan Anda dapat ikut serta mengisi konten di ayonaikbis.com berupa artikel, foto, video dan disain bis dan memberikan manfaat kepada orang lain.

Jadilah pelaku Gerakan Ayo Naik Bis sekarang karena perubahan berawal dari Anda.

Automobile Blogs
best blogs